Kronologi Reformasi 1998 Aksi Mahasiswa Masa Itu

Dokumentasi mengingat kembali kronologi reformasi 1998 peristiwa aksi mahasiswa
Dokumentasi kronologi reformasi 1998

Bacapos.com – Dokumentasi mengingat kembali sejarah kronologi reformasi 1998 peristiwa aksi mahasiswa. Menjadi seorang mahasiswa merupakan sebuah status yang cukup berat bagiku. Pasalnya, dalam setiap kesempatan mindset yang mendominasi mengartikan bahwa mahasiswa sebagai civitas akademika tentunya di tuntut untuk memiliki kemampuan Analisa yang cukup mumpuni dalam memandang dan menangani kompleksitas masalah yang terjadi di tengah kehidupan masyarakat.

Bahkan isu isu yang bergulir dalam kehidupan berbangsa dan bernegara tak luput menjadi sorotan bagi seorang mahasiswa. Sejarah mencatat dan membuktikan bahwa peran mahasiswa sangat berarti bagi dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara. Teman teman pasti masih ingat peristiwa bersejarah tahun 1998.

Menilik Kembali Masa Reformasi 1998

Peristiwa ini di awali adanya krisis moneter yang terjadi di Asia Tenggara dan di Indonesia tentunya yang terjadi pada tahun sebelumnya, yaitu pada tahun 1997. Dollar naik sehingga singkat cerita masyarakat menurunkan atau bahkan sudah tidak ada kepercayaan lagi pada pemerintahan pada waktu itu. Di tengah tengah ketidakpercayaan masyarakat pada pemerintahan, saat itu di pimpin oleh Soeharto, pada pemilu tahun 1997 Golkar memenangkan Kembali pemilu tersebut.

Masa Reformasi (1998)

Dan ya bisa di tebak, Soeharto Kembali menjabat sebagai presiden republik Indonesia. Coba temen temen telaah. Di saat masyarakat sudah tidak menginginkan berkelanjutannya kepemimpinan pak Soeharto, namun pada saat itu malah pak Soeharto kembali terpilih. Ibarat temen temen sudah merasa eneg ( dari bahasa jawa : sudah tidak mau, benci ) dengan jus pisang, tetapi yang di suguhkan adalah jus pisang lagi. Secara otomastis ada sebuah protes yang di lancarkan.

Baca juga:  6 Zodiak Feminin Yang Dikenal Pandai Merawat Diri

6 Agenda Reformasi 1998

Seperti yang sudah saya tuliskan di awal sebagai intermeso, bahwasanya mahasiswa di tuntut untuk peka terhadap kondisi sosial, baik dalam ruang lingkup keluarga, masyarakat, bahkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kembali kepada masa reformasi 1998, ada 6 agenda reformasi 1998 yang di ajukan. Hal ini menimbulkan adanya demo yang di lakukan oleh mahasiswa, agenda agenda tersebut adalah:

  1. Adili Soeharto
  2. Amandemen UD 1945
  3. Hapus Dwifungsi ABRI
  4. Otonomi daerah seluas- luasnya
  5. Supremasi (Penegakan) hukum
  6. Pemerintah harus bersih dari KKN

Agenda ini di cetuskan atas dasar realitas yang terjadi pada negara Indonesia pada saat itu.

Aksi Mahasiswa dan Moment Penting

Setelah tercetusnya 6 agenda reformasi 1998, terjadi demo besar besaran di kota kota besar yang ada di Indonesia, khusunya di Jakarta. Demo tersebut di lakukan oleh mahasiswa seluruh Indonesia. Gedung DPRD pada tanggal 18 – 20 Mei 1998 berhasil di rampas, di duduki, dan di kuasai oleh para mahasiswa.

Singkat cerita akhirnya moment yang di tunggu, tidak hanya oleh mahasiswa yang demo namun juga oleh masyarakat Indonesia terjadi. Pada tanggal 21 Mei 1998 pukul 09.05 Soeharto mengundurkan diri dari jabatan sebagai presiden dan di gantikan oleh wakil presidennya yaitu, B.J. Habibie. Setelah di gantikannya Soeharto oleh B.J. Habibie masuklah Indonesia ke masa reformasi 1998.

Baca juga:  7 Bahasa Paling Sulit Di Dunia Untuk di Pelajari

Baca juga: Agama dan Nasionalisme dalam Pancasila

Analisa Tipis-tipis

Teman teman bisa memberikan Analisa atas salah satu contoh kronologi reformasi 1998 yang ada di atas dan yang sudah teman teman baca. Andai saja pada waktu itu mahasiswa di Indonesia tidak mempunyai kesadaran yang penuh atas isu isu yang bergulit, atas kejadian kejadian kronologi reformasi 1998 yang terjadi, atas realitas peristiwa yang ada di Indonesia pada saat itu. Kemungkinan besar tidak ada ada catatan sejarah mengenai aksi aksi mahasiswa sebagai contoh Agen Of Change pada waktu itu.

Selain itu, kemungkinan juga masa pemerintahan yang di pimpin oleh Pak Soeharto akan terus berlanjut dan terjadi krisis moneter yang berkepanjangan melanda Indonesia tentunya. Atau bahkan ada periswtiwa peristiwa lain yang terjadi setelah adanya krisis moneter tersebut. Namun realistas berkata lain. Mahasiswa tidak mau berdiam diri. Mahasiswa berani bergerak atas kesadaran diri untuk perubahan Indonesia.

Baca juga: Web Penghasil Saldo Ovo Gratis Dan Tercepat

Peran Mahasiswa

Masih banyak contoh yang menujukkan bahwasanya mahasiswa merupakan penggerak dinamika kehidupan bernegara. sebagai Agen Of Change ( Agen Perubahan ), yaitu mahasiswa mampu memberikan dobrakan, entah besar atau kecil, terhadap realitas kehidupan yang terjadi. Berani dan mampu melangkah dari zona nyaman menuju hal yang lebih baik atas pertimbangan pertimbangan yang di lakukan.

Baca juga:  Ingin Rumah Tangga Bahagia? Ketahui Rahasianya

Selain itu, yang di gaung gaungkan sejak dulu mahasiswa sebagai Agen Of Control, yaitu mahasiswa di harapkan mampu untuk memberikan sikap kritis atas kebijakan dan aturan yang di keluarkan oleh pemerintah dengan Analisa dan pertimbangannya.

Masih banyak hal yang ingin aku ceritakan kepada teman teman. Untuk itu akan aku sambung pada tulisanku selanjutnya.

  Diperbarui pada : 20 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com