Makanan Penurun Darah Tinggi ini Wajib Diketahui

Makanan Penurun Darah Tinggi ini Wajib Diketahui
Makanan Penurun Darah Tinggi ini Wajib Diketahui

Darah tinggi atau dalam bahasa medisnya hipertensi merupakan kondisi yang tidak boleh diabaikan tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol dapat menyebabkan komplikasi penyakit jantung, stroke, hingga meningkatkan risiko kematian.

Darah tinggi atau hipertensi merupakan jenis penyakit yang menjadi momok bagi masyarakat tidak hanya orang tua saja yang perlu mewaspadainya bahkan kini anak muda memiliki risiko hipertensi yang tidak kala besar. Hampir 95% kasus hipertensi dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan genetik kasus hipertensi sendiri tercatat sebagai kasus kematian utama di seluruh dunia.

Sebelum bahaya mengintai, anda tentu harus melakukan tindakan – tindakan pencegahan sehingga terhindar dari penyakit hipertensi dan komplikasinya. Untuk mencegah komplikasi tersebut hipertensi perlu dikendalikan selain dengan obat anda dapat melakukannya dengan menjaga pola hidup sehat yang konsisten.

Salah satunya dengan memilih makanan yang sehat mengkonsumsi makanan penurun darah tinggi sangat penting bagi penderita hipertensi agar tekanan darah tetap stabil dan terhindar dari berbagai komplikasi.

Berbagai Macam Makanan Penurun Darah Tinggi

Apa saja makanan yang dapat menurunkan darah tinggi berikut beberapa diantaranya ;

1. Biji Labu

Biji Labu

Biji labu adalah sumber nutrisi yang penting untuk mengontrol tekanan darah kandungan didalamnya termasuk magnesium, potasium, arginin serta asam amino yang dibutuhkan untuk produksi oksida nitrat sebagai relaksasi pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah. Minyak biji labu juga telah terbukti menjadi obat alami yang ampuh untuk menurunkan hipertensi.

Baca juga:  Tips Mengurangi Mata Lelah Saat Bekerja

2. Wortel

Wortel Makanan Penurun Darah Tinggi

Makanan penurun darah tinggi lainnya adalah wortel, wortel kaya akan senyawa fenolik yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan mengurangi peradangan sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

3. Seledri

Seledri merupakan jenis sayuran yang memiliki efek positif pada tekanan darah, seledri mengandung senyawa yang dapat membantu mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah tinggi.

4. Tomat

Tomat ataupun produk tomat kaya akan nutrisi termasuk potasium dan pigmen karotenoid likopen likopen secara signifikan dapat menyehatkan jantung. Tomat dapat membantu mengurangi faktor resiko penyakit jantung seperti hipertensi.

Baca juga: 7 Digital Marketing Agar Sukses di E-Commerce

5. Bayam

Bayam mengandung nitrat yang tinggi sayuran ini juga terdapat antioksidan, potasium, kalsium, dan magnesium yang bisa menjadi pilihan makanan untuk menurunkan tekanan darah tinggi pada orang dengan hipertensi. Sayuran bayam juga dapat menurunkan kekakuan pembuluh darah yang membantu mengurangi tekanan darah serta meningkatkan kesehatan jantung.

6. Ikan Berlemak

Ikan yang berlemak yaitu salmon merupakan sumber lemak Omega 3 yang bagus salah satu khasiatnya yaitu dapat menyehatkan jantung, lemak ini dapat mengurangi tingkat tekanan darah dengan mengurangi peradangan serta menurunkan kadar senyawa penyekat pembuluh darah yang disebut oksilipit atau oxylipin.

7. Alpukat

Alpukat tidak hanya bisa dijadikan pilihan buah sumber lemak bagi tubuh melainkan dapat diolah sebagai jus penurun darah tinggi. Alpukat mengandung antioksidan, lemak baik, serat, vitamin C, vitamin B6, vitamin K, folat serta kalium yang baik bagi penderita hipertensi. Dalam satu buah alpukat ukuran sedang mengandung 20% kalium kandungan antioksidan lemak baik serat dan kalium inilah yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh salah satunya untuk menjaga kesehatan jantung.

