5 Tips Mengurangi Kecanduan Gadget Pada Anak

Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak, tips mengurangi ketergantungan gadget
Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak

Baca Pos – Cara mengatasi kecanduan gadget pada anak atau kebiasaan, tips mengurangi ketergantungan gadget. Tidak bisa dipungkiri jika susah sekali untuk kita sebagai orang tua melarang anak untuk tidak menyentuh gadget. Pasalnya kita sendiri juga sehari-hari pasti menggunakan benda tersebut baik untuk bisnis atau hanya sekedar komunikasi dan lainnya. 

5 Cara Mengatasi Kecanduan Gadget Pada Anak

Banyak yang akhirnya merasa putus asa hingga pada akhirnya membiarkan anak untuk menggunakan gadget baik untuk sekedar bermain game atau melihat video Youtube dan lainnya. Setidaknya 5 tips berikut ini bisa kamu terapkan supaya bisa mengurangi ketergantungan gadget pada anak.

1. Buat Batas Pemakaian – Kecanduan gadget

Batas Pemakaian kecanduan gadget

Langkah awal ketika kita ingin membatasi anak bermain gadget ialah dengan membuat batas pemakaian secara jelas. Awalnya kamu bisa membicarakan terlebih dahulu dengan anak akan kesepakatan untuk membatasi penggunaan gadget tersebut. Tentukan beberapa lama anak boleh memegang gadget dan buat anak menyetujui hal tersebut dengan perlahan.

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

2. Menyediakan Mainan lainnya

Menyediakan Mainan lainnya kecanduan gadget

Langkah kedua mengatasi kecanduan gadget pada andak, setelah membuat kesepakatan akan waktu penggunaan gadget, kamu bisa menyediakan mainan lainnya. Hal ini demi mengalihkan perhatian si anak supaya lupa dengan kebiasaan berain gadget.

Usahakan sebelum membeli mainan ini, kamu tanyakan dulu pada anak apakah ia suka atau tidak. Atau kamu bisa membawa mereka ke toko mainan untuk memilih sendiri jenis mainan apa yang mereka sukai.

Baca juga: Cara Usaha Wifi Rumahan

Baca juga:  Ciri-ciri Orang Cemburu Berdasarkan Zodiak

3. Ajak Ia Bermain Di Luar Rumah

Bermain Di Luar Rumah mengurangi ketergantungan gadget anak

Cara berikutnya mengatasi kecanduan gadget pada anak dengan mengajak bermain diluar rumah. Kebiasaan bermain gadget sebenarnya karena kurangnya anak berinteraksi ke luar rumah dan lebih banyak diam di rumah. Sebelum terlambat, cobalah untuk lebih sering mengajak anak bermain diluar rumah. Kamu bisa mengajak mereka bermain sepeda dekat rumah, atau bahkan hanya sekedar jalan-jalan di sekitar komplek rumah. Selain anakan menjauhkan anak dari gadget, kita juga bisa semakin dekat dengan mereka.

4. Carikan Teman Bermain Untuk Anak

Teman Bermain Untuk Anak

Langkah cara mengatasi kecanduan gadget anak selanjutnya adalah bisa dengan mencarikan teman bermain untuk anak karena dengan adanya teman bermain, anak akan lebih memilih teman dan meninggalkan gadget. Kamu bisa mengajak anak tetangga untuk main di rumah atau bahkan sebaliknya, kamu yang bisa mengajak anak bermain dirumah tetangga. Cara ini juga dapat melatih anak untuk belajar bersosialisasi lho.

Baca juga: Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan

5. Konsisten 

Tips mengatasi kecanduan gadget anak dengan konsisten. Hal terpenting lainnya ketika kita ingin menerapkan sebuah aturan membatasi anak bermain gadget adalah konsisten. Konsisten dengan apa yang kita ucapkan dan konsisten dengan apa yang kita lakukan pada anak. Jika kesepakatan awal dengan membatasi anak hanya 1 jam bermain gadget, kita juga harus konsisten untuk menerapkan aturan tersebut. Usahakan kita sendiri juga membatasi waktu kita bermain gadget dan cobalah lebih dekat pada anak.

Tidak ada usaha yang sia-sia jika kita mau mencobanya demi mengurangi kecanduan gadget anak. Sebaiknya 5 tips di atas dilakukan dengan cara yang pelan dan tanpa memaksa demi membuat anak merasa nyaman. Tertarik untuk mencobanya? Tidak ada salahnya kok, yuk mulai dari sekarang.

Diperbarui pada : 07/06/2021

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Berikan komentar

scroll to top

Nulis Artikel Dapat Uang

Yuk! Mulai menulis sekarang

Daftar akun anda dan mulai Menulis artikel di www.bacapos.com. Anda akan mendapatkan 500 Poin setiap 1 Artikel. Poin dapat ditukar menjadi Uang Cash.