Cara Menulis Artikel yang Baik dan Benar

Cara menulis artikel dan langkah-langkah penulisan artikel yang baik dan benar
Cara menulis artikel dan langkah-langkah

Baca Pos – Cara menulis artikel dan langkah-langkah nulis atau penulisan artikel yang baik dan benar. Artikel adalah salah satu karya tulis dengan panjang tertentu yang berisi gagasan ataupun fakta yang dapat membujuk, meyakinkan, mendidik, dan menghibur pembacanya. Dan pada umumnya biasa dipublikasikan dalam suatu media massa tertentu.

Baru-baru ini, aktivitas menulis artikel banyak sekali ditekuni oleh banyak orang. Bukan hanya sekedar hobi, tetapi juga akan menghasilkan pundi-pundi uang apabila objek yang kita tulis menarik dan tentunya diminati oleh banyak orang.

Langkah-Langkah Menulis Artikel yang Benar

Menulis artikel bukan hanya menulis seputar gagasan ataupun opini belaka. Karena, dalam menulis artikel yang baik dan benar, perlu memperhatikan langkah-langkah dan juga prasyarat dalam penulisan artikel itu tersendiri.

Adapun langkah-langkah yang dimaksud pada uraian di atas diatas adalah sebagai berikut :

1. Menentukan Topik Pembahasan

Topik pembahasan atau gagasan utama dari sebuah artikel sangatlah penting. Bagian ini akan menentukan bagaimana kita bisa mengembangkan gagasan utama menjadi pembahasan selanjutnya menjadi artikel yang menarik dan juga interaktif.

Baca juga: Upload Video Dapat Uang Di Situs ini

Baca juga:  Chip Higgs Domino Gratis, Begini Cara Mendapatkan

2. Menetapkan Tujuan Artikel

Pada bagian ini kita dituntut untuk menentukan tujuan artikel yang akan kita buat berdasarkan topik pembahasan yang telah ditemukan. Tujuan artikel tersendiri bisa berupa informasi seputar kesehatan, himbauan, ataupun ajakan kepada masyarakat.

3. Menentukan Fakta – Menulis Artikel

Selanjutnya kita diharuskan untuk mencari beberapa fakta, dan nantinya akan menjadi pendukung utama artikel yang kita buat. Fakta tersendiri dapat kita peroleh dengan melakukan survei dari berbagai media ataupun objek tertentu. Beberapa orang menemukan fakta dengan cara wawancara langsung terhadap orang yang memiliki hubungan dekat dengan objek yang akan dijadikannya sebuah tulisan.

Baca juga: Top Up Game Murah Terbaik

4. Menentukan Opini

Setelah menentukan fakta dan menemukannya, saat menulis kita dituntut untuk mengembangkan fakta tersebut berdasarkan gagasan ataupun opini yang kita punya. Opini ini dapat kita kembangkan sesuai pemahaman kita terhadap topik pembahasan dan juga fakta yang tersedia.

5. Menentukan Simpulan

Bagian simpulan ini adalah bagian penutup, yang di mana kita harus menyimpulkan secara garis besar mengenai topik pembahasan yang telah dibahas secara sistematik sesuai urutan langkah-langkah.

Secara umum, banyak sekali orang-orang yang menekuni penulisan artikel ini. Namun hanya sedikit orang yang memahami dengan benar seluk beluk dalam penulisan artikel ini. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman mengenai cara menulis artikel dengan baik dan benar.

Baca juga:  Cara Ganti Nama Email dengan Langkah Mudah

Baca juga: Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pemula

Akhir kata tentang menulis artikel yang benar

Itulah langkah-langkah dalam penulisan sebuah artikel. Dengan adanya artikel ini, diharapkan semakin banyak orang yang paham tentang cara menulis artikel dengan baik dan benar. Dan pada intinya, menulis perlu memperhatikan unsur-unsurnya. Hal tersebut dilakukan agar nulis artikel yang kita buat itu berkualitas, menarik, dan tentunya akan banyak orang yang menyukainya.

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com