Cara Membuat Daftar Pustaka di Microsoft Word

Cara membuat daftar pustaka di Microsoft Word secara manual dan otomatis
Cara membuat daftar pustaka di Microsoft Word

Bacapos.com – Cara membuat daftar pustaka di Microsoft Word secara manual dan otomatis. Dalam sebuah karya tulis ilmiah pasti terdapat beberapa ketentuan dalam penulisan nya, salah satu nya daftar pustaka. Ada beberapa jenis karya tulis ilmiah yaitu makalah, artikel ilmiah, paper, skripsi, tesis, dan disertasi.

Daftar pustaka merupakan suatu susunan tulisan terdiri dari nama penulis, judul tulisan, identitas penerbit, penerbit, dan tahun terbit, yang dimuat di akhir sebuah karya tulis ilmiah. Dalam penulisan nya dapat menggunakan 3 cara yaitu menggunakan manual, dan cara otomatis dengan menggunakan References dan aplikasi Mendeley Desktop.

Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Manual

daftar pustaka

Cara manual merupakan cara yang digunakan dengan mengetik secara manual (diketik sendiri) semua sumber literatur yang digunakan. Berikut adalah cara manual membuat daftar pstaka:

  1. Tuliskan setiap daftar pustaka yang anda gunakan dalam karya tulis ilmiah anda.
  2. Buatlah dafar pustaka tersebut sesuai dengan Style yang ditentukan seperti Style APA, IEE, MLA.
  3. Setelah itu blok dan agar susunan daftar putaka menjorok gunakan Ctrl+T
  4. Untuk membuat susunan daftar pustaka menurut abjad adalah masuk ke bagian Home, kemudian atur urutkan menjadi urutan naik (A ke Z), pilih Ok. Setelah itu, daftr pustaka telah selesai dibuat.

Baca juga: Tips Hidup Hemat Agar Tidak Boros

Menggunakan References

Cara kedua adalah dengan memaksimalkan menu References. Agar memudahkan membuat dftar pustaka supaya tidak perlu mengatur agar menjorok dan mengatur abjad, maka dapat menggunakan menu References pada Microsoft Word. Selain itu, penggunaan Microsoft Word ini juga menghindari tidak dicantumkan nya sumber yang kita gunakan dalam karya tulis ilmiah ke daftar pustaka. Selain itu penggunaan References juga lebih mudah dan baik dibanding dengan cara manual, karena jika style yang digunakan dalam daftr pustaka berubah tidak perlu mengetik ulang. Berikut adalah cara membuat dftr pustaka menggunakan References:

  1. Klik tombol References, kemudian pilih Citations & Bibliography. daftar pustaka
  2. Setelah itu Klik Insert Citation, dan pilih Add New Source.
  3. Pada bagian Create Source, dan centang pada bagian Show All Bibliography Fields. Kemudian isi pada bagian wajib terdapat bintang merah, yaitu Author, Title, Journal Name,Year, Pages. Jika ada informasi lain dalam sumber seperti Volume, Issue juga dapat dicantumkan.daftar pustaka
  4. Setelah semua sumber dimasukkan ke Insert Citation, untuk memunculkan pada bagian daftar pustaka, pada bagian Bibliography sesuaikan Style yang akan digunakan kemudian klik Bibliography. Setelah itu daftar pustak telah selesai dibuat.
Baca juga:  Ciri-ciri Orang Cemburu Berdasarkan Zodiak

Menggunakan Mendeley Desktop

Cara ketiga dalam membuat daftar pustaka di Microsoft Word adalah dengan bantuan aplikasi Mendeley. Jika sumber literatur karya tulis ilmiah yang anda buat banyak, supaya tidak pusing dan mengetik banyak maka dapat menggunakan aplikasi Mendeley. Sebelum menggunakan aplikasi ini, pastikan sudah menginstall aplikasi Mendeley di PC anda. Cara menggunakan Mendeley pada pembuatan daftar pstaka di Microsoft Word:

  1. Kumpulkan sumber literatur misalnya E-book, E-Journal dan lain sebagainya yang anda gunakan dalam satu folder.
  2. Buka Mendeley Desktop, pilih bagian Add. Karena disini file nya sudah dalah satu folder maka pilih Add Folder. Jika ada file tambahan silahkan pilih Add Files.
  3. Untuk memunculkan pada bagian daftar pustka, pada bagian References pilih Mendeley Cite-O-Matic sesuaikan Style yang akan digunakan dan pilih Insert Biblioghraphy. Setelah itu daftar pustaka telah selesai dibuat.

Baca juga: Cara Penggunaan Microsoft Word Penulisan Karya Ilmiah

Nah itulah 3 cara membuat daftar pustaka dalam Microsoft Word manual dan otomatis. Jika menggunakan References dan Mendeley Desktop, pastikan telah mengunakan pengutipan dengan benar agar muncul dalam Bibliography di References atau Insert Bibliography di Mendeley.

  Diperbarui pada : 18 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com