Cara Redakan Demam Gejala Covid-19 Varian Omicron

Cara Redakan Demam Gejala Covid-19 Varian Omicron
Cara Redakan Demam Gejala Covid-19 Varian Omicron

Cara Redakan Demam Gejala Covid-19 Omicron Bacapos.com – Beberapa ahli atau pakar mengatakan bahwa COVID-19 varian Omicron ini, membawa dampak gejala yang ringan daripada varian yang lainnya, yaitu seperti varian Delta. Bahkan, dapat disebut mirip dengan penyakit flu biasa. Hal tersebut diketahui dari pernyataan Ketua kelompok kerja, Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan, pada konferensi pers virtual bertema ‘Perkembangan Terkini kasus COVID-19 varian Omicron’, Senin (24/1/2022).

Menurutnya, gejala varian Omicron yang ditimbulkan adalah dapat berupa batuk, pilek, hidung tersumbat, dan kadang-kadang dapat pula memicu demam disejumlah pasien yang terinfeksi varian omicron. “Gejala varian omicron memang sangat mirip dengan flu biasa, seperti halnya batuk, pilek, serta hidung yang tersumbat, dan kemudian hidungpun mengeluarkan cairan, yang disertai juga dengan rasa lemah, lesu dan kadang juga disertai dengan demam, ini sangat mirip sekali dengan flu biasa,” kata dr Erlina Burhan.

Membicarakan tentang demam, ada terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk dapat meredakan demam selain harus menggunakan obat-obatan medis.

Mengenal ciri-ciri demam Omicron

Mengenal ciri-ciri demam Omicron

Demam adalah yang dapat merupakan, menjadi awal dari berbagai macam infeksi penyakit, seperti halnya infeksi pencernaan, demam berdarah, hingga Covid-19.

Adapun ciri-ciri dari demam yang disebabkan karena Covid-19 varian Omicron, virus Covd-19 varian omicron memang agak berbeda dengan varian pendahulunya, yaitu mengalami demam yang mencapai 38 derajat atau dapat lebih, akan tetapi kebanyakan disertai juga dengan sakit tenggorokan, flu atau pilek, sehingga terlihat atau terasa seperti masuk angin biasa.

Baca juga:  Penyebab Keguguran Hamil Muda Dan Cara Mencegah

Baca juga: Varian Baru Virus Corona Dari Berbagai Negara

Tidak ada gangguan/gejala yang lebih berat lagi, seperti sesak nafas akut, atau penurunan saturasi oksigen yang drastis, pada sebagian besar kasus. Namun demikian, situasi atau kondisi ini dapat berbeda apabila kita belum memiliki imunitas terhadap virus Covid-19 atau merupakan orang yang memiliki komorbid (penyakit bawaan).

Karena, kehadiran Covd-19 varian Omicron ini dapat mengganggu dan berpotensi, menjadi komplikasi bagi kondisi rentan lainnya.

Infeksi dan peradangan dapat membuat demam bertahan

Demam Gejala Covid-19 Varian Omicron

Meskipun di awal kemunculannya telah banyak disebutkan bahwa Covid-19 varian Omicron ini, mirip seperti flu, tapi gejalanya sangatlah lebih membandel, Hal ini semua tergantung dari ketahanan daya tubuh masing-masing orang,

Ada yang merasakan sakit radang tenggorokan atau sakit tenggorokan serta batuk yang lebih berat, Atau ada juga yang mengalami gangguan pada pencernaannya.

Hal-hal tersebutlah membuat demam pada seseorang dapat bertahan lebih lama. Periksa dan amatilah demam yang terjadi dan pantaulah selalu perubahan suhunya, agar kita dapat mengkonsultasikannya dengan tenaga medis.

Cara mengatasi demam yang disebabkan Covid-19 varian Omicron

Sebagian besar pasien Covid-19 varian Omicron bergejala ringan atau tidak bergejala, memang lebih banyak diminta untuk isolasi mandiri.

Akan tetapi untuk yang memiliki atau mempunyai gejala menengah atau berat, dapat langsung dirujuk ke rumah sakit atau isolasi terpusat, apabila situasi atau keadaan memungkinkan. Sementara gejala Omicron memang agak membandel, berikut ada beberapa langkah untuk bisa meringankan demam yang mungkin muncul, dan ada terdapat beberapa langkah juga yang dapat dilakukan untuk dapat meredakan demam, selain harus menggunakan obat-obatan medis.

