Trik dan Tips Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an

Trik dan Tips Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an
Trik dan Tips Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an

Ingin Menghafal Al-Qur’an? Ketahui Trik dan Tips Cara Cepat Menghafalnya – Segala sesuatu akan mudah dikerjakan jika memiliki dan tahu ilmunya, sebab sejatinya segala sesuatu didunia ini perlu adanya ilmu. Dengan ilmu dan cara tersebut akan memudahkan untuk melakukan suatu pekerjaan, sebab hasil dari pekerjaan tersebut, tergantung pada cara yang digunakan.

Semakin baik ilmu dan cara yang digunakan, maka akan baik pulalah hasil yang akan didapat dari pekerjaan tersebut. Namun bila dikerjakan dengan cara yang asal, maka tidak menutup kemungkinan hasilnya juga tidak akan maksimal.

Pada kesempatan kali ini, Saya akan memberikan sedikit ilmu ataupun pengetahuan tentang tatacara menghafal Al-Qur’an. Tidak ada jaminan untuk kesuksesan cara ini, tapi mungkin ini dapat membantu ataupun memudahkan sebagian orang. Sebab kita memiliki cara masing-masing yang dianggap baik untuk suatu hal, untuk itu disini Saya hanya berbagi sedikit ilmu yang ada.

Sebelum mulai menghafal Al-Qur’an, alangkah baiknya kita pahami dan pelajari dahulu Al-Qur’an tersebut. Agar kita tahu hal apa saja yang bisa kita dapat dari pekerjaan Menghafal Al-Qur’an, supaya lebih memacu semangat dalam menghafal bahkan mengamalkan isinya.

Al-Qur’an merupakan kitab suci umat Islam yang mulia, bukan hanya itu tetapi juga sebagai petunjuk bagi umat manusia dalam menjalankan kehidupan. Didalam Al-Qur’an tertadapt berbagai ilmu dan pedoman hidup, barangsiapa yang mempelajari dan mengamalkan isinya, niscaya selamat lah ia.

Rasulullah SAW bersabda:

تَرَكْتُ فِيْكُمْ أَمْرَيْنِ لَنْ تَضِلُّوْا مَا تَمَسَّكْتُمْ بِهِمَا : كِتَابَ اللهِ وَ سُنَّةَ رَسُوْلِهِ

“Aku telah tinggalkan pada kalian dua perkara. Kalian tidak akan tersesat selama berpegang kepada keduanya, (yaitu) Kitab Allah dan Sunnah Rasul-Nya”. (HR. Malik & Baihaqy)

Baca juga:  Alasan Uang Cepat Habis, Kenapa Yah? Ketahui Penyebabnya

Hadits diatas memberitahukan bahwasanya Al-Qur’an merupakan sebuah kitab yang berisi jalan kebaikan dan keselamatan, maka bagi siapapun yang mengamalkan isinya akan terhindar dari kesesatan.

Al-Qur’an juga menyimpan banyak manfaat bagi kehidupan, bahkan bagi yang menghafalnya akan diberi kemuliaan oleh Allah. Rasulullah pernah bersabda:

مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ وَعَمِلَ بِمَا فِيهِ، أُلْبِسَ وَالِدَاهُ تَاجًا يَوْمَ الْقِيَامَةِ

“Barangsiapa yang menghafal Al-Qur’an dan mengamalkan isinya, maka akan dipakaikan kepada kedua orang tuanya mahkota pada hari kiamat.”

Hal ini menunjukkan betapa mulia dan dahsyatnya Al-Qur’an, dia (Al-Qur’an) dapat menyelamatkan bahkan memberikan kemuliaan bagi yang menghafal serta mengamalkan isinya atas izin Allah. Bahkan bukan hanya bagi yang Menghafalnya, tetapi juga dapat memberikan syafaat bagi keluarga sang penghafal.

Akan tetapi, sebagian orang tidak mudah untuk melakukan hal itu. Sebab hal yang besar bahkan mulia disisi Allah memiliki tantangan tersendiri, maka dari itu perlu adanya cara untuk melakukannya.

Beberapa cara cepat Menghafal Al-Qur’an yang dapat dilakukan

Disini Mr. Kocay akan membagikan sedikit trik dan tips untuk menghafal Al-Qur’an, mungkin ini dapat membantu teman-teman sekalian. Mari kita baca artikelnya, enjoy reading.

