Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami

cara mengatasi sesak nafas
cara mengatasi sesak nafas

Cara mengatasi sesak nafas : Anda mengalami sesak napas, atau dispnea, saat Anda kesulitan bernapas . Anda mungkin merasakan sesak di dada, atau merasa seperti tercekik.

Olahraga yang intens , tempat yang tinggi, dan suhu yang keras dapat menyebabkan sesak napas. Begitu pula kecemasan , pilek dan flu, obesitas , serta kondisi jantung dan paru – paru .

Jika masih baru atau tidak dapat dijelaskan, segera hubungi dokter Anda. Jika sesak napas Anda tiba-tiba atau intens, atau Anda juga mengalami gejala seperti nyeri dada , ini bisa menjadi keadaan darurat. Anda bisa menghubungi 911 atau pergi ke dokter.

Jika sesak napas Anda bukan keadaan darurat, Anda dapat mengambil langkah-langkah di rumah untuk mengatasinya. Jika Anda telah didiagnosis dengan kondisi yang menyebabkan sesak napas, pastikan juga untuk menggunakan perawatan yang direkomendasikan dokter Anda.

Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami

Anda mungkin merasa lega dengan teknik yang meningkatkan kesehatan umum dan pernapasan Anda:

Berhenti merokok adalah cara mengatasi sesak nafas, dan hindari asap rokok orang lain . Jika Anda melakukan vape atau merokok, berhentilah sesegera mungkin. Dokter Anda dapat membantu Anda menemukan cara untuk membuat berhenti lebih mudah. Merokok tidak hanya menyebabkan sesak napas, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit paru – paru dan dapat mempersingkat hidup Anda. Jauhi juga asap orang lain. Hindari juga menghirup bahan kimia keras serta hal-hal seperti debu dan serbuk sari yang dapat memicu alergi .

Baca juga:  16 Manfaat Bawang Putih Yang Jarang Dikatahui

Olah raga dapat mengatasi sesak nafas

Cara mengatasi sesak nafas: Seiring waktu, olahraga akan memperkuat otot dan paru-paru Anda. Ini merupakan cara mengatasi sesak nafas. Saat otot Anda menjadi lebih kuat, mereka membutuhkan lebih sedikit oksigen dan menghasilkan lebih sedikit karbon dioksida. Ini meningkatkan aliran udara Anda. Anda pada akhirnya akan dapat menangani lebih banyak aktivitas tanpa merasa kehabisan napas. Olahraga juga termasuk salahsati yang dapat membantu anda menurunkan berat badan . Itu penting karena obesitas berkontribusi pada sesak napas. Tanyakan kepada dokter Anda untuk mengetahui tingkat aktivitas apa yang tepat untuk Anda.

Teknik relaksasi termasuk cara mengatasi sesak nafas

Cara mengatasi sesak nafas dengarkan aplikasi relaksasi di ponsel Anda. Atau cobalah relaksasi otot progresif, di mana Anda mengencangkan, kemudian melembutkan, setiap kelompok otot di tubuh Anda. Teknik-teknik ini membantu mengurangi stres, mengatasi sesak nafas , mendorong Anda untuk bernapas perlahan dan dalam, dan mengalihkan perhatian Anda dari masalah pernapasan. Mereka juga dapat membantu mengatasi kecemasan, yang dapat menyebabkan sesak napas.

Pernapasan slip

Teknik ini memperlambat pernapasan Anda sehingga Anda tidak bekerja keras untuk setiap napas. Ini juga membantu Anda melepaskan semua udara lama di paru-paru Anda, yang memungkinkan lebih banyak udara segar masuk. Untuk melakukannya, tarik napas melalui hidung selama dua hitungan. Kemudian kerutkan bibir Anda seperti sedang mencium, dan buang napas melalui mulut selama empat hitungan.

Baca juga:  Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Setiap Hari

Latihan pernapasan lainnya untuk mengatasi sesak nafas

Coba pernapasan diafragma. Saat itulah Anda fokus menggunakan diafragma (otot yang memisahkan dada dan perut ) saat Anda bernapas dalam dan perlahan. Letakkan tangan Anda di perut saat bernapas untuk merasakan gerakan diafragma.

Cobalah latihan pernapasan yang berbeda untuk mencari tahu mana yang membantu Anda merasa lebih baik.

Cara mengatasi sesak nafas dengan Istirahat

Ketika Anda mulai merasa sesak napas saat menjalani hari, berhentilah dan istirahatlah. Bersantailah selama beberapa menit sampai Anda bernapas normal kembali. Kemudian Anda dapat kembali ke apa yang Anda lakukan sebelumnya

Bersandar ke depan

Posisi tubuh tertentu dapat membuat Anda lebih mudah bernapas. Sambil duduk di kursi dengan kaki rata di lantai, condongkan tubuh ke depan dan sandarkan siku di atas lutut. Rileks kan leher dan bahu ketika Anda menarik napas. Atau, sambil duduk di belakang meja atau meja, letakkan lengan terlipat di permukaannya, lalu sandarkan kepala di atas lengan. Lakukan ini sampai sesak napas Anda mereda.

Dinginkan dengan kipas angin. Penelitian telah menemukan bahwa udara dingin dari kipas kecil dapat membantu Anda mengatur napas. Gunakan di pipi dan wajah Anda sampai pernapasan Anda membaik. Itulah cara mengatasi sesak nafas

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com