Baca juga:  14 Makanan Penyebab Jerawat yang Sebaiknya Anda Hindari

Baca juga: Jangan Asal Pakai Skincare, Ini Dia Cara Yang Benar

Hal ini dapat berguna untuk membantu meringankan gejala varian Omicron, yang dialami oleh pasien COVID-19, termasuk varian Omicron.

Berikut ini adalah cara Meredakan Demam, seperti Dikutip dari Harvard Health Publishing, Rabu (16/2/2022). Langkah-langkah ini dapat membantu pasien untuk merasa lebih baik

1. Tetap menjaga Hidrasi untuk Kesehatan jantung dan ginjal

Hidrasi yang baik dan tepat, tidaklah cukup hanya membutuhkan cairan yang tepat untuk dikonsumsi, tetapi juga harus terjaga keseimbangan yang tepat didalam tubuh Anda. Pada saat demam, akibat gejala Omicron yang harus diusahakan adalah, anda harus dapat mengkonsumsi banyak cairan, agar dapat mencegah terjadinya dehidrasi dan untuk dapat membantu menurunkan suhu tubuh anda.

2. Mengkonsumsi Makanan Ringan dan Mudah Dicerna

Konsumsilah makanan yang bergizi dan penuh serat agar dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semakin banyak dan sehat asupan gizi yang didapatkan oleh tubuh, maka semakin cepat pula meredakan demam.

Baca juga: Status Pandemi Covid 19 Saat ini dan Perkembangan

3. Banyak beristirahat

Pada saat sedang demam, disarankan untuk dapat beristirahat yang cukup dan janganlah terlalu banyak melakukan aktivitas. Dikarenakan suhu tubuh dapat semakin meninggi apabila seseorang banyak melakukan aktivitas dan kelelahan.

4. Janganlah mengenakan Pakaian yang tebal

Pada umumnya saat tubuh sedang mengalami demam tinggi, seseorang secara langsung akan mengambil langkah untuk mengenakan pakaian yang tebal dan selimut.

Baca juga:  Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Bagi Pekerja Kantoran

Alasannya agar cepat dapat berkeringat dan suhu tubuhnya akan kembali menurun. Padahal hal tersebut tidaklah boleh dilakukan lantaran mengenakan bahan yang tebal justru akan dapat mencegah keluarnya panas dari dalam tubuh.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengenakan pakaian dan selimut yang ringan, agar suhu tubuh dapat cepat segera turun. Bisa juga mengambil langkah dengan mandi air hangat, atau mengompres tubuh dengan menggunakan handuk, agar supaya dapat segera meredakan demam.

Lebih lanjut menurut juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan dr Siti Nadia Tarmizi, pasien COVID-19, dalam hal ini varian Omicron, boleh-boleh saja untuk dapat mengkonsumsi obat yang dijual bebas di warung-warung, untuk meredakan gejala.

Baca juga: Makanan Penurun Darah Tinggi ini Wajib Diketahui

Sebab, pasien Covid-19 varian Omicron dengan gejala ringan atau tanpa gejala sama sekali (OTG) tidaklah sangat memerlukan obat antivirus, melainkan dapat cukup hanya dengan mengkonsumsi, vitamin dan obat untuk meredakan gejala, salah satunya penurun demam.

Banyak pasien COVID-19 varian Omicron mengalami gejala, berupa batuk, hidung meler, dan hidung tersumbat, serta sakit kepala, yang kemudian juga disertai dengan sakit tenggorokan. Beberapa pasien COVID-19 juga mengeluhkan gejala demam. Virus masih ada, ya.

Jangan sekali-kali menyepelekan hal tersebut, meski kita dapat merasa sangat sehat atau sudah vaksin. Tetapi tetaplah melakukan protokol kesehatan dengan cara mencuci tangan sebelum menyentuh permukaan wajah, makan atau sebelum melepas masker. Gunakanlah masker, serta menjauhi kerumunan.

Pencegahan yang kita lakukan, juga bisa menghindarkan orang sekitar dari paparan yang mungkin secara tidak sengaja terbawa oleh kita.

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com