5 Cara Agar Expert di Bidang Pekerjaan

5 Cara Agar Expert di Bidang Pekerjaan
5 Cara Agar Expert di Bidang Pekerjaan

Semakin bertambahnya usia, maka sebagian orang mulai bingung menjalani kehidupan. Selain banyaknya tuntutan kehidupan yang harus dipenuhi, soal pekerjaan juga tidak kalah penting untuk dimiliki. Bingung kedepannya ingin menjadi seperti apa, ingin kerja apa, keahlian apa yang dimiliki.

Hal demikian termasuk wajar untuk orang rentang usia 25 sampai 30 an, sebab mereka tidak tau langkah apa yang awal kali harus dijalani. Mereka masih repot-repotnya mencari penghasilan agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya, dan pada saat yang bersamaan itu juga mereka tidak tau apa kemampuan mereka.

Disamping itu semua, kita juga dianjurkan untuk memiliki beberapa bidang keahlian. Sebab kita tidak bisa secara terus-menerus mengandalkan satu bidang pekerjaan saja, karna kita juga tidak pernah tau kapan pekerjaan itu bisa kita kerjakan.

Lagipula mempunyai beberapa bidang keahlian akan semakin mempermudah hidup kita, sumber pendapatan bisa datang dari keahlian lain yang kita miliki. Dengan begitu, pundi-pundi perekonomian kita akan lebih cepat naik, dibandingkan dengan hanya mengandalkan satu bidang pekerjaan saja.

Jika pekerjaan utama sudah dalam masa pensiun, kita tidak akan stres sebab sudah memiliki cadangan ataupun keahlian di bidang lain. Dengan demikian tinggal menekuninya, tidak perlu bingung-bingung lagi mencari pekerjaan lainnya.

Namun, tidak semua orang di dunia ini pandai dalam menentukan bidang keahlian apa yang ia miliki, ataupun keahlian yang paling menonjol di hidupnya. Berangkat dari permasalahan tersebut, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menentukan keahlian yang dimiliki. Dengan begitu, akan lebih mempermudah untuk masuk ke bidang pekerjaan apa. Langkah-langkahnya cukup mudah, mari kita baca artikelnya & enjoy reading.

1. Buat Pemetaan Kekuatan

Hal yang paling mudah untuk menemukan skill adalah dengan menyebutkan berbagai keahlian yang kita miliki, misalkan ada 10 bidang keahlian yang kita bisa. Dari 10 bidang keahlian tersebut pilihlah minimal tiga bidang keahlian yang paling kita kuasai, dengan begitu kita sudah mengambil langkah awal untuk bergerak maju.

Pemetaan ini bertujuan untuk memudahkan kita dalam mengembangkan skill tersebut, jadi tidak bingung untuk menentukan langkah selanjutnya. Karna hal ini merupakan langkah awal sebuah karir, jadi juga harus dipikirkan betul-betul supaya tidak salah langkah.

Baca juga: Tips dan Trik Mengatur Keuangan Sebagai Mahasiswa

2. Fokus Kembangkan Skill

Cara Agar Expert di Bidang Pekerjaan Fokus Kembangkan Skill

Setelah selesai mengerjakan poin yang nomor satu diatas, maka mulailah fokus untuk mengembangkan tiga skill tersebut. Lakukan minimal satu bidang pekerjaan dua sampai tiga bulan dalam menekuninya, kemudian setelah itu baru lanjutkan untuk menekuninya bidang yang lainnya. Dengan begitu kita tidak terlalu repot mengerjakannya, sebab progres ini sudah kita atur sedemikian rupa diawal.

Mengapa Saya menganjurkan tiga skill? Sebab tidak semua bidang keahlian yang kita miliki akan berlangsung lama, pasti ada batas waktu pensiunnya maka dari itu dianjurkan untuk memiliki beberapa keahlian untuk berjaga-jaga sewaktu-waktu kita tidak bisa lagi mengerjakannya.

