Cara Penggunaan Microsoft Word Penulisan Karya Ilmiah

Cara penggunaan microsoft word yang benar untuk membuat karya tulis ilmiah menggunakan microsoft word
Cara penggunaan microsoft word yang benar untuk membuat karya tulis ilmiah

Baca Pos – Cara penggunaan microsoft word yang benar untuk membuat karya tulis ilmiah menggunakan microsoft word penulisan karya ilmiah. Sebagai seorang siswa atau mahasiswa pasti tidak asing dengan karya tulis ilmiah. Dalam karya tulis ilmiah biasanya terdapat beberapa pengaturan penulisan.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui trik cepat dan mudah penggunaan Microsoft Word, untuk mengatur kertas, font dan lain sebagainya dalam penulisan karya ilmiah. Lalu apa saja trik tersebut? Simak penjelasan berikut ini.

Apa itu Karya Tulis Ilmiah?

Karya tulis ilmiah merupakan kegiatan menulis dengan menerapkan konvensi ilmiah sehingga menjadi hasil karya. Sehingga dalam penulisan nya menggunakan logika berpikir dan gaya bahasa sistematis. Masing-masing karya ilmiah memiliki gaya penulisan yang khas.

Baca juga: Cara Membuat CV Di Hp Android

7 Trik Penggunaan Microsoft Word dalam Penulisan Karya Ilmiah

1. Pengaturan Paper Size

Cara penggunaan microsoft word pertama pengaturan Paper size. Paper Size atau ukuran kertas merupakan bagian dalam aturan penulisan karya ilmiah. Biasanya dalam pengaturan ukuran kertas ini dengan cara: klik Page Layout, kemudian pilih size, dan setelah itu pilih Paper Size. Cara cepat dalam mengatur Paper Size adalah dengan mengklik dua kali pada bagian Ruler pada Microsoft Word. Setelah muncul bagian Page Setup, klik Paper dan sesuaikan Paper Size sesuai aturan penulisan karya ilmiah dan klik Ok.

Baca juga:  Cara Membuat Daftar Pustaka di Microsoft Word

Pengaturan Paper Size cara penggunaan microsoft word

2. Pengaturan Margin

Cara penggunaan microsoft word untuk karya tulis ilmiah adalah Pengaturan Margin. Selanjutnya dalam aturan penulisan ilmiah adalah pengaturan Margin. Biasanya dalam pengaturan Margin adalah dengan cara: klik Page Layout, kemudian pilih Margins, dan setelah itu pilih Custom Margins. Cara cepat dalam mengatur Margin adalah dengan mengklik dua kali bagian Ruler pada Microsoft Word. Setelah muncul bagian Page Setup, klik Margins dan sesuaikan bagian Margin meliputi Top, Left, Bottom dan Right sesuai aturan penulisan karya ilmiah dan klik Ok.

cara penggunaan microsoft word

3. Pengaturan Paragraf dan Spasi

Cara penggunaan microsoft word untuk karya tulis ilmiah berikutnya ialah Pengaturan Paragraf dan Spasi. Dalam mengatur Paragraf dan Spasi ini dengan dua cara. Cara pertama pada menu Home, pada Paragraf, blok paragraf yang akan diatur. Pada bagian Pargraph sesuaikan tulisan apakah Left, Center, Right, Justice. Kemudian untuk spasi dengan cara yang sama, setelah di blok pilih bagian Line and Paragraph Spacing dan sesuaikan dengan aturan penulisan karya ilmiah.

karya tulis ilmiah

Cara kedua untuk mengatur paragraf dan spasi adalah memblok paragraf, kemudian untuk rata kiri pilih Ctrl+L, untuk rata tengah Ctrl+E, untuk rata kanan Ctrl+R, rata kiri dan rata kanan Ctrl+J. Untuk mengatur spasi adalah Ctrl+1 untuk spasi 1.0, Ctrl+5 untuk spasi 1,5, Ctrl+2 untuk spasi 2.

Baca juga:  Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik Tahun Ini

Baca juga: Aplikasi Merubah Foto Jadi Kartun

4. Pengaturan Font

Cara penggunaan microsoft word untuk karya tulis ilmiah dengan Pengaturan Font. Untuk mengatur Font ini ada dua cara, cara pertama pada bagian Home. Blok paragraf yang akan di atur Font nya, kemudian pada bagian Font tuliskan Font yang akan digunakan.

karya tulis ilmiah

Cara kedua blok paragraf yang akan di atur paragrafnya, lalu tuliskan Font yang akan digunakan.

5. Pengaturan Font Size

Langkah ke 5 cara penggunaan microsoft word untuk karya tulis ilmiah. Untuk mengatur Font Size ini ada dua cara, cara pertama pada bagian Home. Blok paragraf yang akan di atur Font Size nya, kemudian pada bagian Font tuliskan Font Size yang akan digunakan.

Cara kedua blok paragraf yang akan di atur paragrafnya, lalu tuliskan Font Size yang akan digunakan.

6. Memaksimalkan bagian Change Case

Cara penggunaan microsoft word dalam penulisan karya tulis ilmiah, penggunaan huruf kapital juga harus benar. Pada bagian home terdapat Change Case, untuk menggunakan nya blok paragraf yang akan diatur kemudian sesuai kan Change Case yang akan digunakan.

Baca juga: Cara merubah PDF ke Word secara Mudah

Sentence case untuk huruf kapital awal paragraf dan setelah titik. Lowecase untuk penggunaan huruf kecil semua. Uppercase untuk penggunaan huruf kapital semua. Capitalic each word untuk penggunaan huruf kapital di setiap awal kata. Toogle Case untuk penggunaan huruf kapital secara acak.

Baca juga:  Cara Membuat Form Dengan Mail Merge

7. Dalam penulisan rumus

Jika dalam karya ilmiah yang anda buat terdapat rumus, maka blok bagian yang akan diubah kemudian gunakan Ctrl+= dan Ctrl+Shift+ +.

Nah, itulah 7 trik yang bisa membantu kamu dalam menggunakan Microsoft Word untuk penulisan karya tulis ilmiah. Dengan 7 trik ini diharapkan dapat membantu memudahkan kalian dalam mengatur penulisan karya ilmiah. Kalian hanya perlu sesuaikan dengan aturan penulisan nya saja. cara menggunakan microsoft word

  Diperbarui pada : 12 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com