29 Ide Usaha Sampingan Yang Menjanjikan Dan Menghasilkan

Ide Usaha sampingan yang menjanjikan, bisnis untuk ibu rumah tangga
Ide Usaha sampingan yang menjanjikan

Ide Usaha Sampingan yang Menjanjikan untuk Ibu Rumah Tangga, bisnis yang menghasilkan uang setiap hari. Menjadi ibu rumah tangga dengan segala kesibukan yang ada pastinya sangat menyita waktu. Namun tidak sedikit yang justru berpenghasilan lebih karena mempunyai usaha sampingan yang menjanjikan. Berikut ini kumpulan ide usaha sampingan yang mampu menjawab semua keinginan anda.

Seiring perkembangan yang ada dengan dukungan teknologi yang canggih banyak memunculkan ide usaha yang sangat menjanjikan. Jika kamu seorang ibu rumah tangga dan ingin punya penghasilan lebih, tidak ada salahnya menjalani usaha sampingan.

Berbagai Ide Usaha Sampingan Yang Menghasilkan Uang Setiap Hari

Bisa dilakukan dengan modal atau bahkan tanpa modal sekalipun. Berikut deretan ide usaha yang menjanjikan untuk ibu rumah tangga yang bisa dicoba.

1. Ide Usaha Toko kelontong

ide usaha Toko kelontong

Sudah menjadi rahasia umum jika bisnis toko kelontong menjadi salah satu yang patut dipilih ibu rumah tangga. Hal ini karena bisa dilakukan dengan mudah di rumah sembari mengurus pekerjaan sebagai ibu rumah tangga. Usaha ini juga bisa dilakukan dengan modal sedikit terlebih dahulu hingga nanti dapat diperbanyak produk yang dijual setelah berkembang baik.

Awalnya mungkin bisa berjualan sembako dan jajanan anak dengan jumlah yang bisa disesuaikan dengan modal. Setelahnya bisa dikembangkan lagi dengan menjual beragam makanan atau bahkan minuman dan beragam sabun. Semua memang butuh proses, namun ketika kita dapat mengatur semuanya dengan baik terutama dalam hal keuangan pasti berhasil.

2. Ide Usaha Laundri

Laundri ide usaha

Jenis usaha untuk ibu rumah tangga lainnya ialah bisnis laundry yang memang juga banyak diminati sekarang ini. Usaha ini cocok dilakukan di rumah atau tempat bisnis yang dekat dengan kampus atau sekolah. Namun tidak menutup kemungkinan akan sukses jika dekat dengan kawasan dengan penduduk yang rata-rata ialah seorang karyawan atau pekerja.

Hal ini lantaran sebagian besar dari mereka menginginkan segala sesuatunya yang praktis dan juga mudah. Laundry menjadi salah satu solusi bagi mereka yang mempunyai keterbatasan waktu dan tenaga untuk membersihkan pakaian mereka. Usaha laundry sendiri memang cukup menjanjikan, hanya bermodal peralatan laundry dan selebihnya tenaga dalam pelayanannya.

3. Ide Usaha Katering

Katering ide usaha bisnis yang menjanjikan

Seperti hanya laundry, bisnis katering juga salah satu yang cukup menjanjikan dan muncul karena banyak orang yang ingin segala sesuatunya praktis. Dari pada harus capek masak dan mempersiapkan segala sesuatunya, sebagian orang terutama yang bekerja memilih untuk beli. Hal ini menjadi peluang besar dari bisnis katering hingga dapat sukses dan maju besar.

Dari mulai katering rumahan yang menyediakan makanan untuk pelanggan sekitar, catering untuk menyediakan keperluan kantor. Atau bahkan catering untuk acara besar seperti pernikahan dan lainnya. Usaha ini menjadi salah satu yang bisa dilakukan dengan mudah sebagai usaha sampingan untuk ibu rumah tangga lho ternyata, apa kamu juga tertarik?

4. Ide Usaha Tata Rias

ide usaha Rias

Jika kamu seorang ibu rumah tangga dan hobi sekali berhias atau merias wajah, usaha rias bisa kamu coba. Pastinya usaha ini tidak banyak menyita waktu, namun untuk pendapatannya sendiri lumayan menjanjikan. Untuk sekelas ibu rumah tangga yang hanya ingin mengisi waktu luang mereka, bisa membuka pekerjaan rias wajah kecil-kecilan di rumah nantinya.