Baca juga:  Jenis Zat Narkotika, Psikotropika, Adiaktif Yang Mematikan

Baca juga: Cara Mengubah Kebiasaan Buruk Jadi Lebih Baik

8. Buah Delima

Buah Delima Penurun Darah Tinggi

Menurut penelitian kandungan nutrisi buah delima memiliki sekitar 40% Vitamin C harian untuk orang dewasa selain itu buah delima memiliki kandungan folat, serat, kalium, niasin, dan vitamin A serta vitamin E buah delima juga mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas di dalam tubuh anda.

9. Buah Sitrus

Jenis buah sitrus ada jeruk, jeruk bali, dan lemon yang dapat menurunkan tekanan darah jika dikonsumsinya dengan benar. Buah ini terdapat banyak vitamin, mineral serta senyawa tanaman yang dapat merawat kesehatan jantung.

10. Buah Berry

Makanan yang bisa menurunkan darah tinggi lainnya adalah buah berry pigmen yang memberi warna pada jenis buah berry seperti blueberry, strawberry, dan blackberry kaya akan antosianin yang mempunyai manfaat luar biasa bagi pembuluh darah anda ini adalah senyawa alami yang dapat membantu dinding pembuluh darah menjadi lebih luas dan lebih fleksibel untuk menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung anda.

Buah berry sering dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan termasuk potensi untuk mengurangi faktor resiko penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Buah berry merupakan sumber antioksidan yang kaya akan antosianin yaitu pigmen yang memberi warna cerah pada buah berry.

Baca juga: Makanan Sehat Untuk Kulit Awet Muda

11. Pisang

Pisang merupakan buah yang padat nutrisi pisang baik dikonsumsi oleh penderita darah tinggi karena mengandung kalium yang bisa membantu menurunkan tekanan darah. Satu buah pisang mengandung sekitar 1% kalsium 8% magnesium dan 12% potasium untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anda.

Baca juga:  Tips Menjaga Kesehatan Fisik Dan Pikiran Saat Kerja

12. Kacang – Kacangan

Pilihan makanan untuk menurunkan kolesterol tinggi lainnya yaitu kacang – kacangan misalnya almond, walnut, kacang kenari, dan kacang kedelai kacang – kacangan mengandung asam lemak sehat tak jenuh ganda dan tunggal selain itu kacang – kacangan juga memasok vitamin, serat antioksidan dan lemak Omega-3 manfaat lainnya yaitu dapat mengatur tekanan darah dan menurunkan risiko serangan jantung.

13. Rempah – rempah

Makanan penurun darah tinggi lainnya adalah herbal dan rempah – rempah keduanya mengandung senyawa kuat yang dapat membantu mengurangi tekanan darah dengan merilekskan pembuluh darah. Biji seledri, ketumbar, kunyit, serai, jinten hitam, ginseng, kayu manis, kapulaga, kemangi, dan jahe merupakan beberapa rempah – rempah yang terbukti memiliki potensi menurunkan tekanan darah.

14. Bawang Putih

Bawang putih merupakan jenis makanan penurun darah tinggi lainnya. Antibiotik alami ini mengandung allicin yang sangat baik bagi penderita hipertensi, penelitian lain juga menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi bawang putih dapat mempengaruhi pembuluh darah menjadi besar yang mengakibatkan tekanan darah berubah.

Baca juga: Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Kebal

Meski beberapa jenis makanan penurun darah tinggi diatas sudah terbukti secara klinis konsultasi dengan dokter atau ahli gizi sangat disarankan untuk mengetahui rekomendasi makanan apa yang cocok untuk kesehatan anda. Selain mengkonsumsi makanan sehat yang seimbang melakukan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin serta mengelola stres sangat penting agar tekanan darah terkendali.

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com