Cara Mengobati Sakit Kepala Dan Migrain Dengan Mudah

Cara Mengobati Sakit Kepala Dan Migrain Dengan Mudah pengobatan rumahan
Cara Mengobati Sakit Kepala Dan Migrain Dengan Mudah pengobatan rumahan

Cara Mengobati Sakit Kepala Dan Migrain Dengan Mudah pengobatan rumahan dan secara alami. Jika Anda sering mengalami sakit kepala atau serangan migrain , Anda mungkin bertanya-tanya apakah ada cara untuk mencegahnya – atau apa yang dapat membantu meredakan nyeri dan gejala lain saat Anda mengalaminya. Meskipun dokter Anda telah meresepkan obat atau perawatan lain, adakah tindakan tambahan yang dapat Anda lakukan sendiri?

Jawabannya iya. Meskipun pengobatan rumahan dan perubahan gaya hidup saja tidak dapat mencegah atau meredakan semua sakit kepala atau serangan migrain , pengobatan tersebut dapat memiliki efek tambahan bila digunakan bersama dengan terapi yang diresepkan oleh dokter.

Memahami apa yang menyebabkan, atau pemicu, sakit kepala dan serangan migrain dapat membantu Anda mengidentifikasi jenis perawatan diri apa yang mungkin mencegahnya.

Sakit kepala tegang , yang menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mempengaruhi lebih dari setengah dari semua wanita dan lebih dari sepertiga dari semua pria di negara maju dan, semakin, mempengaruhi lebih banyak orang di negara berkembang juga, disebabkan oleh otot yang tegang. di bahu, leher, kulit kepala, dan rahang, yang pada gilirannya dapat disebabkan oleh stres, depresi, kecemasan, dan kelelahan, menurut MedlinePlus .

Serangan migrain, yang menurut Migraine Research Foundation mempengaruhi 12 persen orang di Amerika Serikat dan sekitar tiga kali lebih sering terjadi pada wanita daripada pada pria, dapat dipicu oleh perubahan cuaca, kelelahan, stres, kecemasan, kurang tidur, dehidrasi , dan perubahan hormonal (pada wanita), menurut American Migraine Foundation . Serangan juga dapat dimulai dengan melewatkan makan, melakukan olahraga berat, melakukan perjalanan ke tempat yang lebih tinggi, dan, bagi sebagian orang, alkohol atau bahan tambahan makanan monosodium glutamat ( MSG ).

Sebelum Anda mencoba suplemen atau terapi pelengkap lainnya untuk mengobati migrain secara alami atau sakit kepala, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, kata Jennifer Kriegler, MD , ahli saraf dan spesialis sakit kepala di Cleveland Clinic’s Neurological Institute di Ohio.

“Bahkan bahan alami pun memiliki efek samping,” kata Dr. Kriegler. Selain itu, karena suplemen makanan dan herbal tidak diatur oleh Food and Drug Administration (FDA) AS , “apa yang Anda pikir Anda beli tidak selalu apa yang Anda dapatkan,” catatnya. Berikut adalah cara mengobati sakit kepala

Makan Secara Teratur dan Hindari Dehidrasi untuk Membantu Mencegah Sakit Kepala dan Migrain

Cara Mengobati Sakit Kepala Dan Migrain Dengan Mudah pengobatan rumahan secara alami

Cara Mengobati Sakit Kepala Dan Migrain Dengan Mudah pengobatan rumahan secara alami

Cara mengobati sakit kepala dengan menghindari dehidrasi. Melewatkan jam makan atau terlalu banyak waktu di antara jam makan adalah pemicu serangan migrain yang umum . Glukosa darah rendah yang disebabkan oleh tidak makan juga dapat menyebabkan sakit kepala yang bukan merupakan bagian dari serangan migrain.

Memang benar bahwa merencanakan makanan dan kudapan yang sehat membutuhkan upaya, seperti halnya memastikan Anda memakannya secara berkala, hasil dari upaya itu adalah lebih banyak energi dan berpotensi lebih sedikit sakit kepala atau serangan migrain.

Baca juga:  Manfaat Kopi Hitam Dan Efek Samping Jika Diminum

Karena dehidrasi ringan hingga sedang dapat menjadi pemicu serangan migrain atau sakit kepala, biasakan untuk selalu menyediakan air minum setiap saat, terutama selama berolahraga.