Sasaran pelanggannya sendiri ialah orang-orang terdekat dan tetangga sekitar atau bahkan bisa merambah ke lainnya. Manfaatkan media sosial sebagai sarana promosi dari pekerjaan kamu nantinya. Dari rias anak kecil saat ingin menghadiri acara atau untuk rias orang dewasa dan lain sebagainya yang pasti semuanya harus mempertahankan kualitas dan hasil riasan kamu.

5. Salon potong rambut

ide usaha Salon potong rambut bisnis yang menjanjikan

Selain usaha rias, ibu rumah tangga juga sangat cocok untuk bisnis yang menjanjikan salon potong rambut sebagai usaha sampingan mereka. Memang dibutuhkan keahlian dalam bidang ini supaya pelanggan merasa puas akan hasilnya nanti. Untuk usaha di awal, kamu bisa membuka jasa potong rambut saja dan seiring berjalannya waktu bisa melengkapi jasa meluruskan rambut dll.

Lagi-lagi kemampuan dalam teknik potong rambut dan pelayanan yang baik menjadi kunci sukses bisnis ini. Selalu dapat berkembang dan berinovasi juga dapat memudahkan jalan untuk lebih baik lagi. Pastinya sebagai ibu rumah tangga dengan segudang pekerjaan rumah, kamu harus pandai-pandai menyiasati diri dan juga waktu jika menjalani jenis bisnis yang menjanjikan ini pastinya.

6. Wifi rumahan

ide usaha Wifi rumahan

Usaha lainnya yang sangat cocok sekali dilakukan untuk ibu rumah tangga ialah usaha wifi rumahan yang saat ini sedang ramai. Dengan memanfaatkan kesempatan jika saat ini banyak orang yang membutuhkan internet menjadi modal sukses kedepannya. Usaha ini memang cocok sekali dilakukan di daerah yang memang punya keterbatasan dalam hal akses internet.

Sebagai seorang ibu rumah tangga yang lebih banyak waktu di rumah, pekerjaan ini memang menjanjikan sekali. Modelnya seperti menjual voucher internet wifi yang biasanya dihargai per jamnya. Mungkin kesannya kecil, namun jika pengunjung ramai akan terkumpul banyak dan amat sangat menjanjikan sebagai pekerjaan yang hanya dijadikan usaha sampingan.

7. Ide Usaha Sampingan Penulis lepas

Penulis lepas

Dampak perkembangan internet dan kecanggihan teknologi informasi membuka peluang baru untuk dapat menghasilkan uang dari usaha sampingan. Menjadi seorang penulis lepas adalah salah satu bisnis yang menjanjikan banyak diminati oleh ibu rumah tangga saat ini. Usaha ini bisa dibilang tanpa modal karena mengandalkan kemampuan dalam hal menulis yang bisa dipelajari.

Hanya saja untuk jenis pekerjaan ini, kamu cukup butuh koneksi internet yang stabil demi kelancaran prosesnya. Banyak situs dan platform menulis online yang bisa kamu manfaatkan dan salah satunya situs bacapos.com. Melalui bacapos.com, kamu bisa mengeluarkan ide dan isi hati dalam tulisan dan menghasilkan uang puluhan hingga ratusan ribu rupiah tiap harinya.  

8. Ide Usaha Buka les privat

Buka les privat

Usaha sampingan lainnya yang juga cocok sekali dilakukan oleh ibu rumah tangga ialah membuka les private. Kamu bisa memulai dengan les untuk anak-anak SD dari beberapa pelajaran seperti Matematika, Bahasa Inggris dan lainnya. Atau mungkin kamu bisa membuka les seperti seni dari mulai menari, menyanyi, melukis dan masih banyak lainnya lagi.

Intinya disini ketika kamu ingin menjalani usaha sampingan di tengah-tengah kesibukan sebagai ibu rumah tangga ialah menguasai apa yang akan dijalani. Jangan sampai justru kamu kewalahan nantinya hingga akhirnya membuat pekerjaan les kamu gagal. Setiap usha yang dilakukan, ketika yang menjalani bisnis tersebut selalu bisa menguasai bidangnya pasti sukses.

9. Jasa sewa mainan anak

Jasa sewa mainan anak

Manfaatkan peluang ketika kita mempunyai banyak mainan anak yang sudah tidak terpakai lagi untuk membuka jasa sewa mainan anak. Pastinya pekerjaan ini sangat menjanjikan dan cocok banget untuk dijadikan usaha sampingan ibu rumah tangga. Kamu bisa menyewakan sepeda anak yang sudah tidak terpakai, mainan sepatu roda hingga banyak lagi lainnya.

