Cara membuat link whatsapp langsung ke chat

cara membuat link whatsapp
cara membuat link whatsapp

Cara membuat link whatsapp langsung ke chat dengan sekali klik. Di artikel ini saya akan membahas tentang cara membuat link yang apapbila diklik maka akan langsung menuju ke chatting atau membuka aplikasi whatsapp secara otomatis memulai chat tanpa harus menyimpan nomor whatsapp.

Membuat link wa ini sangat pentingan bagi anda yang bekerja online karena membutuhkan nomor kontak atau nomor untuk menghubungi, dengan menggunakan link yang mengarah ke whatsapp akan mempermudah pengunjung website anda menghubungi tanpa harus mencatat nomor tujuan whatsapp.

Link wa ini paling sering digunakan ileh toko online ataupun landing page, karena mereka menerapkannya dengan tujuan order barang sekali klik menuju whatsapp. Jika anda ingin membuat halaman order barang hanya dengan sekali klik menuju wa maka anda harus mengetahui cara membuat link chat wa untuk di terapkan ke website atau toko online anda.

Apa itu link whatsapp

Link wa adalah sebuat tautan atau link yang didalam link itu sudah tertulis nomor whatsapp tujuan yang bisa disertai dengan pesan sehingga ketika orang mengklik link itu secara otomatik menuju chat langsung, jika mereka mengkliknya di andaroid maka aplikasi whatsapp akan terbuka kemudian pesan chat sudah terisi secara otomatis, tinggal mengklik tombol kirim saja itu memudahkan kita untuk merkomunikasi di website.

Baca juga:  Situs Penambah Jam Tayang Youtube Gratis Cepat dan Aman

Langkah-langkah cara membuat link whatsapp

Sebelum memulai cara pembuatan link wa, pastikan anda sudah memiliki akun wa, jika belum anda bisa mendaftarkannya melalui aplikasi whatsapp. Unduh whatsapp di playstore atau kunjungi link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.whatsapp&hl=in&gl=US

Setelah diunduh silahkan mendaftar menggunakan nomor handphone anda yang aktif. Nomor anda wajib aktif karena whatsapp akan mengirimkan kode konfirmasi untuk mengaktifkan akun anda. Setelah berhasil diaktifkan, anda bisa mengatur profil wa anda seperti menambahkan poto profil, membuat nama dan lainnya. Jika semua sudah dilakukan dan anda sudah memiliki akun, sekarang saatnya membuat sebuah link menuju chat langsung hanya dengan sekali klik, berikut adalah caranya:

Membuat link whatsapp secara manual

Yang pertama adalah cara membuat link wa secara manual yaitu dengan membuat sebuah link tanpa menggunakan website generator atau tanpa aplikasi apapun dengan mengetikkan tautan sebagai berikut. Perhatikan link dibawah ini

Contoh link untuk nomor tujuan 081234567890 atau +6281234567890. maka penulisan link nya adalah

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281234567890

Atau bisa menggunakan link yang pendek sebagai berikut

https://wa.me/6281234567890

Ada dua jenis link yang saya sediakan diatas, keduanya itu nemiliki fungsi yang sama untuk mengarahkan kepada aplikasi whatsapp langsung hanya dengan sekali klik. Jika anda ingin mengisi pesan secara otomaris, misalnya dengan pesan

Halo admin
Saya butuh bantuannya

maka cara penulisannya seperti ini:

Baca juga:  Cara Mengatasi Wa Disadap Orang Dengan Mudah

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281234567890&text=Halo%20admin%0ASaya%20butuh%20bantuannya

Jika anda membuat link untuk wa dengan pesan yang berbunyi sebagai berikut:

Nama produk : Baju gamis
Warna : Biru
Jumlah : 1
Harga : Rp160.000

Naka cara menulis linknya seperti ini

https://api.whatsapp.com/send?phone=6281234567890&text=*Nama%20produk*%20%3A%20Baju%20gamis%0A*Warna*%20%3A%20Biru%0A*Jumlah*%20%3A%201%0A*Harga*%20%3A%20Rp160.000%0A

Perhatikan nomor yang berwarna, itu adalah nomor anda. ganti nomor tersebut menjadi nomor wa anda. cara penulisannya harus sesuai dengan contoh diatas. Anda harus menulisnya dengan awalan 62 bukan +62, tanda “+” tidak perlu disertakan.

Membuat link secara otomatis menggunakan Wasap

Jika anda kesulitan memahami cara pembuatannya secara manual yang telah dijelaskan diatas, ada cara lain yang simpel dan mudah yaitu menggunakan wasap atau whatsapp generator.

Pertama yang anda lakukan adalah mengunjungi situs https://www.wasap.at/

Dikolom Nomor hape silahkan isikan nomor wa anda disana diawali dengan 62

Di kolom Pesan silahkan isikan pesan anda, tulis sesuai dengan selera anda. Anda juga bisa mengatur model teks misalnya B (huruf tebal), I (Huruf miring) dan </> (Monospace).

Membuat tombol klik link menuju whatsapp

Setelah anda berhasil menyiapkan link , sekarang giliran kita membuat tombol yang berguna agar pengunjung dengan mudah memulai pesanan dengan cara mengklik tombol.

Membuat tombol di Blogger (blogspot)

Login ke blogger dan masuk ke postingan anda, jika belum memiliki postingan bisa membuat postingan baru.

Kemudian ubah ke tampilan html lalu tuliskan kode ini

Baca juga:  Cara Membuat Stiker WA Di App Wemoji Gampang Banget

<button><a href=”#“>Chat whatsapp</a></button>

Catatan: tanda # ganti dengan link anda, dan tulisan Chat whatsapp ganti dengan tulisan apapun sesuai dengan selera anda.

Membuat tombol di wordpress

Masuk ke wordpress anda lalu buatlah postingan baru jika anda tidak memiliki postingan apapun atau bisa masuk ke postingan yang sudah ada untuk menambahkan tombol.

Di dalam postingan silahkan tambahkan sebuah tombol, kemudian sisipkan link anda kedalam link tombol tersebut lalu klik save atau simpan.

Kesimpulan

Dengan menggunakan link memungkinkan pengunjung website atau blog anda dengan mudah berkomunikasi dengan anda hanya melakukan sati klik tombol yang diarahkan langsung menuju pesan chat. Jika penginjung anda menggunakan perangkat komputer atau leptop maka mereka akan diarahkan ke whasapp web yang terbuka secara otomatis jika sudah menginstalnya di komputer.

  Diperbarui pada : 10 April 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com