Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil Jika Dikonsumsi

Manfaat buah pisang untuk Ibu hamil, baiknya konsumsi atau makan pisang bagi ibu hamil
Manfaat buah pisang untuk Ibu hamil

Bacapos.com – Manfaat buah pisang untuk Ibu hamil, baiknya konsumsi atau makan pisang bagi ibu hamil untuk kesehatan. Banyak orang mengenal pisang sebagai buah-buahan dengan rasa manis, biasanya dimanfaatkan untuk mencuci mulut setelah selesai makan. Selain ada berbagai manfaat pisang bagi ibu hamil seperti manfaat memenuhi kebutuhan asam folat, mengurangi rasa mual, mencegah anemia, membantu perkembangan otak dan tulang, dan kesehatan lainnya.

Buah tropis yang satu ini memang murah dan mudah ditemukan disekitar kita. Banyak yang menggunakan pisang sebagai buah pencuci mulut setelah makan.

Sebenarnya manfaat pisang sendiri sangat banyak sekali terutama untuk tubuh kita. Begitu pula saat dikonsumsi oleh wanita hamil seperti berikut ini.

Manfaat pisang bagi ibu hamil

pisang ibu hamil

Saat mengkonsumsi pisang dalam keadaan ibu sedang hamil, ada beberapa manfaat yang bisa didapat. Berikut beberapa manfaat tersebut.

1. Memenuhi kebutuhan akan asam folat

Asam folat dalam pisang sangat dibutuhkan untuk ibu hamil terutama untuk perkembangan janinnya. Tidak usah mencari buah lain yang justru harganya cukup mahal. Kamu bisa memanfaatkan pisang sebagai buah yang rajin dikonsumsi saat hamil.

2. Manfaat pisang mencegah anemia

Salah satu masalah yang sering dialami ibu hamil ialah adanya anemia atau kurang darah. Nutrisi yang dibutuhkan dari makanan yang dikonsumsi ialah zat besi yang nantinya menghasilkan hemoglobin. Nantinya pisang dapat membantu ibu hamil yang mengkonsumsinya agar kebutuhan zat besi hingga hemoglobin terpenuhi.

3. Gangguan pencernaan

Gangguan pencernaan seperti sembelit menjadi masalah yang kerap ditakuti ibu hamil. Hal ini lantaran mereka tidak leluasa dan mudah mengatasi masalah tersebut. Dengan mengkonsumsi pisang, pencernaan sendiri akan berjalan dengan lancar dan baik.

4. Mengatasi Sembelit

Agar tidak terjadi sembelit pada saat kehamilan, anda bisa melakukan pencegahan dengan makan buah pisang. Sembelit bisa terjadi kapan saja pada siapapun termasuk pada wanita hamil, masalahnya terjadi karena melambatnya sistem pencernaan disebabkan oleh perubahan pada hormon.

Baca juga:  Khasiat Kunyit dalam Meredakan Sakit Perut Saat Menstruasi

Masalah ini sebenarnya dapat diatasi secara alami, dengan mengkonsumsi serat sebanyak 25 sampai dengan 30 gram perharinya. Pisang pada satu buahnya memiliki kandungan serat sekitar 2.5 gram, oleh sebab itu pisang menjadi salah satu buah yang bisa dijadikan sebagai pencegah sembelit.

Baca juga: Bergunanya Jahe Merah Bagi Tubuh

Manfaat pisang untuk janin

pisang untuk janin

Sebenarnya topik ini sama saja pada poin-poin di atas, namun disini kita hanya berfokus pada janin. Ada beberapa manfaat buah pisang untuk janin yang harus diketahui seperti berguna untuk perkembangan otak, perkembangan tulang serta melawan infeksi atau bakteri. Berikut beberapa jenis yang harus anda ketahui.

1. Perkembangan otak

Jangan lihat harganya yang murah, ternyata ini punya manfaat luar biasa jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya kandungan asam folat yang terdapat dalam pisang mampu mendukung perkembangan otak dan sumsum tulang belakang pada janin. Hal ini akan mengurangi resiko bayi lahir cacat atau bahkan prematur.

2. Perkembangan tulang

Selain kaya akan asam folat untuk perawatan tubuh, ternyata pisang juga mengandung kalsium yang tinggi. Jika ibu hamil mengkonsumsi atau makan pisang, secara perlahan juga janin akan merasakan manfaatnya. Kalsium yang terkandung dalam pisang akan membantu perkembangan tulang pada janin tersebut.

3. Melawan infeksi

Ada kandungan lain dalam pisang yang pastinya dapat berpengaruh baik untuk ibu dan janin yaitu kandungan vitamin C di dalamnya. Adanya vitamin c dapat membantu dalam proses perkembangan kulit dan dengan adanya antioksidan nantinya mampu mencegah dari adanya infeksi.

Baca juga: Masker Alami Untuk Mengurangi Mata Panda

Baca juga:  Cara Menurunkan Berat Badan Diet Alami Dengan Cepat

Itulah 6 manfaat pisang yang baik ketika dikonsumsi oleh ibu hamil. Baik untuk ibu dan juga janin dan pastinya buah ini mudah kita dapatkan di mana saja. Tunggu apa lagi, yuk makan pisang!

  Diperbarui pada : 16 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com