Usaha ini pastinya tidak akan menyita waktu banyak yang justru dapat merepotkan ibu rumah tangga dengan banyak pekerjaan rumah. Tidak perlu juga menyewa tempat atau bahkan lapak karena saat ini sudah banyak yang memanfaatkan internet. Cobalah untuk membuka pekerjaan dirumah dengan fokus pada pemasaran secara online yang justru akan meringankan biaya.

10. Daycare – Ide Usaha

Daycare

Jenis pekerjaan lainnya yang juga cocok dilakukan sebagai usaha sampingan untuk ibu rumah tangga ialah usaha daycare. Usaha ini seperti pekerjaan penitipan anak yang biasanya karena ibu mereka bekerja. Jika sekiranya terlalu repot, cobalah untuk membuka kuota terbatas atau hanya melayani bagi mereka yang tempat tinggalnya tidak jauh dari rumah kamu tersebut.

Usaha ini sejatinya tidak memerlukan modal berupa biaya, namun harus mempersiapkan tenaga lebih saat menjalaninya. Tapi tidak usah khawatir karena uang hasil dari pekerjaan ini pada dasarnya tidak sedikit dan tidak main-main, apa kamu tertarik dengan usaha daycare?

11. Ide Usaha Reseller

Reseller

Reseller atau menjual kembali barang yang sebelumnya dibeli dari orang lain dan memperoleh keuntungan dari selisih harga jual dan belinya. Menjalani usaha sampingan bagi ibu rumah tangga seperti ini tidak perlu repot memikirkan stock barang. Hal ini akan membuat mereka yang menjalani pekerjaan ini minim sekali untuk beresiko mengalami kebangkrutan yang besar.

Yang harus diperhatikan dan diingat bagi mereka ibu rumah tangga yang ingin usaha sampingan jadi reseller adalah perkuat promosi. Jika dalam hal promosi dan pemasaran baik dan mampu membawa banyak pelanggan pasti sukses. Banyak keuntungan yang didapat nantinya yang pasti sangat menguntungkan sekali dan bisa dikumpulkan untuk ditabung nantinya.

12. Ide Usaha Dropshipper

Dropshipper ide usaha

Dropshipper pada dasarnya hampir sama dengan relleler, namun untuk jenis pekerjaan ini lebih pada memasarkan produk orang lain. Tanpa kita perlu menyetok barang yang akan dijual, jenis usaha sampingan untuk ibu rumah tangga ini sangat menguntungkan. Usaha ini cocok bagi mereka yang tidak punya cukup modal untuk memulai usaha sampingan namun punya niat.

Gencar dalam melakukan promosi dan berikan pelayanan baik jika ada calon pelanggan ingin mengetahui produk yang dipasarkan. Namun sejatinya dalam menggeluti pekerjaan ini, kamu perlu tahu dan paham akan apa yang akan dipasarkan nantinya. Jangan sampai barang tersebut justru punya kualitas kurang baik namun kamu sendiri tidak mengetahuinya. 

13. Buka toko online

Buka toko online ide usaha

Sekarang sudah banyak ibu rumah tangga yang memulai untuk membuka atau membuat toko online karena memang menguntungkan. Usaha sampingan ini bisa dilakukan dirumah dengan memanfaatkan koneksi internet yang baik. Dari mulai berjualan pakaian, makanan, barang-barang kerajinan ataupun masih banyak lagi lainnya dan pastinya laku di pasaran sehingga menguntungkan.

Sudah banyak platform yang menyediakan peluang untuk dapat memulai usaha toko online dengan mudah. Baik platform buatan anak bangsa maupun luar negeri yang pastinya punya teknologi informasi yang canggih. Bahkan sudah banyak ibu rumah yang kemudian sukses besar dengan hanya menjalani usaha sampingan ini dari rumah dengan awal modal seadanya.

14. Jual tanaman hias

Jual tanaman hias

Selanjutnya ada jenis usaha tanaman hias yang pastinya cocok sekali untuk dijadikan usaha sampingan ibu rumah tangga. Usaha ini memang sebaiknya dilakukan oleh mereka yang punya ketertarikan lebih dengan bercocok tanam tanaman hias. Tidak tanggung-tanggung, bahkan banyak jenis tanaman hias saat ini yang harganya sendiri bisa mencapai ratusan hingga jutaan.