Baca juga:  Website Penghasil Uang Jutaan Rupiah Dan Dollar

Baca juga: Tips Agar Tidak Sulit Dapat Kerja, Begini Caranya

3. Perbanyak Jam Terbang

Mencari ilmu ataupun pengetahuan baru sangatlah penting untuk terus menambah wawasan diri, semakin banyak ilmu dan pengetahuan yang kita miliki maka akan semakin terbuka luas pemikiran kita. Perbanyak Jam terbang maksudnya adalah mencari ilmu ataupun pengetahuan dibanyak tempat, lebih sering mencari informasi mengetahui bidang keahlian yang kita miliki.

Apalagi sekarang zaman sudah semakin canggih, jadi mencari ilmu ataupun pengetahuan sangatlah mudah dan jauh dari kata sulit. Cari dari banyak sumber untuk itu, misalnya dari teman, youtube, google, tv, majalah, koran dan masih banyak media untuk mendapatkan pengetahuan tersebut.

4. Asah Terus Keahlian

Asah Terus Keahlian Pekerjaan

Mengasah terus kemampuan adalah suatu hal yang cukup penting dalam segala bidang pekerjaan, sebab dengan itulah keahlian yang kita miliki akan terus melekat dalam diri. Ibarat pisau yang yang selalu diasah, maka ia akan senantiasa tajam. Tapi sebaliknya, jika dibiarkan dalam jangka waktu yang lama maka ia akan berkarat kemudian tumpul.

Baca juga: Ingin Rumah Tangga Bahagia? Ketahui Rahasianya

Maka dari itu, teruslah mengasah kemampuan agar tidak hilang oleh waktu. Misalkan memiliki keahlian menulis maka usahakan setiap hari untuk menulis, boleh apa saja yang penting tetap lakukan keahlian tersebut. Begitu juga dengan keahlian-keahlian yang lainnya. Walaupun tidak ada job untuk itu, setidaknya kita telah merawat keahlian tersebut agar tetap ada pada diri kita.

5. Memiliki Murid

Memiliki Murid Expert di Bidang Pekerjaan

Suatu ilmu, pengetahuan, wawasan ataupun keahlian akan tetap berada diingatan jika diamalkan di dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu, salah satu cara agar kita expert di bidang pekerjaan tersebut adalah dengan mengajarkannya kepada orang lain. Dengan begitu ilmu yang kita miliki tidak akan mudah hilang, bahkan bisa semakin bertambah sebab kita berbagi kebaikan tersebut.

Baca juga:  Bahaya, Hiburan Dunia Gemerlap (Dugem) Wajib Tahu

Karna sejatinya, pengetahuan yang kita miliki akan melekat pada diri kita selama terus diamalkan ataupun diajarkan kepada orang lain. Selain itu, pengetahuan tersebut haruslah bermanfaat bagi diri sendiri maupun orang lain dengan cara kita bagikan kepada mereka.

Baca juga: Cara Cepat Menghafal Al Quran Dengan Baik dan Benar

Mungkin cara-cara diatas dapat diamalkan bagi kita yang masih bingung untuk menemukan bidang keahlian yang kita miliki, semua itu wajar tapi harus kita akhiri untuk hidup yang lebih terarah. Bagi orang yang telah menemukan bidang keahliannya juga cocok untuk menambahnya lagi, karna mustahil seseorang hanya memiliki satu bidang keahlian saja.

Semakin digali, maka kita akan semakin tau keahlian tersembunyi yang kita miliki. Maka dari itu terus gali potensi diri, kembangkan itu semua menjadi sebuah karya bagi diri sendiri dan juga kebaikan untuk sekeliling kita.

Sebab tidak ada manusia terlahir dengan tidak membawa bakat, semua manusia memiliki keahlian dalam dirinya. Tinggal bagaimana ia mencari dan memunculkan itu semua, lalu terus diasah agar semakin berkembang dan berguna bagi kehidupannya. Segera bertindak dan semoga berhasil. Terimakasih…

See you

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com