Cara Menjadi Muslim Good Looking Versi Rasulullah

Cara Menjadi Muslim Good Looking Versi Rasulullah
Cara Menjadi Muslim Good Looking Versi Rasulullah

Menjadi muslim good looking versi Rasulullah s.a.w – Agama Islam adalah agama yang sangat memperhatikan segala lini kehidupan seseorang khususnya bagi setiap muslim. Seorang muslim sangat dianjurkan untuk menjadi sebuah teladan atau contoh yang baik bagi muslim lainnya bahkan manusia pada umumnya. Baik itu dalam skala spiritual seperti ibadah sholat, puasa dan haji maupun sosial seperti berperilaku, bertutur kata serta hal mendasar seperti berpenampilan.

Ya, berpenampilan merupakan sebuah hal yang menjadi fitrah bagi setiap manusia dalam berkehidupan, seperti memakai pakaian, perhiasan dan sejenisnya pada bagian fisik (tubuh). Berpenampilan memiliki 2 sisi, yakni berpenampilan baik atau biasa dikenal dengan “Good Looking”, yang dimana sangat dianjurkan untuk dipelajari dan dilakukan bagi setiap manusia khususnya muslim.

Bahkan, diharapkan dapat menjadi sebuah habit (kebiasaan) dalam kehidupannya sehari-hari yang dengan itu dapat menimbulkan dampak positif bagi dirinya. Dan sebaliknya, berpenampilan buruk atau kurang baik merupakan hal yang seharusnya dihindari bagi setiap muslim karena akan menimbulkan dampak kurang baik bagi dirinya baik khususnya dalam berkehidupan sosial.

Berpenampilan Baik (Good Looking)

Secara fitrah atau sifat dasar manusia, berpenampilan baik seperti kebersihan, kerapihan dan keindahan menjadi sebuah keinginan bahkan kebutuhan dasar yang harus dipenuhi bagi setiap individu, dimana hal tersebut bertujuan agar menghasilkan sesuatu yang berdampak positif dan bermanfaat bukan hanya bagi dirinya, tapi juga orang lain di sekitarnya. Serta mencegah agar tidak berpenampilan kurang baik yang akya dapat berdampak buruk bagi diri sendiri maupun orang lain di sekitarnya.ibatn

Baca juga:  Trik dan Tips Cara Cepat Menghafal Al-Qur'an

Maka dari itu, Islam datang memberikan sebuah petunjuk atau arahan serta mengajak agar setiap muslim dan umumnya manusia akan caranya menjaga fitrah tersebut dengan baik dan benar.

Sang Pencipta makhluk, Allah S.W.T, sangat mengetahui akan kondisi dan kebutuhan setiap hamba-Nya. Maka dari itu, Allah S.W.T telah memberikan petunjuk atau arahan yang terbaik bagi setiap makhluknya dan telah dicontohkan melalui seorang Rasul-Nya yaitu Nabi Muhammad S.A.W guna dapat diteladani dan dijalankan dalam semua aspek kehidupan, tentunya dengan baik dan benar sesuai serta tidak bertentangan dengan ajarannya.

Baca juga: Konflik Rusia dan Ukraina Berdampak Pada Chelsea

Rasulullah menjadi Teladan dalam Good Looking

Rasulullah menjadi Teladan dalam Good Looking

Dalam hal berpenampilan baik, Rasulullah S.A.W telah memberikan pesan berupa gambaran akan salah satu sifat Sang Pencipta yaitu Allah S.W.T, Rasulullah bersabda, “Dia (Allah) itu suci yang menyukai hal-hal yang suci, Dia Maha Bersih yang menyukai kebersihan, Dia Maha Mulia yang menyukai kemuliaan dan Dia Maha Indah yang menyukai keindahan”. (HR. Tirmizi).