Bagi sebagian orang, makanan atau minuman tertentu bisa jadi pemicunya. Menurut Vince Martin, MD , seorang ahli saraf dan direktur pusat sakit kepala dan nyeri wajah Universitas Cincinnati, berbicara di KTT Dunia Migrain 2021 , tiga pemicu makanan yang paling umum adalah MSG dalam bentuk cair (seperti dalam sup), terlalu banyak atau terlalu sedikit kafein, dan alkohol. Buku harian makanan bisa menjadi cara yang baik untuk mengidentifikasi pemicu makanan.

Cara mengobati sakit kepala dan Migrain dengan Feverfew

Mengobati sakit kepala dan Migrain dengan Feverfew

Mengobati sakit kepala dan Migrain dengan Feverfew

Ramuan yang dikenal sebagai feverfew menjadi salah satu cara mengobati sakit kepala atau mengobati migrain secara alami populer sebagai obat migrain pada 1980-an, ketika sebuah penelitian di Inggris menunjukkan bahwa lebih dari 70 persen peserta mengalami nyeri migrain yang lebih sedikit setelah mengonsumsi feverfew setiap hari. Sejak itu, lebih banyak penelitian telah menunjukkan manfaat feverfew dalam mencegah dan mengobati nyeri migrain .

Penelitian yang diterbitkan dalam Investigasi Obat Klinis menunjukkan peningkatan nyeri migrain di antara orang yang mengonsumsi feverfew setiap hari dalam kombinasi dengan willow putih, obat herbal yang mengandung khasiat yang mirip dengan aspirin .

“Feverfew bekerja paling baik sebagai obat pencegahan – tidak seefektif jika Anda mengalami [serangan migrain],” kata Amy Rothenberg, ND , seorang dokter naturopati di praktik swasta di Enfield, Connecticut. “Dan willow putih, sering disebut aspirin alami, bisa menjadi alat yang efektif untuk mengobati sakit kepala migrain.”

Kriegler memperingatkan bahwa jika orang “alergi terhadap aspirin atau mengonsumsi NSAID lain , mereka tidak boleh menggunakan [suplemen] ini”.

Asam Lemak Omega-3 Dapat Mengurangi Keparahan Sakit Kepala

Asam Lemak Omega-3

Asam Lemak Omega-3

Asam lemak omega-3 adalah asam lemak esensial yang dibutuhkan tubuh Anda tetapi tidak dapat diproduksi sendiri. Karena itu mereka harus dikonsumsi dalam makanan.

Makanan yang mengandung asam lemak omega-3 termasuk ikan air dingin liar seperti salmon, cod, dan tuna; biji rami , kenari , dan telur yang diperkaya dengan omega-3.

Omega-3 diketahui memiliki efek anti-inflamasi dan anti-pembekuan darah, yang dapat membuatnya menjadi pelindung terhadap penyakit jantung dan stroke.

Mengkonsumsi lebih banyak makanan yang tinggi asam lemak omega-3 mungkin juga bermanfaat bagi penderita migrain .

Sebuah meta-analisis dari uji coba terkontrol secara acak yang diterbitkan pada November 2018 di Nutritional Neuroscience menemukan bahwa konsumsi asam lemak omega-3 mengurangi durasi serangan migrain sekitar tiga setengah jam, meskipun tidak berpengaruh pada frekuensi atau tingkat keparahan serangan. .

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Pain Agustus 2016 juga melihat peran asam lemak esensial lainnya, omega-6, dalam migrain kronis dan menemukan bahwa mengurangi lemak omega-6 seiring dengan peningkatan konsumsi omega-3 menyebabkan lebih banyak perbaikan sakit kepala daripada mengurangi. omega-6s saja.

Asam lemak omega-6 ditemukan di banyak makanan olahan yang mengandung minyak jagung, biji rami, biji labu, kacang pinus, dan pistachio. Makanan khas Amerika mengandung omega-6 10 kali lebih banyak daripada asam lemak omega-3, menurut Harvard Health Letter , dan banyak ahli percaya bahwa mengonsumsi keduanya dalam jumlah yang sama lebih sehat bagi manusia.

Baca juga:  Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah Wajib Tahu

Magnesium Dapat Mengurangi Frekuensi dan Intensitas Migrain

Magnesium

Magnesium

Magnesium dapat dikonsumsi sebagai suplemen alami untuk mencegah serangan migrain termasuk cara mengobati sakit kepala, kata Nada Hindiyeh, MD, spesialis sakit kepala dan peneliti di Stanford Health Care di Palo Alto, California.

