Jenis Zat Narkotika, Psikotropika, Adiaktif Yang Mematikan

Jenis Zat Narkotika, Psikotropika, Adiaktif Yang Mematikan
Jenis Zat Narkotika, Psikotropika, Adiaktif Yang Mematikan

Jenis Zat Narkotika, Psikotropika, Adiaktif Yang Mematikan – Hindarilah, menyalahgunakan narkotika, psikotropika, dan zat adiaktif.

Jakarta-Narkotika adalah jenis obat-obatan yang berbahaya, yang dapat membuat orang yang mengkonsumsinya mengalami penurunan, atau perubahan kesadaran, hilangnya rasa nyeri, (apabila orang itu sedang mengalami luka), dan dapat menimbulkan ketergantungan, yang membuat orang tersebut dapat menjadi sangat tergila-gila, gandrung, atau kecanduan, dan apabila orang tersebut tidak mengonsumsi salah satu jenis narkotika itu lagi, dia akan sangat merasakan dorongan kejiwaan yang sangat kuat untuk menkonsumsinya kembali.

Narkotika yang berasal dari bahasa Inggris “narcotics” yang artinya obat bius, dan cara bekerjanya adalah mempengaruhi susunan saraf kita, yang dapat membuat kita tidak akan dapat merasakan apa-apa, bahkan apabila salah satu bagian dari tubuh kita disakiti sekalipun.

Berikut jenis zat atau obat yang menimbulkan kecanduan pada penggunanya

Psikotropika

Psikotropika adalah suatu zat atau obat, yang cara bekerjanya dapat menurunkan fungsi otak serta merangsang susunan syaraf pusat, yang menyebabkan perubahan pada aktivitas mental dan perilaku, sehingga dapat menimbulkan reaksi berupa halusinasi, ilusi, gangguan cara berpikir, perubahan perasaan yang tiba-tiba, dan dapat menimbulkan rasa kecanduan pada pemakainya, orang tersebut akan sangat merasakan dorongan kejiwaan, yang sangat kuat untuk mengkonsumsinya kembali, (“Adiksi” adalah merupakan suatu situasi atau kondisi ketergantungan fisik dan mental terhadap hal-hal tertentu yang dapat menimbulkan perubahan perilaku bagi orang yang mengalaminya.)

Zat adiaktif

Zat adiaktif adalah zat-zat yang dapat membuat orang merasa ketagihan, saat tubuh atau pikiran orang tersebut, dengan buruknya menginginkan atau membutuhkan sesuatu agar dapat bekerja dengan baik.

Baca juga:  Gaya Hidup Yang Berisiko Diabetes Bagi Remaja

Orang tersebut akan disebut sebagai pecandu, apabila orang tersebut memiliki ketergantungan fisik dan ketergantungan psikologis terhadap zat psikoaktif (zat yang bekerja pada susunan saraf pusat secara selektif sehingga dapat menimbulkan perubahan pada pikiran), jika dikonsumsi secara rutin, contohnya tembakau, nikotin, kafeina, alkohol, dan heroin.

Baca juga: Trik dan Tips Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an

Adapun zat adiaktif yang sangatlah berbahaya antara lain adalah bahan-bahan yang alamiah, semi sintetis ataupun sintetis yang biasanya dapat digunakan sebagai pengganti morfin atau kokain yang sangat dapat merusak atau mengganggu sistem saraf pusat. Zat-zat adiaktif adalah zat yang dapat membuat orang kecanduan atau ketagihan, apabila dikonsumsi secara rutin.

Berikut adalah contoh zat adiaktif yang sangat berbahaya

1. Alkohol

Alkohol murni atau alkohol absolut, yang mengandung ethyl etanol adalah merupakan cairan yang biasa digunakan sebagai antiseptik (membunuh atau menghambat pertumbuhan mikro organisme), untuk membersihkan luka dan pembersih alat-alat medis, dan adalah merupakan alkohol yang paling sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

2. Inhalen atau Sniffing

Inhalen / Sniffing (bahan pelarut) merupakan zat organik (karbon/bahan pelarut) dalam bentuk zat organik (karbon), yang dapat menimbulkan efek yang sama persis dengan yang dihasilkan oleh minuman beralkohol atau obat anastesik, akan memabukkan serta menimbulkan ketagihan, apabila aromanya dihisap.

3. Obat anaestetik

Obat anaestetik jika aromanya dihisap, misalnya lem/ perekat, aceton, ether dsb.yang dapat membuat orang tidak sadar, dan menyebabkan amnesia,(Ketidak mampuan untuk mengingat peristiwa untuk jangka waktu tertentu), yang bersifat reversible (kimia) dan dapat diprediksi (diperkirakan).

4. Nikotin

Nikotin sangat mempengaruhi dan dapat mengubah fungsi otak dan tubuh kita, Dalam jangka waktu yang panjang.