Kamu bisa memanfaatkan pekarangan di samping rumah untuk bisa menjalani bisnis yang menjanjikan ini dengan berawal dari modal yang kecil. Bisa saja nantinya pekerjaan kamu ini diperluas dengan menjual beragam pupuk dan menyediakan pot bunga atau berbagai macam perlengkapan lainnya. Untuk pemasaran usaha ini bisa memanfaatkan media sosial yang murah dan efektif sekali.

15. Blogger

Blogger bisnis yang menjanjikan

Untuk ibu rumah tangga yang suka menulis dan mempunyai ketertarikan dalam bidang blog, bisa menjalani pekerjaan ini pastinya. Banyak blogger wanita yang sukses walau hanya menjalani pekerjaan ini sebagai usaha sampingan di tengah kesibukan mengurus rumah tangga. Pastinya diperlukan usaha keras dan juga ketelatenan yang lebih supaya bisa menghasilkan dari sini.

Selain menjadi peluang untuk mendapatkan penghasilan, blog juga bisa dijadikan sarana mencurahkan isi hati penulisnya. Dengan berawal dari hobi dan kesenangan dalam menulis, dapat menghasilkan uang dari adsense. Kapan lagi, menjalani bisnis dengan menyenangkan, dilakukan sebagai usaha sampingan namun punya penghasilan yang cukup lumayan.

16. Youtuber

Youtuber bisnis yang menjanjikan

Selain blogger, ada juga salah satu bisnis yang menjanjikan belakangan ini banyak diminati tidak hanya kaum muda namun juga ibu rumah tangga sebagai usaha sampingan mereka. Bagi yang pandai membuat video atau konten tentang sesuatu, bisa mencoba menjalani usaha ini. Tidak main-main, bahkan banyak di antaranya yang sukses dan menghasilkan uang ratusan juta.

Biasanya untuk konten ibu rumah tangga bersama anak menjadi salah satu yang banyak diminati. Mengulas kegiatan atau bahkan hobi anak dengan pengemasan yang menarik akan membuat banyak orang menonton dan menyukainya. Alhasil dari sini, penghasilan dari iklan yang didapat nantinya cukup besar terlebih ketika banyak pengikut dan penontonnya.

17. Designer

Designer bisnis yang menjanjikan

Desain menjadi salah satu yang banyak dibutuhkan baik untuk pekerjaan maupun untuk keperluan perorangan. Menjalani usaha desain bagi ibu rumah tangga sebagai usaha sampingan mereka pastinya cukup menjadi bisnis yang menjanjikan. Pekerjaan ini mempunyai waktu yang fleksibel dan bisa dilakukan ketika pekerjaan rumah tangga sudah selesai dan ada sedikit waktu santai di rumah.

Contoh kecil saja ketika ibu rumah tangga membuat desain cover untuk novel dan menjualnya ke beberapa penulis yang membutuhkannya. Pastinya untuk harga bisa diperhitungkan dan bisa dilihat dari kualitas hasil desain tersebut. Atau kamu juga dapat membuat pekerjaan desain baju untuk konveksi, desain undangan untuk acara pernikahan dan masih banyak yang lainnya.

18. Jahit baju

Jahit baju bisnis yang menjanjikan

Usaha sampingan yang juga cocok untuk ibu rumah tangga ialah jasa jahit baju yang pastinya punya peluang besar untuk maju. Kebutuhan akan sandang yang selalu dibutuhkan menjadi pembuka peluang tersendiri untuk pekerjaan ini. Namun usaha ini memang harus membutuhkan keterampilan menjahit atau paling tidak harus bisa memperbaiki pakaian yang rusak.

Usaha jahit baju bisa dilakukan dirumah dengan target pelanggan orang-orang sekitar rumah kamu. Namun jika ingin berkembang lagi, kamu bisa memperluas pekerjaan tersebut dengan menerima jahit baju untuk sekolah dan lainnya. Terkadang ada konveksi jahit yang juga membuka kesempatan dan menawarkan untuk menjahitkan barang-barang produksi mereka.

19. Voice over

Voice over bisnis yang menjanjikan

Voice over atau pengisi suara menjadi usaha sampingan yang juga cocok sekali dilakukan oleh mereka ibu rumah tangga sebagai usaha sampingan. Menjalani pekerjaan ini kamu bisa punya waktu yang fleksibel dan bisa dikerjakan setelah pekerjaan rumah selesai. Bahkan sekarang ada juga pengisi suara untuk sebuah novel yang punya banyak pembaca dan terkenal. Beberapa platform novel online ada yang menyediakan fitur audio untuk novel terbaik mereka. 

