Cara membuat iklan di facebook ads panduan lengkap

cara membuat iklan di facebook
cara membuat iklan di facebook

Cara membuat iklan di facebook ads panduan lengkap yang harus anda ketahui. Pernahkah anda melihat sebuah iklan atau beberapa iklan yang muncul di beranda facebook, itu adalah perusahaan yang beriklan menggunakan facebook ads. Mereka membuat iklan dan mempromosikan iklan itu disitus facebook yang bernama facebook ads. Jika anda ingin seperti mereka maka anda bisa membuatnya agar bisnis anda dapat dilihat oleh semua orang.

Tahu kah anda bahwa dijaman sekarang ini semua masyarakan sudah menggunakan facebook terutama indonesia tanah air kita memiliki pengguna facebook yang sangat besar, jadi anda pasti sudah mengenal facebook sejak dahulu tetapi tidak tahu bagaimana cara membuat iklan di facebook. Artikel ini akan memandu anda melakukan kampanye atau bersponsor seperti perusahan lain yang pernah anda lihat di facebook.

Jika anda berfikir bahwa facebook merupakan media sosial terkenal maka kini mengapa tidak berfikir kalau anda bisa memanfaatkan facebook sebagai media promosi. Facebook menyediakan fitur promosi untuk para pebisnis yang ingin mempromosikan usahanya. Jika anda memiliki usaha misalnya toko online atau website apapun itu bisa mempromosikan menggunakan facebook ads.

Apa itu facebook ads dan bagaimana cara beriklan?

Facebook ads adalah jenis media periklanan milik perusahaan facebook dimana orang orang dapat mempromosikan produk dan usahanya melalui media ini. Ketika anda mendaftarkan suatu bisnis anda maka facebook ads ini akan mempublikasikannya kepada semua pengguna facebook ke seluruh dunia. Bukan harus keseluruhannya tetapi anda bisa menargetkan negara mana dan wilayah mana saja yang anda targetkan untuk menampilkan iklan anda, semua fitur itu ada di dalam facebook ads.

Baca juga:  Cara jualan di shopee agar barang cepat laku terjual

Jika anda mengetahui media periklanan yang bernama google adwords maka hal ini sama, karena keduanya memiliki cara kerja yang sama perbedaannya hanya mereka menyebarkan iklan pada platform mereka masing-masing bahkan keduanya bisa jadi bekerja sama.

Cara membuat iklan di facebook menggunakan facebook ads

Sebelum memulai beriklan di facebook, sudah pasti anda harus memiliki akun facebook yang aktif atau digunakan. Pastikan akun anda adalah real yang selalu aktif bukan akun cadangan atau akun yang dibuat asal-asalan. jika menggunakan akun bodong tentu akan berpengaruh kedepannya.

1. Membuat halaman facebook atau fanspage

Yang pertama anda lakukan adalah membuat sebuah halaman facebook atau fanspage. Fanspage facebook anda harus aktif bukan fanspage yang jarang digunakan atau tidak digunakan. membuat fanspage anda sesuai dengan keteria bisnis anda misalnya toko online, sertakan produk-produk tersebut di dalam fanspage anda.

Lengkapi fanspage anda mulai dari keterangan usaha, penjelasan apapun serta data pribadi seperti kontak agar pengunjung bisa menghubungi anda. Sertakan pula alamat sesuai bisnis anda dan lain sebagainya.

2. Mengunjungi halaman Facebook Ads

Jika langkah pertama sudah selesai, sekarang saat nya anda mengunjungi halaman facebook ads manager supaya anda bisa menerapkan iklan disana, anda bisa mengunjunginya melalui link ini https://www.facebook.com/adsmanager/creation.

Setelah anda mengunjungi maka disanalah tempat untuk menyetel apapun terkait dengan iklan anda. Ada beberapa menu yang mungkin anda belum paham, untuk membuat iklan pilih menu kampanye. Sebelum anda memulai kampanye sebaiknya persiapkan banner iklan anda ataupun video untuk promosi.

Baca juga:  Cara Membangkitkan Semangat Berbisnis Agar Tidak Malas

3. Membuat kampanye iklan

jika anda sudah mempersiapkan banner atau video iklan, sekarang saatnya anda melakukan kampanye yaitu mulai membuat pengaturan iklan di akun facebook ads anda.

Klik tombol kampanye dari halaman depan atau dashboard, kemudian anda akan melihat tombol Buat iklan. Klik tombol Buat iklan lalu pilih tujuan kampanye yang artinya adalah tentang apa tujuan anda beriklan, misalnya tujuannya untuk memperbanyak kunjungan di toko online anda maka bisa memilih sebagai Kunjungan toko.

Kemudian memberi nama iklan anda, ini opsional boleh menggunakannya atau tidak itu terserah anda, jika tidak maka facebook secara otomatis membuatnya dengan nama Kampanye baru. Selanjutnya pilih halaman facebook anda yang sudah disediakan sebelumnya.

4. Pembayaran iklan di facebook ads

Setelah anda menentukan pengaturan iklan untuk diluncurkan secara publik maka sebelum itu facebook akan meminta anda untuk melakukan pembayaran atas kampanye yang anda buat. Anda bebas memilih tarif harga iklan sesuai dengan kemampuan anda namun stiap harga disesuaikan dengan bagaimana cara iklan anda ditampilkan.

Misalnya saja anda beriklan dengan harga yang murah Rp 10.000 ini bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis anda yang hanya menerima beberapa kunjungan saja, semakin besar biaya yang dihabiskan maka semakin besar pula pengunjung yang datang mengunjungi situs anda, begitu juga dengan harga-harga lainnya disesuaikan sesuai dengan keinginan anda.

Baca juga:  Cara Menjual Pulsa Hp Bagi Pemula All Operator

Pembayaran hanya bisa dilakukan menggunakan karti kredit seperti mastercard atau visa. Anda juga bisa menggunakan Jenius BTPN sebagai alat atau menggunakan jasa orang lain.

Kesimpulan cara membuat iklan di facebook

Jika anda sudah membuat iklan difacebook maka sekarang anda tinggal menunggu saja hasil dari kampanye. Ketika kampanye iklan anda sudah berjalan bukan berarti anda harus tinggal diam. Ada tugas tusag yang harus anda lakukan, misalnya membalas komentar setiap pengunjung yang datang, membalah pesan messenger dari pengunjung.

Berbicara lah kepada pengunjung anda dengan ramah dan cepat tanggap agar mereka menrasa nyaman bergabung dengan bisnis anda itulah cara terbaik menjadikan anda sukses.

Pastikan iklan yang anda buat sesuai dengan target sehingga pengunjung anda tidak kecewa ketika berada dalam genggaman anda. Misalnya jika anda mempromosikan suatu produk kecantikan dan ketika pengunjung mengunjungi, bukannya produk kecantikan tetapi produk lain yang tidak sesuai kemauan mereka.

Demikianlah artikel cara membuat iklan di facebook yang bisa anda terapkan untuk membangun bisnis anda menggunakan facebook ads, semoga berhasil dan sukses meraup keuntungan dari bisnis apapun yang anda kerjakan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang membuat iklan di facebook bisa mengunjungi situs resmi mereka.

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com