11 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh, Wajib Tahu!

Manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh
Manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh

Manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh yang tidak banyak orang mengetahuinya. Apa itu coklat? Coklat adalah hasil olahan dari biji kakao dalam bentuk makanan dan minuman dengan rasa yg manis dan nikmat dimulut.

Cokelat menjadi salah satu makanan dan minuman yg sangat populer di dunia, tidak heran jika fans cokelat sangatlah banyak, namun walaupun begitu, memakan cokelat secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan pencernaan, gigi, ginjal, dll.

Berbagai Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Jika Dikonsumsi

Jadi, memakan cokelat hanya akan memberikan dampak negatif? Tentu saja tidak, masih banyak pula manfaat yg kita dapatkan, jika kita mengonsumsi cokelat. Mau tau lebih lanjut? Yuk simak artikel berikut!

1. Dapat Mengendalikan Nafsu Makan

Cokelat merupakan makanan manis yg mengandung banyak sekali gula dan kalori dan bisa membuat beran badanmu naik, tapi hal itu terjadi jika kita tidak mengontrol nya dengan baik. Cobalah makan cokelat sebelum dan sesudah makan, dengan begitu kamu dapat memberikan efek kenyang jadi lebih lama. Hal ini dapat mengendalikan nafsu makanmu jadi lebih terjaga, dan tentunya dapat menjaga berat badan tetap ideal.

Baca juga:  Akibat Tidak Sarapan Pagi, Inilah Dampak Buruk Akan Terjadi

2. Sangat Baik Untuk Kesehatan Kulit

Manfaat cokelat cokelat ternyata sangat berguna bagi kesehatan kulit, cokelat dipercaya dapat melembutkan kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Hal ini didukung dengan banyaknya produk kecantikan yg menggunakan bahan dasar cokelat.

3. Membuat Moodmu Jadi lebih baik

Manfaat cokelat sangatlah efektif, apalagi bagi kamu yg sedang galau, coba deh makan cokelat, pasti galaumu jadi hilang. Ini dikarenakan rasa cokelat yg enak dan bikin nyaman serta kandungan yg sangat baik didalamnya, sehingga perasaan dan pikiranmu menjadi lega

4. Dapat Memelihara dan Meningkatkan Kemampuan Otak

Mengonsmsi cokelat bisa memelihara fungsi pada otak, sehingga meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Sangat cocok dikonsumsi bagi yg memiliki kemampuan ingat yg sangat lemah, dan dapat menurunkan resiko penyakit demensia atau pikun.

5. Dapat Menurunkan Resiko Terkena Kanker

Antioksidan yg terdapat pada cokelat dipercaya dapat mencegah kerusakan pada sel, yg menjadi salah satu penyebab terjadinya kanker. Hal ini didukung oleh sebuah studi yg menyebutkan bahwa orang yg sering mengonsumsi cokelat memiliki resiko terkena kanker yg lebih rendah dibandingkan orang yg jarang mengonsumsi cokelat.

Baca juga: Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah Wajib Tahu

6. Dapat Memulihkan Otot

Fakta manfaat cokelat selanjutnya adalah cokelat dapat memulihkan otot . Dengan meminum cokelat yg rendah lemak sehabis olahraga, membuatmu mengalami pemulihan lebih cepat dan memperbaiki kinerja otot.

Baca juga:  Cara Menurunkan Berat Badan Diet Alami Dengan Cepat

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Biji kakao sangatlah kaya akan kandungan flavanoid, kandungan tersebut dapat mengurangi resiko penyumbatan darah pada jantung dan dapat melancarkan peredaran darah pada tubuh.

8. Menurunkan Kadar Kolestrol Pada Tubuh

Manfaat selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar kolestrol pada tubuh, oleh karena itu cokelat ini sangatlah baik untuk mencegah penumpukan kolestrol.

9. Mencegah/Menghambat Penuaan

Sama halnya dengan menurunkan resiko terkena kanker, antioksidan pada cokelat juga dapat menghambat kerutan prematur atau garis-garis yg menunjukan penuaan.

10. Memperkuat Tulang

Kandungan kalsium dan senyawa nabati pada cokelat dapat menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis pada usia tua.

Baca juga: Akibat Tidak Sarapan Pagi, Inilah Dampak Buruknya

11. Mengontrol Kadar Gula Pada Tubuh

Manfaat kandungan flavanoid pada cokelat juga bisa mengontrol gula yg masuk ke tubuh, hal itu dapat mencegah resistensi insulin dan diabetes. Namun ada hal penting yg harus diperhatikan, yaitu harus memilih cokelat dengan cermat. Ada beberapa cokelat telah diberi gula tambahan, hal tersebut dapat menyebabkan diabetes jika dikonsumsi secara berlebihan.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi cokelat, tapi perlu diingat tidak boleh mengonsumsinnya secara berlebihan, karena hal tersebut dapat mendatangkan penyakit.

  Diperbarui pada : 20 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com