Sebuah kesempatan dan peluang baru dan besar untuk yang biasa jadi pengisi suara jika ingin mendapatkan suasana berbeda dari biasanya. Namun tidak hanya itu, banyak peluang usaha yang terbuka lebar bagi seorang pengisi suara mendapatkan penghasilan dengan cara lain.

20. Penulis novel

Penulis novel

Menjadi seorang penulis novel juga patut sekali untuk dicoba bagi mereka para ibu rumah tangga yang juga ingin berpenghasilan. Sekarang menerbitkan novel tidak sesulit seperti dahulu yang harus mengirimkan naskah ke penerbit dengan seleksi yang sangat ketat. Sekarang sudah banyak tersedia platform menulis online yang bisa membantu kamu menerbitkan karya.

Tidak tanggung-tanggung, sudah banyak penulis novel dari kalangan ibu rumah tangga yang pada akhirnya sukses. Tidak hanya mendapatkan penghasilan ratusan ribu saja, tapi juga penghasilan hingga puluhan atau bahkan ratusan juta. Kualitas tulisan serta ide cerita yang unik biasanya menjadi daya tarik tersendiri untuk mendapatkan banyak pembaca dan penghasilan.

21. Penerjemah

Penerjemah

Selain penulis, menjalani bisnis sebagai seorang penerjemah juga tidak kalah menjanjikan dalam hal penghasilan. Demi mengisi waktu luang dari sibuknya pekerjaan sebagai ibu rumah tangga, bisnis ini bisa dijalani. Namun pastinya kamu harus pandai dan menguasai segala macam hal yang menjadi pendukung dalam menjalani usaha jadi penerjemah tersebut.

Karena dibutuhkan skill yang lumayan dalam hal bahasa dan kemampuan menerjemah, usaha ini belum banyak pelakunya. Hal ini pastinya akan menjadi peluang besar karena tidak banyak pesaing dalam menjalaninya. Apa kamu tertarik untuk menjadikan bisnis yang menjanjikan ini sebagai usaha sampingan kamu di tengah-tengah kesibukan menjadi ibu rumah tangga?

22. Bisnis kerajinan tangan

Bisnis kerajinan tangan

Usaha sampingan atau bisnis kerajinan tangan menjadi pekerjaan selanjutnya yang juga bisa dijalani oleh ibu rumah tangga dengan mudah. Dari mulai membuat kerajinan tangan seperti membuat tas dari rajutan, hingga kerajinan tangan lainnya. Walau terkesan sepele, bisnis ini sejatinya punya peluang mendapatkan penghasilan yang lumayan besar nantinya.

Buatlah kerajinan tangan yang unik dan berbeda dengan yang lain namun punya harga yang terjangkau. Kamu bisa menjualnya melalui toko online yang kamu kelola sendiri atau juga bisa memasarkannya melalui media sosial. Semakin menarik hasil kerajinan tangan, pastinya akan semakin laris manis di pasaran. 

23. Trading forex

Trading forex

Selanjutnya ada trading forex yang sepertinya sedang banyak diminati pada masa sekarang ini karena uang yang dihasilkan. Tidak hanya kaum muda atau bahkan pria saja, banyak juga dari kaum wanita dan juga ibu rumah tangga menjalani usaha ini. Namun jika ingin menjalani bisnis ini, perlu mempunyai pengetahuan yang lebih dalam setiap prosesnya dan penuh hati-hati.

24. Jual mainan

Jual mainan

Selain usaha menjual jajanan anak, menjual mainan anak juga cukup menjanjikan jika dijadikan sebagai usaha sampingan oleh ibu rumah tangga. Mainan seringkali dicari anak-anak, dan ini peluang bagus terlebih jika sekitar rumah ada banyak anak kecil. Tidak usah menjual mainan dengan harga hingga ratusan ribu, coba lah untuk memulai dari modal kecil terlebih dahulu.

Usaha ini juga tidak merepotkan pastinya, karena tidak setiap waktu harus pergi ke pasar dan belanja. Buat stock yang banyak dan juga sediakan beragam mainan yang lengkap sehingga pelanggan tertarik. Jika menjalani usaha ini, cobalah untuk bisa melakukan pendekatan yang lebih intens dengan anak-anak disekitar supaya bisa menjadi pelanggan setia kamu.