Baca juga: Cara Jitu Berhenti Merokok Demi Masa Depan

5. Cafein

Cafein adalah merupakan senyawa alkaloid xantina dengan bentuk seperti kristal dan mempunyai rasa pahit yang dapat bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif(dapat menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental maupun perilaku) dan diuretik ringan(membantu membuang kelebihan air, namun juga dapat merilekskan pembuluh darah),

Baca juga:  Khasiat Kunyit dalam Meredakan Sakit Perut Saat Menstruasi

6. Zat desainer

Zat desainer merupakan zat yang dibuat secara ilegal. Zat ini sangat dilarang pemerintah untuk dikonsumsi, karena zat/ obat-obat tersebut adalah rancangan sendiri yang efeknya serupa dengan narkotika atau psikotropika.

Dampak, pengaruh serta efek narkotika

Pada saat ini bahaya dan dampak narkotika, serta obat-obatan terlarang, yang terjadi pada kehidupan, dan kesehatan para pengguna/pecandu, serta keluarganya adalah semakin meresahkan, Seperti yang sudah kita ketahui, ada beberapa jenis obat-obatan sudah yang termasuk ke dalam jenis narkotika yang sudah biasa digunakan untuk proses penyembuhan, diketahui karena efeknya yang bisa menenangkan.

Baca juga: Cara Menukarkan OVO Point Ke Rekening Terbaru

Namun jika obat-obatan tersebut dipakai dalam jumlah dosis yang berlebih, dapat menyebabkan kecanduan/ketagihan, terjadinya Penyalahgunaan obat-obatan ini, berawal karena si pemakai merasakan efek yang menyenangkan, selanjutnya muncullah keinginan untuk terus-menerus menggunakannya agar bisa mendapatkan ketenangan yang bersifat halusinasi.

Walaupun dampak narkotika sudah diketahui oleh banyak orang, tetapi tetap saja tidak dapat mengurangi jumlah pemakainya.

Berikut adalah dampak, efek dan pengaruh narkotika

Dehidrasi

Penyalahgunaan obat-obatan terlarang tersebut, dapat menyebabkan keseimbangan elektrolit berkurang, yang mengakibatkan tubuh kekurangan cairan.
Apabila efek ini terus menerus terjadi, tubuh akan mengalami kejang-kejang, muncul halusinasi, perilaku lebih agresif, dan adanya rasa sesak pada bagian dada. Apabila dalam jangka waktu yang panjang, dampak dari dehidrasi ini dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

Halusinasi

Halusinasi dapat menjadi salah satu efek yang paling sering dialami oleh para pengguna narkoba seperti ganja. Tidak hanya hanya halusinasi saja, jika digunakan dalam dosis yang berlebih ganja juga bisa menyebabkan muntah, mual, rasa takut yang berlebih, serta gangguan kecemasan, dan apabila penggunaannya berlangsung dalam waktu yang lama, dapat mengakibatkan dampak yang lebih buruk seperti gangguan mental, depresi, serta kecemasan terus-menerus.

Baca juga:  Cara Membuat Masker Untuk Menyamarkan Luka Pada Kulit

Menurunnya Tingkat Kesadaran bagi pengguna yang menggunakan obat-obatan terlarang tersebut dalam dosis yang berlebih, dampak dan efeknya justru akan membuat tubuh menjadi terlalu rileks sehingga kesadaran berkurang dengan sangat drastis, dan di Beberapa kasus si pengguna akan tidur terus dan tidak bangun-bangu, akibat hilangnya kesadaran tersebut akan membuat koordinasi tubuh menjadi sangat terganggu, sering bingung, dan terjadinya perubahan perilaku.

Pengaruh, serta efek narkoba yang cukup dangaat berisiko tinggi adalah hilangnya ingatan, sehingga sulit untuk mengenali kembali lingkungan sekitar.

Kematian

Pengaruh, efek serta dampak narkotika yang paling sangat buruk terjadi apabila sipengguna menggunakan obat-obatan terlarang tersebut dalam dosis yang sangat tinggi atau yang lebih dikenal dengan overdosis.

Penggunaan sabu-sabu, opium, dan kokain juga dapat menyebabkan tubuh kejang-kejang dan apabola dibiarkan berlanjut dapat menimbulkan kematian, dan inilah akibat uang sangat fatal yang harus dihadapi apabila sampai kecanduan/ketagihan narkotika, nyawalah menjadi taruhannya.

Gangguan Kualitas Hidup

Dampak, Pengaruh, serta efek dari Bahaya narkotika bukan saja berdampak sangat buruk bagi situasi dan kondisi tubuh, penggunaan obat-obatan terlarang tersebut juga sangat dapat mempengaruhi kualitas hidup, misalnya tidak dapat fokus atau susah berkonsentrasi saat bekerja, mengalami kesulitan masalah keuangan, hingga sampai harus berurusan dengan pihak kepolisian apabila dapat terbukti melanggar hukum.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Lazada Tanpa Harus Ribet

Penggunaan narkotika dan obat-obatan terlarang, hanya dapat diperbolehkan hanya untuk kepentingan medis, sesuai dengan pengawasan dokter dan juga untuk keperluan penelitian saja.

Selanjutnya, obat-obatan tersebut tidak akan memberikan dampak positif bagi tubuh. Yang ada, kualitas hidup menjadi terganggu, relasi dengan keluarga kacau, kesehatan menurun, dan yang paling buruk adalah menyebabkan kematian.karena resikonya sangat tinggi bagi hidup dan kesehatan, janganlah coba-coba memakai barang berbahaya tersebut.

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com