Akibat Tidak Sarapan Pagi, Inilah Dampak Buruk Akan Terjadi

Sering melewatkan sarapan, inilah dampak buruk yang akan terjadi akibat tidak sarapan pagi
Dampak buruk akibat tidak sarapan pagi

Sering melewatkan sarapan, inilah dampak buruk yang akan terjadi akibat tidak sarapan pagi. Sebaiknya hilangkan kebiasaan ini karena tidak baik untuk kesehatan jika dilakukan secara terus-menerus. Dampak buruk yang terjadi akibat tidak sarapan mungkin tak ditemukan pada masa muda tetapi lebih banyak dirasakan pada masa lanjut usia.

Sarapan atau makan pagi merupakan hal yg wajar bagi setiap orang, tapi pernah kah kamu melewatkannya? Di Indonesia sendiri tidak sarapan pagi merupakan hal yg lumrah, karena pada hari orang-orang lebih memfokuskan aktivitasnya hingga lupa makan pagi atau sudah menjadikannya sebagai kebiasaan. Di indonesia, sekitar 59 persen penduduk selalu melewatkan makan di pagi hari. Cukup banyak bukan?

Namun melewatkan sarapan pada pagi hari itu bisa menimbulkan dampak yg buruk bagi kesehatan tubuh, mau tau apa saja? Yuk simak

1. Meningkatkan Resiko Masalah Pada Jantung

Masalah Pada Jantung

Resiko terkena serangan jantung menjadi lebih tinggi, karena bertahan puasa lebih lama bisa membuat tubuh bekerja lebih keras, memicu stres pada fisik dan menyebabkan perubahan metabolisme tubuh.

2. Bisa Membuat Kamu Jadi Cepet Marah

Ini yg akan terjadi jika kamu tidak sarapan pagi, diakibatkan konsentrasi menghilang dan otakmu tak bisa berpikir jernih. Dan ada hal-hal lain lagi bisa terjadi seperti mulai cemas dan berdebar hingga tak bisa berpikir logis.

Baca juga:  Cara Membuat Masker Untuk Menyamarkan Luka Pada Kulit

Baca juga: Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil

3. Bisa Membuat Berat Badanmu Naik

Hal ini ini bisa terjadi, karena tubuhmu menciptakan metabolismenya sendiri. Dengan memakan makanan sedikit, membuat metabolisme menjadi singkat. Sehingga ketika kamu makan makanan yg porsinya normal, akan dianggap berlebihan oleh tubuh dan mengubahnya menjadi lemak.

4. Mengurangi Produktivitas

Mengurangi Produktivitas

Dampak tidak sarapan juga dapat mengurangi produktivitasmu sehari-hari. Otak perlu adanya bahan bakar untuk beraktivitas, jika hal tersebut tak terpenuhi, bisa membuatmu kehilangan konsentrasi, cepat lelah, tidak dapat berpikir jernih. Dengan begitu aktivitasmu sehari-hari tak berjalan dengan lancar.

5. Menyebabkan Migrain

Kadar gula yg rendah ketika tidak sarapan, bisa memicu migrain dan sakit kepala. Ini terjadi ketika kekurangan bahan bakar sehingga dapat menurunkan fungsi sel-sel otak.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh

6. Bau Mulut Akibat Tidak Sarapan

Makan pagi bisa merangsang produksi air liur, hal tersebut bisa membantu membersihkan mulut dari bakteri. Gimana kalau sebaliknya? Tentunya menyebabkan bau mulut atau halitosis.

7. Kekebalan Tubuh Terganggu

Ini bisa terjadi dalam jangka panjang jika kamu tidak sarapan atau melewatkan, ini terjadi karena peradangan kronis, dengan pola makan teratur dapat menghindari hal tersebut dan meningkatkan sel kekebalan pada tubuh.

Masih ada dampak lainnya seperti bisa memicu kerusakan sel, tingkat keasaman tubuh meningkat, mengganggu fungsi kognitif, meningkatkan Hormon Kortisol, dan masih banyak lagi yg akan terjadi pada tubuh. Gimana masih mau melewatkan sarapan?

Baca juga:  Cara Menurunkan Berat Badan Diet Alami Dengan Cepat

  Diperbarui pada : 17 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com