25. Jual produk kecantikan

Jual produk kecantikan

Ibu-ibu rumah tangga pasti sudah hafal betul dengan peralatan hingga produk kecantikan yang sering mereka gunakan. Manfaatkan pula pengetahuan lebih dalam hal ini untuk membuka usaha ini sebagai usaha sampingan kamu. Menjual produk kecantikan dengan target ibu rumah tangga atau bahkan anak-anak remaja cukup mampu mendapatkan penghasilan lebih.

Biasanya ada beberapa produk kecantikan yang menetapkan model seperti kerjasama dengan syarat bisa memasarkan produk tersebut seperti reseller atau dropshipper. Memanfaatkan peluang ini jika kamu memang belum punya cukup modal untuk mendirikan usaha sendiri. Jangan khawatir, karena untung yang dihasilkan juga banyak kok.

26. Editor Artikel

Editor Artikel

Memiliki kemampuan dalam bidang kepenulisan dan tahu betul akan tipe tulisan seperti apa yang baik dan benar patut juga mencoba bisnis ini. Sekarang banyak situs online yang tidak hanya membutuhkan penulis namun juga membutuhkan banyak editor. Kamu bisa menjalani usaha ini secara online dari rumah dengan mengandalkan koneksi internet yang bagus.

Penghasilan sebagai seorang editor hampir sama dengan seorang penulis atau bisa saja lebih besar karena skill yang ia miliki. Pekerjaan yang bisa dilakukan secara online di rumah ini juga pastinya tidak memakan biaya atau modal lebih. Patut sekali nih untuk dijalani oleh mereka yang punya pengetahuan lebih tentang dunia kepenulisan ini.

27. Agen PPOB

Agen PPOB

Menjadi seorang agen PPOB sudah selayaknya bank yang bisa digunakan untuk mempermudah transaksi pembayaran tagihan. Meluang besar dan bagus sekali bagi ibu rumah tangga yang memang sehari-harinya berada di rumah. Pastinya jasa seperti ini akan selalu dibutuhkan mengingat beragam tagihan kini dapat dengan mudah dibayarkan.

Usaha ini bisnis yang menjanjikan walau keuntungan setiap transaksi biasanya sedikit. Jika banyak transaksi yang dilakukan dengan banyak pelanggan yang setia juga pasti akan terkumpul banyak keuntungan. Apalagi kamu tak perlu menyewa tempat untuk menjalani bisnis ini, cukup dengan memanfaatkan rumah, usaha seperti ini juga bisa berjalan dengan lancar.

28. Agen gas LPG

Agen gas LPG

Baik itu bisnis air galon ataupun menjadi agen gas LPG juga punya kemungkinan untung yang menjanjikan jika dijadikan sebagai usaha sampingan. Khususnya untuk mereka yang memang berprofesi sebagai ibu rumah tangga yang banyak waktu di rumah. Untuk jenis bisnis ini memang dibutuhkan modal di awalnya, namun tidak usah khawatir masalah keuntungannya.

Untuk satu tabung LPG saja bisa mendapatkan untung hingga 2 sampai 3 ribu untuk kapasitas 3 kg. Bayangkan saja jika dalam sehari yang membeli tabung LPG tersebut puluhan hingga ratusan orang, pasti keuntungannya banyak sekali. Tertarik untuk membuka usaha ini di rumah? Selain butuh modal juga diperlukan beberapa persyaratan lain seperti ijin usaha dan lainnya.

29. Buka pertamini

Buka pertamini

Usaha pertamini sepertinya juga tidak akan ada matinya mengingat bahan bakar sendiri menjadi kebutuhan penting setiap orang. Sama halnya dengan agen gas LPG, menjalani bisnis ini juga diperlukan modal yang lumayan banyak pastinya. Namun jangan pikir berat pada modal, kamu juga perlu mempertimbangkan keuntungan yang dihasilkan nantinya.

Itulah 29 ide usaha sampingan yang bisa dilakukan sebagai usaha sampingan untuk ibu rumah tangga. Dari mulai yang menggunakan modal hingga tanpa menggunakan modal sedikitpun. jangan kalah dengan yang lain, kamu sebagai ibu rumah tangga juga dapat mempunyai penghasilan yang bisa digunakan untuk membantu perekonomian keluarga. Semangat dan selamat mencoba, semoga berhasil sesuai dengan harapan anda.

Baca juga:  Nulis artikel dibayar jutaan rupiah yang harus dicoba

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com