Cara Menaikan Berat Badan Secara Alami

Cara menaikan berat badan atau menggemukkan
Cara menaikan berat badan atau menggemukkan

Baca Pos – Cara menaikan berat badan atau menggemukkan, cara naikin berat badan, menggemukan atau gemukin badan secara alami. Banyak orang yang kelebihan berat badan hingga memaksa mereka untuk diet, namun tidak sedikit pula yang punya badan kurus dan ingin mencoba menambah berat badan mereka.

Sebaiknya jangan menggunakan cara-cara instan yang bisa saja membahayakan untuk tubuh kita sendiri. Seperti minum obat penambah berat badan yang belum jelas kualitasnya, atau bahkan cara instan lainnya.

Penyebab Utama Berat Badan Menurun

Sebenarnya ada banyak sekali penyebab badan anda kurus atau rendah misalnya disebabkan karena penyakit atau faktor keturunan. Penyebabnya juga bisa disebabkan karena kurangnya perawatan tubuh atau makan dan istirahat yang tidak teratir. beberapa penyebabnya sebagai berikut:

  • Disebabkan oleh gangguan pencernaan seperti Crohn atau penyakit kolitis ulseratif
  • Penyakit lain seperti diabetes, hipertiroidisme dan lainnya
  • Menderita kanker
  • Penyakit anoreksia nervosa yang menyebabkan kurangnya selera makan
  • Akibat psikologis terlalu sering mengalami depresi atau stress
  • Kekurangan gizi
  • Terinfeksi bakteri misalnya HIV dan berbagai bakteri lain
  • Faktor keturunan

Tak hanya itu saja, beberapa penyebabnya bisa terjadi karena efek samping dari obat-obatan yang dikonsumsi seperti obat pelangsing tubuh termasuk obat yang dikonsumsi untuk tujuan diet.

Minum alkohol serta mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba dapat menurunkan berat badan anda secara drastis dan termasuk penyebab anda kurus.

Baca juga: Cara Mengontrol Emosi Dengan Teknik Self Talk

Baca juga:  6 Jenis Sayuran Yang Bagus Untuk Kecantikan Kulit

Cara Menaikan Berat Badan Atau Menggemukkan Secara Alami

Masih banyak kok cara alami dan pastinya mudah dilakukan jika kita memang konsisten dalam berusaha cara menggemukan badan secara alami. Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk menaikan berat badan secara alami. Yuk! langsung simak penjelasan yang dipaparkan berikut ini. Cara gemukin badan

Perbaiki Pola Makanan

Perbaiki Pola Makanan cara menaikan berat badan

Langkah pertama yang harus dilakukan cara menaikan berat badan atau menggemukkan badan ialah memperbaiki pola makan. Pola makan yang seperti apa yang bisa menambah berat badan? Pola makan yang sering dengan jenis makanan yang sehat pastinya. Cobalah untuk membiasakan diri lebih sering untuk makan walau sedikit. 

Misalnya saja yang biasanya satu hari 3 kali, kamu bisa mengubahnya menjadi 5 sampai 6 kali walau dalam porsi yang sedikit. Bisa juga menambah cemilan sehat pada beberapa kesempatan ketika dalam waktu yang santai. Cara gemukin badan

Baca juga: Cara Membuat Masker Lidah Buaya

Pilih Asupan Makan Yang Tepat

Asupan Makan Yang Tepat cara menaikan berat badan

Cara menaikan berat badan secara alami selanjutnya makanan tepat. Jangan asal makan banyak, sebaiknya kamu juga perlu memilih asupan makanan yang tepat dengan nutrisi yang baik untuk proses menambah berat badan. Karbohidrat yang banyak akan menambah jaringan lemak begitu juga dengan makanan yang kaya akan lemak.

Selanjutnya ada protein yang tidak kalah penting untuk menambah massa otot nantinya. Serta ada beberapa mineral dan vitamin mainnya yang sangat mendukung.

Kamu bisa mendapatkan itu semua dari beragam jenis makanan seperti daging, kacang-kacangan, keju dan juga lainnya. Upayakan makan dengan porsi kecil namun sering dan dengan jenis makanan yang beragam pastinya.

Perbaiki Minum

Perbaiki Minum

Cara menaikan berat badan secara alami dengan memperbaiki pola minum. Sebaiknya kamu juga perlu memperbaiki minum dari jenis hingga pola minum yang teratur. Cobalah untuk membiasakan diri untuk minum dengan jenis minuman yang mendukung proses menambah berat badan dan menghindari jenis minuman yang tidak sehat.