Dalam meta-analisis yang diterbitkan pada tahun 2016 di Pain Physician , magnesium oral terbukti mengurangi frekuensi dan intensitas serangan migrain. Ada juga bukti bahwa magnesium intravena dapat membantu mengurangi keparahan serangan migrain akut dalam waktu 15 hingga 45 menit.

Banyak makanan sehat menyediakan magnesium, termasuk pisang, biji rami, biji chia , biji labu, kacang mete, cokelat hitam , dan sayuran hijau seperti bayam dan lobak Swiss.

Akupresur Dapat Membantu Meredakan Otot Tegang

Akupresur Meredakan Otot Tegang

Akupresur Meredakan Otot Tegang

Akupresur digunakan dalam pengobatan tradisional Tiongkok (TCM) dan dapat meningkatkan ketegangan pada otot leher dan bahu, yang terkadang dapat memicu atau memperburuk serangan migrain atau sakit kepala.

Menurut UCLA Integrative Medicine , akupresur mengirimkan sinyal ke tubuh untuk mengaktifkan mekanisme penyembuhan atau pengaturan sendiri. Ini dilakukan dengan menerapkan tekanan kuat untuk merangsang setiap titik tekanan. Anda dapat melakukan akupresur untuk diri sendiri atau meminta orang lain melakukannya.

Beberapa titik tekanan umum untuk mengobati sakit kepala meliputi:

Kantung empedu 20 (GB20), juga disebut feng chi , terletak dengan meraba tulang mastoid (telinga) dan mengikuti alur kembali ke tempat otot leher Anda terhubung ke tengkorak.
Triple Energizer 3, atau zhong zhu , ditemukan di alur yang dibentuk oleh tendon jari keempat dan kelima, di belakang buku-buku jari.

Pijat Kulit Kepala Dapat Membantu Meredakan Sakit Migrain

Pijat Kulit Kepala Untuk Meredakan Sakit Kepala Migrain

Pijat Kulit Kepala Untuk Meredakan Sakit Kepala Migrain

Cara mengobati sakit kepala dengan pijat kulit kepala jiga termasuk mengobati migrain secara alami. Pijat kulit kepala do-it-yourself mungkin merupakan cara yang efektif untuk meredakan nyeri migrain.

Bagi beberapa penderita migrain, pijat kulit kepala akan meredakan nyeri dengan membantu mengurangi ketegangan dan meningkatkan sirkulasi darah, kata Dr. Rothenberg. “Bagi orang lain, gagasan disentuh di mana saja, terutama di kepala, tidak akan menarik dan bisa membuat rasa sakit semakin parah. Seperti banyak aspek pengobatan alami dan individual, tidak ada yang berhasil untuk semua orang!”

Pijat kulit kepala kemungkinan tidak nyaman bagi penderita allodynia, gejala migrain yang cukup umum di mana orang sangat sensitif terhadap sentuhan dan rangsangan lain yang biasanya tidak menyakitkan. Allodynia bahkan dapat membuat aktivitas normal seperti menyikat rambut atau mengistirahatkan kepala di atas bantal menjadi sangat menyakitkan.

Kompres Dingin atau Paket Es Dapat Membantu Mengurangi Rasa Sakit

Kompres Dingin atau Paket Es Membantu Mengurangi Sakit kepala

Kompres Dingin atau Paket Es Membantu Mengurangi Sakit kepala

Cara mengobati sakit kepala alami dengan cara kompres. Meskipun es dan panas dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit, kebanyakan orang dengan migrain lebih memilih dingin, menurut National Headache Foundation .

Kompres dingin dapat ditempatkan di dahi dan pelipis atau di belakang leher, jika Anda mau. Yang terbaik adalah meletakkan kain di antara kulit Anda dan kantong es; jika Anda menggunakan kompres dingin komersial, pastikan tidak ada kebocoran di mana bahan kimia dapat keluar dan berpotensi membahayakan mata Anda.

Baca juga:  Cara Mengatasi Mulut Pahit Dengan Bahan Alami

Tingkat Vitamin B12 Mungkin Berhubungan Dengan Risiko Migrain

Vitamin B12

Vitamin B12

Bukti mengaitkan tingkat rendah vitamin B12 dengan migrain. Sebuah penelitian yang diterbitkan pada Oktober 2019 di jurnal Headache membandingkan kadar vitamin B12 pada 70 orang penderita migrain dan 70 orang sehat dengan demografi serupa. Peneliti menemukan bahwa tingkat serum B12 secara signifikan lebih rendah pada orang dengan migrain dibandingkan dengan peserta tanpa migrain. Orang dengan tingkat vitamin paling rendah lima kali lebih mungkin mengalami migrain dibandingkan orang dengan tingkat vitamin B12 tertinggi.

