8 Pekerjaan Untuk Lulusan SMA dan SMK

Ide pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA atau SMK
Ide pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA atau SMK

Bacapos.com – Ide pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMA atau SMK. Anda sedang mencari kerja? saya akan memberikan daftar delapan ide pekerjaan lulusan SMA atau SMK, yang cocok untuk anda. Anda bisa mencoba beberapa diantaranya seperti Staff Administrasi, Pramuniaga, Operator, Keamanan, Sales, Anak Buah Kapal, polisi dan Pramugari.

Kebanyakan dari lulusan SMA/SMK biasanya memilih untuk melanjutkan pendidikan ke bangku kuliah. Akan tetapi banyak juga ternyata yang memilih untuk kemudian bekerja. Hal ini merupakan hal yang biasa terjadi dengan beberapa alasan dan pertimbangan. Tapi jangan khawatir beberapa jenis pekerjaan ini bisa kamu coba, diantaranya:

1. Staff Administrasi / Tata Usaha

Staff Administrasi

Pekerjaan Staff Administrasi dan Tata Usaha me jadi salah satu pilihan yang bisa kamu coba. Beberapa perusahaan biasa merekrut lulusan SMA / SMK untuk mengisi posisi sebagai staff administrasi, begitu pula dengan beberapa sekolah kualifikasi untuk Staff Tata Usaha juga biasanya diambil dari lulusan SMA/SMK.  Bermodal ketrampilan komputer terutama Ms Office yang biasanya sudah diajarkan di sekolah untuk kemudian kamu kembangkan sendiri, dan pelajarilah ketrampilan surat menyurat serta filing yang bisa menjadi nilai tambah.

2. Pramuniaga dan Kasir

Banyaknya supermarket, minimarker atau bahkan mol memberikan peluang lapangan pekerjaan yang banyak. Beberapa diantaranya ialah posisi sebagai pramuniaga dan kasir. Kualifikasi yang dibutuhkan kebanyakan adalah lulusan SMA/SMK, pada posisi kasir sendiri biasanya membutuhkan keahlian komputer untuk menunjang pekerjaannya.

Baca juga:  Aplikasi Penghasil Uang Terbaik Dan Legit

3. Operator Produksi

Pekerjaan Operator produksi menjadi salah satu yang paling banyak diminati. Karena banyaknya pabrik di Indonesia sehingga banyak membutuhkan pekerja terutama sebagai operator produksi, hal ini menjadi peluang besar apa lagi bagi lulusan SMA/SMK yang masih baru atau yang sering kita sebut Fresh Graduate. Beberapa perusahaan besar bahkan biasanya memberikan gaji yang lumayan besar akan tetapi untuk proses rekrutmen sendiri juga biasanya cukup panjang prosesnya.

4. Keamanan/Scurity

Keamanan Scurity

Berbeda dengan yang lain, untuk diterima sebagai Scurity / Keamanan biasanya ada beberapa syarat khusus yang harus dipenuhi salah satunya ialah harus lolos sertifikasi pendidikan scurity. Biasanya ada suatu pusat pelatihan dan pendidikan tersendiri, lama waktu pendidikan sendiri biasanya berbeda pada setiap tahapnya.

5. Sales/Marketing

Jika kamu mempunyai keahlian publik speaking, suka bergaul, pandai bernegosiasi, dan suka tantangan pasti kamu cocok bekerja sebagai sales/marketing. Jangan pandang sebelah profesi ini karena jika kamu telaten dan pintar bisa berpenghasilan yang cukup besar loh, bahkan bisa cepat mendapat promosi jabatan.

6. Anak Buah Kapal (ABK)

Posisi sebagai ABK biasanya diperuntukan bagi laki-laki. Pekerjaan dengan resiko yang besar akan tetapi sebanding dengan pendapatan yang besar pula. Pekerjaan diatas kapal dilaut lepas menjadi tantangan tersendiri bagi seorang ABK.

7. Polisi

Polisi menjadi salah satu incaran banyak lulusan baru, jika kamu ingin mencoba mendaftar polisi maka cobalah untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin. Bisa dilakukan sedari kamu masih duduk di bangku SMA/SMK. Beberapa syarat yang cukup banyak dan proses seleksi yang cukup ketat mengharuskan kamu bisa fokus untuk hal ini.

Baca juga:  Bisnis di Masa Pandemi Perhatikan Hal Penting Ini

8. Pramugara/Pramugari

Menjadi pramugara maupun pramugari pastinya banyak menjadi cita-cita sebagian lulusan SMA/SMK. Dengan gaji yang ditawarkan yang lumayan besar menjadikan profesi ini banyak incaran. Seperti halnya yang lain banyak juga proses dan tahapan seleksi penerimaan hingga dinyatakan diterima.

Beberapa pekerjaan yang bisa kamu coba lamar selepas lulus SMA/SMK, apapun pilihannya jika dilakukan dengan tekun sungguh-sungguh akan dapat hasil yang memuaskan.

  Diperbarui pada : 16 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com