1. Lakukan Pagi Hari

Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an

Pagi hari merupakan waktu fresh untuk melakukan aktivitas, selain suasana yang masih segar, ditambah dukungan dari pikiran dan tubuh yang juga memiliki daya kuat untuk mengingat. Usahakan lakukan setelah selesai shalat Subuh, sebelum memikirkan dan melakukan aktivitas lainnya.

Baca juga:  Cara Cepat Menghafal Al Quran Dengan Baik dan Benar

Baca juga: Tips Membangun Kekompakan Dengan Pasangan

Boleh juga ditemani dengan air putih ataupun kopi sebagai teman, hal ini berguna agar kerongkongan tetap basah. Air putih juga bermanfaat mengembalikan fokus yang mulai kacau, selain itu kopi juga berguna untuk mengusir ngantuk yang datang disela-sela kegiatan menghafal.

2. Lakukan di Tempat Nyaman

Hal ini penting dilakukan supaya konsentrasi tidak terganggu dengan suasana yang dapat mengusik kita, dengan begitu kita dapat fokus dengan hafalan. Lebih baik lagi jika dilakukan ditempat yang sunyi, supaya tidak kebisingan-kebisingan yang ada tidak menggangu.

Untuk hal ini boleh dilakukan dimana saja yang dirasa cukup nyaman dan tidak menganggu, namun alangkah lebih baik jika dilakukan didalam kamar. Sebab dikamar merupakan tempat ternyaman, selain nyaman juga merupakan tempat yang cocok untuk menghafal.

3. Baca Dahulu

Menghafal Al-Qur'an

Baca dahulu ayat/surah yang ingin dihafal, ulangi sampai sampai beberapa kali. Usahakan membacanya dengan pelan dan dihayati, supaya yang kita baca menempel diingatan. Setelah selesai membaca sampai beberapa kali, tutup Al-Qur’an tersebut lalu mulai melafazkan tanpa melihat Al-Qur’an. Dapat dipastikan ada beberapa kalimat yang menyangkut diingatan, dengan begitu lebih mudah untuk menghafal.

Karna pasti ada beberapa kalimat yang kita sudah sering mendengarnya, jadi tinggal kita baca ulang untuk lebih mengingatnya. Dengan demikian, dapat memudahkan kita untuk menghafalnya.

Baca juga:  Contoh Berbakti Kepada Orang Tua Wajib Baca

4. Ulangi Hafalan

Ulangi Hafalan

Jika selesai menghafal Al-Qur’an, maka ulangi lagi bacaan tersebut sampai benar-benar hafal. Ulangi sampai beberapa kali sebelum mengakhiri kegiatan menghafal, hal ini bertujuan untuk memantapkan hafalan diingatan. Jika dirasa sudah cukup melekat diingatan, barulah akhiri aktivitas menghafal. Jangan lupa untuk memohon kepada Allah, agar hafalan tersebut tidak hilang dari ingatan. Hindarilah berbuat dosa (maksiat), sebab ilmu akan mudah hilang karna dosa-dosa yang diperbuat.

Baca juga: Ingin Rumah Tangga Bahagia? Ketahui Rahasianya

Ilmu baru akan mudah hilang jika tidak diamalkan atau diulang, sebab belum begitu lengket diingatan. Bahkan ilmu yang sudah lama dan lengket diingatan pun akan hilang, jika tidak diulang kembali. Maka mengulang ilmu ataupun pelajaran sangat penting, agar ilmu tersebut tetap ada diingatan dan dapat diramalkan dalam keseharian.

5. Terapkan dalam Shalat

Terapkan dalam Shalat

Jika sudah benar-benar hafal diingatan, maka sering-seringlah untuk mengulanginya. Paling tidak dibaca ketika melaksanakan shalat, bahkan bisa diulang setelah melakukan shalat tersebut. Karna dengan seringnya mengulangi (mengingat), maka hafalan tersebut akan melekat dalam ingatan.

Baca juga: Inilah 8 Jenis Bahan Hijab Paling Nyaman, Janagn Salah Pilih

(maaf kata)

Ibarat hewan, ilmu adalah hewan liar. Maka perlu diikat atau dikandangkan, supaya tidak kabur atau hilang. Seperti halnya dengan ilmu, jika tidak diingat atau diaplikasikan, maka ilmu tersebut perlahan akan terlupa ataupun bisa hilang dari ingatan.

Itulah tadi beberapa trik dan tips yang dapat dilakukan untuk menghafal Al-Qur’an, semoga bermanfaat.

See you, Mr Kocay.

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com