Kemudian Rasulullah S.A.W telah mempraktekan akan hal tersebut dalam kehidupannya. Dimana istri tercinta beliau yaitu Aisyah R.A telah menceritakan bahwa dalam kesehariannya, Rasulullah S.A.W selalu berpenampilan baik (Good Looking) seperti berpakaian bersih, menyisir rambutnya dengan rapih dan memakai wangi-wangian sampai di seluruh bagian tubuhnya.

Juga pernah salah satu seorang Sahabat menceritakan akan penampilan beliau yang sangat indah. Sahabat tersebut sedang memandangi sebuah bulan purnama yang begitu indahnya pada malam hari tepat di depan pintu rumah Rasulullah S.A.W, kemudian seketika Rasulullah S.A.W keluar dari pintu rumahnya dengan keadaan baru selesai mandi dan mengenakan pakaian berwarna merah, lalu Sahabat tersebut melihat beliau dengan mengatakan bahwa Rasulullah S.A.W lebih indah daripada bulan purnama tersebut.

Baca juga:  Zodiak Pekerja Keras Ini Mampu Jalani Dua Profesi

Baca juga: Inilah 8 Jenis Bahan Hijab Paling Nyaman

Sebaliknya, berpenampilan kurang baik seperti berpakaian kotor, berantakan dan bau tidak sedap dari badan merupakan hal yang seharusnya dijahui serta ditinggalkan, terlebih lagi hal tersebut tidak sukai oleh Allah S.W.T dan Rasul-Nya. Hal ini terbukti ketika suatu saat Rasulullah S.A.W melihat seorang Sahabat memasuki masjid dengan kondisi rambutnya yang berantakan, kemudian beliau menyuruh agar Sahabat tersebut merapihkan rambutnya. Tempat dan waktu yang lain, Rasulullah pun pernah didatangi oleh seorang Sahabat dengan pakaiannya yang lusuh atau tidak layak pakai.

Rasulullah mengira bahwa Sahabat tersebut orang miskin, tapi setelah dikonfirmasi, ternyata Sahabat tersebut orang kaya. Lantas Rasulullah pun berkata kepadanya, “Dimanakah bekas nikmat Allah yang nampak pada dirimu?“, kemudian Rasulullah menyuruhnya untuk membeli pakaian yang baru buat dikenakan.

Dari hal tersebut, sudah sangat jelas bahwasannya Allah S.W.T dan Rasulullah sangat menyukai dan menganjurkan untuk berpenampilan baik (Good Looking) serta tidak menyukai dan mencegah seorang muslim untuk tidak berpenampilan kurang baik.

Selain semua itu akan memberikan sebuah hal positif dan menyelamatkan dari hal negatif secara duniawi, seperti diri merasa menjadi lebih baik, fresh, menimbulkan rasa self confidence serta membuat orang disekitarnya tidak nyaman melihatnya, terganggu, menjauh dan justru merasa nyaman didekatnya. Juga yang tidak kalah penting yakni manfaat secara ukhrawi dengan mendapatkan pahala dan kebaikan karena telah mematuhi perintah dari Allah S.W.T dan mengikuti teladan Rasulullah.

Baca juga:  Konflik Sosial Masyarakat, Penyebab Dan Cara Mengatasi

Jadi Muslim Good Looking

Setelah penjelasan beberapa hal tadi, maka kesimpulannya ialah Islam menyukai dan mengajarkan  kepada para penganutnya (muslim) untuk berpenampilan yang baik seperti menyisir rambut, memakai pakaian yang rapih, memakai wangi-wangian dan sebagainya.

Baca juga: 5 Channel Youtube Anak Yang Mendidik

Sebaliknya, Islam tidak menyukai penampilan yang buruk atau hal-hal yang membuat tidak nyaman untuk dipandang seperti  rambut yang berantakan, pakaian yang tidak rapih, bau badan dan semacamnya. Maka yuk mulai sekarang bangga untuk menerapkan Good Looking dan diniatkan untuk menaati perintah Allah dan mengikuti ajaran Rasulullah, maka Insya Allah semuanya menjadi bernilai pahala.

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com