Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah Wajib Tahu

Beberapa Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah (Gambar oleh sehatq.com)
Beberapa Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah (Gambar oleh sehatq.com)

Beberapa Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah yang wajib diketahui. Cara mengatasi susah tidur dan gelisah sebenarnya ada beberapa hal yang bisa anda lakukan. Sudah tidur serta gelisah merupakan salah satu tanda bahwa anda mengalami insomnia.

Insomnia sendiri merupakan suatu kondisi yang dapat menyebabkan penderitanya susah untuk dapat tidur. Sebenarnya insomnia bukan merupakan sesuatu yang berbahaya, akan tetapi jika terus berlangsung harus menjadi perhatian anda.

Beberapa Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab anda susah tidur. Bisa jadi anda sedang mengalami stres sehingga mempengaruhi kualitas tidur anda. Ketika anda mengalami stres, itu akan terus berlangsung meskipun anda akan tidur pada malam hari. Sehingga stress menjadi salah satu faktor anda susah untuk tidur.
Kebiasaan tidur yang buruk pun dapat mempengaruhi kualitas tidur anda. Waktu tidur yang tidak teratur harus anda hilangkan jika ingin tidur anda berkualitas.Beberapa cara mengatasi susah tidur dan gelisah berikut ini bisa anda coba untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Baca juga:  Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami

Buat Jadwal Tidur untuk mengatasi susah tidur

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan membuat jadwal tidur. Buat waktu tidur dan waktu bangun yang sama setiap hari. Waktu tidur yang tidak tetap membuat tubuh anda selalu dalam kondisi terjaga, yang menyebabkan tubuh selalu berada dalam keadaan tegang.

Hindari penggunaan gadget

Ini merupakan cara mengatasi susah tidur dan gelisah di malam hari. Bukan tidak boleh anda menggunakan gadget hp (handphone) sebagai pelepas lelah, namun masalahnya ini menjadi salah satu faktor penyebab anda kesusahan tidur diwaktu malam. Kebanyakan orang menggunakan handphone entah itu bermain game, chating atau berbagaihal tanpa mengetahui efeksamping dari perilaku itu.

Jika anda menggunakan handphone di tengah malam sebelum tidur, mata anda akan terasa silau oleh layar handphone sehingga rasa ngantuk akan berkurang. Jika rasa ngantuk berkurang maka hal ini membuat anda seusah tidur dan gelisah, sedangkan penyebab gelisah adalah kondisi tubuh anda yang lelah. Jadi ketika tubuh anda lelah butuh istirahat sedangkan rasa ngantuk berkurang, ini menyebabkan susah tidur dan gelisah.

Ciptakan Kamar Tidur Senyaman Mungkin

Kamar tidur juga mampu menjadi salah satu faktor terlelapnya anda saat tidur. Sesuaikan suhu dan pencahayaan dengan kenyamanan anda. Jika suasana kamar anda terasa nyaman, maka akan mudah untuk tidur.
Selain itu, memilih kasur dan bantal juga mempengaruhi kualitas tidur. Pastikan anda menggunakan kasur dan bantal yang nyaman ketika tidur. Sehingga tidak menyebabkan badan ataupun leher sakit ketika bangun tidur.

Baca juga:  Manfaat Jahe Merah Bagi Tubuh Wajib Tahu

Konsumsi Makanan Sehat

Hindari makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi dan karbohidrat kompleks pada malam hari. Karena jenis makanan tersebut berdampak memperberat sistem kerja pencernaan.
Memilih makanan yang sehat juga merupakan salah satu cara mengatasi susah tidur dan gelisah. Anda bisa memilih makanan sehat untuk dikonsumsi pada malam hari, seperti buah-buahan atau susu rendah lemak.

Waktu Relaksasi

Sebelum tidur, anda bisa melakukan yoga atau pilates yang dapat memberikan ketenangan dan kenyamanan pada tubuh. Sehingga akan mudah untuk dapat terlelap. Selanjutnya, bisa juga dengan membaca buku, mendengarkan lagu dengan alunan musik yang lembut akan membuat tidur anda menjadi nyenyak.

Terus Berpikir Positif

Semua masalah yang muncul pada hidup anda bisa disebabkan karena pikiran dan suasana hati. Cemas dan khawatir yang berlebihan akan membuat anda selalu nampak gelisah dan tidak tenang. Hal seperti itu tentunya akan terbawa sampai anda berbaring di tempat tidur.

Bahkan ketika anda terlelap, pikiran alam bawah sadar akan terbawa pada kecemasan berlebihan. Jika anda merasa kesulitan untuk menghilangkan kecemasan, salah satu cara mengatasi susah tidur dan gelisah anda bisa berkonsultasi pada psikiater atau psikolog untuk menjalani psikoterapi.

Konsumsi Obat Sesuai Resep Dokter

Jika anda mengkonsumsi obat-obatan dari dokter, sebaiknya sesuai dengan resep yang dokter berikan. Biasanya, obat penenang atau obat tidur yang diberikan oleh dokter dapat menjadi salah satu cara mengatasi susah tidur dan gelisah anda. Namun pemakaian obat tidur dalam jangka yang panjang dapat menyebabkan gangguan pada tubuh anda. Seperti kecanduan, pusing, perubahan mood bahkan hingga sulitnya untuk berkonsentrasi. Oleh sebab itu, hindari konsumsi obat berlebih dan lakukan sesuai dengan resep dokter.

Baca juga:  Cara Mengobati Sakit Kepala Dan Migrain Dengan Mudah

Akhir kata tentang cara mengatasi susah tidur dan gelisah

Itulah beberapa tips cara mengatasi susah tidur dan gelisah yang bisa anda lakukan. Harap melakukannya ketika anda mengalami kesusahan untuk tidur. Memang tidak semua orang bisa tidur ketika membaringkan tubuhnya tetapi tidur pada waktu malam adalah wajib dilakukan, jangan membiarkan tubuh anda bekerja malam hari dan jangan membiarkan mata anda tetap melek pada malam hari disaat waktunya tidur.

  Diperbarui pada : 21 April 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com