Para peneliti juga telah menguji efek suplemen vitamin harian yang mengandung asam folat ( vitamin B9 ), vitamin B6 , dan vitamin B12 pada migrain. Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan pada tahun 2016 di Journal of Headache and Pain , ditemukan bahwa 1 miligram (mg) asam folat yang dikombinasikan dengan vitamin B6 dan B12 kurang efektif dalam mengurangi gejala yang terkait dengan migrain dibandingkan dengan dosis yang sebelumnya diuji oleh Peneliti yang sama, yaitu 2 mg asam folat yang dikombinasikan dengan 25 mg vitamin B6 dan 400 mikrogram (mcg) vitamin B12.

Butterbur Dapat Digunakan untuk Pencegah Migrain

Butterbur Pencegahan Migrain, mengobati migrain secara alami

Butterbur Pencegahan Migrain, mengobati migrain secara alami

Ekstrak dari daun dan akar tanaman butterbur telah digunakan untuk pengobatan migrain .

Sebuah tinjauan bukti pengobatan alami yang diterbitkan pada Maret 2016 di Headache menyimpulkan bahwa butterbur efektif dalam membantu mencegah migrain. Analisis tersebut termasuk uji coba di mana suplemen mengurangi frekuensi migrain hingga 48 persen, dibandingkan dengan 26 persen pada kelompok kontrol.

Berdasarkan studi tersebut, American Headache Society, Canadian Headache Society, dan American Academy of Neurology semuanya merekomendasikan butterbur untuk digunakan dalam mencegah migrain .

American Academy of Neurology kemudian mencabut rekomendasinya karena kekhawatiran tentang toksisitas hati.

Menurut National Center for Complementary and Integrative Health , produk butterbur yang mengandung bahan kimia yang disebut alkaloid pyrrolizidine dapat merusak hati, paru-paru, dan sirkulasi darah, dan kemungkinan menyebabkan kanker. Oleh karena itu, konsumen sebaiknya mempertimbangkan untuk hanya menggunakan produk yang disertifikasi “bebas PA”.

Butterbur biasanya diminum secara oral dan, menurut sebuah artikel di StatPearls , dosis yang dianjurkan adalah antara 50 dan 150 mg. Karena butterbur dapat berinteraksi dengan obat-obatan tertentu, disarankan agar Anda berbicara dengan dokter Anda sebelum meminumnya atau suplemen herbal lainnya.

Cara mengobati sakit kepala dengan Minyak Atsiri

Minyak Atsiri

Minyak Atsiri

Cara mengobati sakit kepala alami atau mengobati migrain secara alami menggunakan Minyak Atsiri. Meskipun tidak ada bukti kuat yang menunjukkan bahwa minyak esensial dapat mengurangi frekuensi atau tingkat keparahan sakit kepala atau serangan migrain, beberapa orang merasa rileks dengan memijat minyak lavender , minyak peppermint yang diencerkan, atau minyak kemangi di pelipis mereka, atau meletakkan beberapa tetes di dalam diffuser. untuk mengharumkan udara.

“Lavender bisa menenangkan, dan apa pun yang mengurangi stres bisa membantu,” kata Kriegler.

Meskipun minyak lavender dapat dihirup atau dioleskan secara topikal, minyak lavender tidak boleh dikonsumsi secara oral karena potensinya dan potensi untuk dikonsumsi terlalu banyak, menurut Cleveland Clinic .

Sebagai pengganti minyak peppermint, teh peppermint yang diseduh dari daun segar atau daun kering juga dapat memberikan efek relaksasi, dan berkontribusi pada hidrasi yang tepat .

“Minyak basil memiliki sejarah panjang sebagai pengobatan rumahan untuk relaksasi dan sebagai analgesik , atau pereda nyeri,” kata Rothenberg. “Ramuan ini bekerja sebagai pelemas otot, jadi sangat membantu untuk sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan dan otot yang tegang.”

Sebelum mengoleskan minyak apa pun ke tubuh Anda, lakukan tes kulit di bagian dalam pergelangan tangan Anda untuk memastikan Anda tidak alergi.

  Diperbarui pada : 05 Mei 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com