Cara Mempercepat Koneksi internet Android Tanpa Root

Cara Terbaik Mempercepat Koneksi internet Android Tanpa Root
Cara Terbaik Mempercepat Koneksi internet Android Tanpa Root

Cara Terbaik Mempercepat Koneksi internet Android Tanpa Root. Bicara soal internet sudah pasti semua pengguna android di jagat raya ini membutuhkan koneksi internet, sebab di jaman sekarang internet sudah seperti hal terpenting sehari-hari. Memiliki hp tanpa internet bagaikan mie goreng tanpa telur tidak lengkap.

Dengan menggunakan koneksi internet anda bisa melakukan segala hal di hp, entah itu nonton video, mendengan musik, download file dan melakukan kegiatan lainnya termasuk bermain game juga membutuhkan koneksi internet. Bahkan melakukan panggilan juga melalui koneksi internet, tanpa internet hp mahal kalian tidak ada gunanya.

Untuk menghubungkan hp ke jaringan internet kalian bisa lakukan baik menggunakan paket data maupun melalui wifi. Lalu bagaimana jika jaringan kalian lemah alias lemot? ini merupakan hal yang menyebalkan di kehidupan gadget, oleh sebab itu kita harus melakukan sesuatu untuk memulihkan kembali jaringan internet dengan cara mempercepat koneksi internet.

Penyebab Jaringan Internet Lemot atau Lemah

Selain mudahnya menggunakan internet ternyata ada juga rintangan yang harus dihadapi. Ada beberapa penyebab koneksi hp kalian lemah baik menggunakan wifi ataupun paket data dan anda harus tahu cara mempercepat koneksi internet. Beberapa penyebabnya berbeda-beda tergantung kondisi hp kalian. Beberapa penyebabnya bisa seperti berikut ini:

Baca juga:  Intip Yuk 5 Fitur Terbaik Samsung Galaxy S10 Lite

Terlalu Banyak Menginstal Aplikasi

Terlalu banyak aplikasi ternyata bisa memicu terjadinya internet lemot. Banyak pengguna android yang menginstal banyak aplikasi tanpa mengetahui dampak buruknya. Ini seringkali terjadi pada bocah atau bocil-bocil, mereka paling senang menginstal aplikasi yang tidak penting di google play tanpa uninstal.

Ketika melihat sebuah aplikasi game dan tertarik maka mereka menginstalnya tanpa menghapus apilikasi tersebut walaupun sudah tidak digunakan. Hal ini dapat bisa saja berpengaruh pada koneksi anda karena kemungkinan aplikasi-aplikasi tersebut masih berjalan di belakang layar sehingga membuat koneksi anda tidak stabil. Anda harus uninstal untuk mempercepat koneksi internet

Game Ukuran Besar dan Berat

Salah satu masalah bisa disebabkan oleh aplikasi game yang memiliki ukuran besar. Aplikasi berukuran besar sangat membutuhkan koneksi internet yang cepat dan membutuhkan banyak data, misalnya anda baru saja menginstal suatu game maka game tersebut akan mengunduh semua komponen yang dibutuhkan.

Proses pengunduhan komponen itu berjalan dibelakang layar sehingga membuat koneksi internet anda menjadi lemot.

Terlalu Banyak Aplikasi Terbuka

Jika anda suka tidak menutup aplikasi setelah selesai menggunakannya, sebaiknya buang kebiasaan seperti ini. Tak sedikit pengguna android membuka aplikasi tetapi tidak menutup setelah selesai, mereka membiarkan aplikasi terbuka lalu membuka aplikasi lain.

Hal ini dapat menyebabkan koneksi anda menjadi lemot, sebab aplikasi yang terbuka sebenarnya berjalan di balik layar. Selain menyebabkan koneksi internet lemot juga menyebabkan kinerja sistem android terganggu bahkan bisa menyebabkan android kalian cepat panas yang berujung kerusakan.

Baca juga:  5 Tips Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Anak

Gangguan Jaringan Operator

Jika jaringan internet di hp kalian terganggu jangan terburu-buru mengambil tindakan membongkar atau mengutak-atik hp kalian, cobalah untuk periksa di sekeliling anda apakah teman-teman anda mengalami hal yang sama.

Jika di sekeliling anda mereka mengalami hal yang sama berarti penyebabnya tak lain adalah Gangguan jaringan dari pusat penyedia layanan internet anda, untuk mengatasi masalah ini bisa menghubungi operator jaringan anda.

Akibat Cuaca

Selain beberapa yang sudah disebutkan, penyebab jaringan internet lemot atau lemah bisa disebabkan oleh cuaca. Hal ini sudah saya buktikan sendiri dan banyak pengguna android mengalami hal yang sama.

Jika koneksi internet anda lemah, bisa jadi disebabkan oleh cuaca hujan lebat, angin kencang, hujan badai atau cuaca lainnya terkadang menyebabkan koneksi internet terganggu. Yang lebih sering saya alami adalah ketika selesai hujan. Mati lampu juga bisa menjadi salah satu penyebabnya.

Cara Mempercepat Koneksi internet Android Tanpa Root

Ketika anda mengalami gangguan internet yang menyebabkan koneksi anda lemot, saya punya solusi cara mempercepat koneksi internet anda dengan beberapa cara sebagai berikut:

Hapus Aplikasi Yang Tidak Penting

Cara mempercepat koneksi internet pertama bisa kalian lakukan dengan menutup menghapus semua aplikasi tidak penting yang pernah kalian instal. Jika merasa aplikasi tersebut tidak penting tidak perlu mempertahan kannya di hp anda karena akan menguras koneksi anda.

Baca juga:  Cara Menghemat Kuota Internet Termudah dan Paling Efektif

Tutup Semua Aplikasi

Jika anda membuka beberapa aplikasi sebaiknya tutup kembali aplikasi tersebut, jika tidak maka aplikasi itu akan berjalan di latarbelakang smartphone anda yang mempengaruhi koneksi internet. Jadi anda harus menutup semua aplikasi yang tidak digunakan lagi untuk meringankan beban android dan mempercepat koneksi internet.

Bersihkan file sampah atau Hapus Cache

Cara mempercepat koneksi internet dengan menghapus file sampah. Menghapus file sampah dapat kalian lakukan untuk cara mempercepat koneksi internet kalian agar tetap lancar. Sebagian besar aplikasi yang terinstal di hap android kalian adalah menggunakan jaringan internet, jika kalian membuka aplikasi maka aplikasi tersebut akan menyimpam file cache. Kalian harus menghapusnya agar kinerja hp kalian tidak terganggu. Berikut adalah cara membersihkan file cache di android untuk mempercepat koneksi internet

  1. Pergi ke pengaturan di hp anda
  2. Pilih pengaturan Aplikasi
  3. Buka aplikasi yang sering kalian gunakan
  4. Pilih penympanan
  5. Pilih Hapus cache

Selain cara tersebut anda juga bisa menghapus cache menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store

Akhir kata tentang mempercepat koneksi internet

Itulah beberapa Cara Mempercepat Koneksi internet Android Tanpa Root, kalian bisa melakukan sendiri tanpa harus melakukan rooting pada android anda. Perlu diketahui bahwa cara tersebut untuk masalah koneksi internet lemot yang disebabkan oleh kinerja android kalian bukan karena gangguan jaringan dari pusat penyedia layanan. Semoga artikel cara mempercepat koneksi internet ini dapat membantu

  Diperbarui pada : 28 April 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com