Kamu bisa meningkatkan konsumsi air putih dan susu. Tidak lupa pula menjauhi minuman ringan atau bahkan kopi dan jenis minuman lainnya yang bisa berakibat kurang baik pada badan.

Baca juga: Cara Menguruskan Badan Dan Melangsingkan

Baca juga:  Cara Mendapatkan Koin Tiktok Gratis Dengan Mudah

Konsumsi Cemilan Yang Sehat

roti gandum

Cara menaikan berat badan atau menggemukkan badan dengan cemilan sehat. Cemilan dapat membantu menaikkan berat badan jika memilihnya dengan tepat yang mengandung banyak kalori misalnya roti gandum, yoghurt, buah-buahan.

Ada beberapa cemilan yang kurang baik dikonsumsi bagi anda yang ingin menaikkan berat badan misalnya gorengan, pasalnya gorengan mengandung kolesterol yang tinggi karena banyak minyak.

Beristirahat

Beristirahat

Cara menaikan berat badan atau cara menggemukan badan selanjutnya istirahat. Cara lain yang juga penting dilakukan untuk meningkatkan berat badan ialah dengan istirahat yang cukup. Sebaiknya hindari kebiasaan begadang yang berlebihan karena bisa mengurangi keberhasilan dalam proses penggemukan badan. Dengan istirahat yang cukup juga sangat membantu kamu dalam menjaga kesehatan tubuh. Cara gemukin badan

Olahraga

Olahraga

Langkah selanjutnya cara naikin berat badan atau cara menggemukan badan dengan berolahraga secara teratur dan pastinya sesuai dengan kapasitas dan kemampuan secara perlahan. Jenis olahraga seperti sit up, push up, hingga lari bisa kamu coba demi menjaga massa otot. Hal ini akan sangat berpengaruh bagi proses menuju badan yang berisi dan sehat pastinya.

Baca juga: Cara Mengobati Sakit Kepala

Cara Menaikkan Berat Badan Setelah Sakit

Jika anda mengalami sakit tentu menyebabkan tidak selera makan, apalagi jika mengalami dalam waktu yang cukup lama menyebabkan berat badan anda turun. Ketika sembuh, hal yang utama adalah mengembalikan tubuh menjadi normal setelah bangun dari sakit. beberapa makanan yang disarankan mengkonsumsi selama pemulihan dari sakit dapat dilihat pada daftar dibawah ini

  • Tempe
  • Tahu
  • Sup
  • Kuah ayam
  • Susu
  • Keju
  • Yoghurt
  • Buah-buahan misalnya pisang, apel, mangga
  • Sayuran misalnya brokoli, bayam, kentang rebus, dan ubi rebus
  • Kacang
  • Ikan
Baca juga:  Plafon Mobil Kotor? Begini Cara Membersihkan Yang Benar

Ketika anda pulih dari sakit tentu tidak mudah untuk mengkonsumsi makanan karena rasa tidak selera makan terkadang masing ada. Jika anda masih mengalami rasa tidak selera makan setelah sembuh dari sakit, anda bisa menerapkan beberapa tips berikut ini:

  • Konsumsi makanan sehat kesukaan anda
  • Hindari merokok termasuk menghindari asap rokok dan jauhi minuman mengandung alkohol
  • Istirahat dengan baik dan kurangi stress
  • Usahakan berjalan terlebih dahulu sebelum makan, hal ini diyakini mampu menambah nafsu makan

Sebagian orang menambah nafsu makan naikin berat badan menggunakan obat herbal yang dijual dipasaran maupun dijual online untuk keperluan tertentu. Jika anda menggunakan obat-obatan tersebut pastikan berhati-hati.

Pastikan obat yang dikonsumsi tidak menimbulkan efek samping buruk dan pastikan terdaftar di BPOM. Anda juga wajib membaca peraturan cara penggunaan dan ketentuan pada obat tersebut apakah sesuai dengan kondisi anda.

Akhir kata

Cara menaikan berat badan secara alami seperti tersebut di atas akan bisa maksimal jika kita sendiri konsisten menjalaninya. Ingat juga jika proses yang baik akan mendapatkan hasil yang baik pula. Selain sehat, tubuh yang berisi akan membuat kamu semakin percaya diri lho.

  Diperbarui pada : 05 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com