10 Makanan Khas Jawa Barat Paling Populer

Kumpulan Makanan Khas Jawa Barat Yang Paling Popuper dan terkenal Dari Dulu Sampai Sekarang termasuk sunda
Kumpulan Makanan Khas Jawa Barat Yang Paling Popuper

Kumpulan Makanan Khas Jawa Barat Yang Paling Popuper dan terkenal Dari Dulu Sampai Sekarang Termasuk Sunda. Jawa Barat adalah salah satu provinsi yang ada di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi Jawa Barat juga dikenal dengan berbagai keanekaragaman dan kekayaan di dalamnya. Salah satunya yaitu makanan khas yang sangat banyak dan tentunya diburu oleh para pecinta kuliner khas daerah.

Sekilas tentang kuliner khas Jawa Barat, ternyata banyak sekali loh jenis dan variannya! Mulai dari yang rasanya pedas, manis, gurih, dan lain sebagainya. Pokoknya, kita bakalan dibuat ketagihan saat mencoba kuliner khas tersebut. Lantas, apa saja sih kuliner khas yang dimaksud? Dan untuk mengurangi rasa penasaran kita semua, berikut akan dibahas 10 kuliner khas Jawa Barat yang terkenal dan banyak diburu. Yuk kita simak bersama dan dapatkan informasi menariknya!

1. Seblak

Seblak makanan khas jawa barat

Ada yang tahu seblak? Yup, seblak adalah salah satu Makanan Khas Jawa Barat asli Indonesia yang dikenal berasal dari Bandung, Jawa Barat. Makanan yang mempunyai rasa pedas bercampur dengan manis ini terbuat dari kerupuk basah yang dicampur dengan sayuran, ceker ayam, makaroni, telur, dan berbagai aneka campuran lainnya.

Salah satu yang menjadi daya tarik seblak adalah adanya penggunaan bahan rempah kencur sebagai ciri khas makanan tersebut. Itulah yang menyebabkan seblak mempunyai aroma khas yang bikin menggoda perut. Pernah coba guys?

2. Batagor

Batagor makanan khas jawa barat

Batagor adalah salah satu makanan khas jawa barat yang juga berasal dari Bandung, Jawa Barat. Makanan yang diadaptasi dari budaya Tionghoa-Indonesia ini sekarang hampir dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Baca juga:  Cara Masak Kari Jepang, Resep Dan Panduan

Batagor sendiri terbuat dari adonan bakso ikan tenggiri yang diisikan ke dalam tahu dengan tambahan kulit pangsit kemudian digoreng. Dan pada akhir penyajian batagor akan disajikan dengan siraman sambal kacang tanah yang khas dan menarik.

Sebagai informasi tambahan, batagor ini merupakan singkatan dari bakso, tahu, dan goreng. Ada yang tahu?

3. Sate Maranggi

Sate Maranggi makanan khas jawa barat

Mendengar kata sate mungkin kita sudah tidak asing lagi bukan? Karena, kuliner sate hampir tersebar di seluruh Indonesia dengan berbagai resep dan ciri khas daerah masing-masing. Salah satu dari kuliner sate tersebut adalah sate maranggi makanan khas jawa barat yang berasal dari Purwakarta.

Sate Maranggi juga dikenal karena penggunaan dagingnya yang cukup unik dan menarik. Sebelum diolah menjadi sate, daging mentah telah diproses marinasi (perendaman) dengan berbagai bumbu sehingga hasil akhirnya relatif tidak terlalu membutuhkan bumbu tambahan sebagai penyedap rasa. Dan hal unik lain daripada sate maranggi ini adalah penggunaan kecombrang dan tepung ketan sebagai bahan tambahannya. Dan hal itulah yang menambah cita rasa dan juga daya tarik tersendiri dari sate maranggi.

Baca juga: Peluang Usaha Makanan Khas Daerah Modal Kecil

4. Awug

Awug

Awug adalah salah satu jenis kue makanan khas sunda yang berasal dari Cimahi. Kue ini pada umumnya berwarna putih dengan campuran warna cokelat disekitarnya.

Sebagai informasi, awug sendiri terbuat dari campuran tepung beras, kelapa, aroma daun pandan, dan tentunya gula merah sebagai pemanis alami. Cara memasaknya pun sangat unik lho! Yaitu, dengan cara dikukus di dalam aseupan (salah satu wadah khas Sunda) yang diberi alas daun pisang. Kue ini biasanya dibuat dan diolah oleh masyarakat lokal saat panen usai sebagai syukuran ataupun acara khusus daerah.

Baca juga:  10 Jajanan Tradisional Paling Diminati Di Pasaran

5. Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung

Peuyeum Bandung adalah salah satu makanan khas jawa barat yang ada di daerah Bandung pastinya. Peuyeum atau yang kita kenal sebagai tapai ini adalah hasil dari proses fermentasi dengan bantuan ragi pada proses pembuatannya.

Peuyeum ini dikenal sebagai makanan yang mempunyai karbohidrat tinggi dan kandungan glukosa yang tinggi pula. Ada yang pernah coba gak nih?

6. Tahu Gejrot

Tahu Gejrot

Tahu gejrot adalah makanan khas jawa barat dari Cirebon, Jawa Barat. Makanan khas kota udang ini terbuat dari tahu dan bumbu lain yang dominan mempunyai rasa pedas.

Tahu gejrot ini terdiri dari tahu goreng yang kemudian dipotong kecil. Dan tentunya terdapat kuah khusus yang bumbunya dari cabai, bawang putih, bawang merah, dan gula sebagai kuah khas tahu gejrot ini. Bagaimana nih, tertarik untuk mencoba?

Baca juga: 10 Jajanan Tradisional Paling Diminati Di Pasaran

7. Karédok

Karédok

Karédok adalah makanan khas Sunda yang sederhana dan cukup mudah untuk dibuat di rumah secara langsung. Cara membuat karédok ini hanya cukup dengan menyiram sayuran mentah menggunakan bumbu kacang. Dan untuk sensasi rasa yang lain, karédok biasanya juga disajikan dengan kerupuk dan wadah yang terbuat dari daun pisang.

Sayuran untuk karédok yang dimaksud tadi biasanya adalah kol, kacang panjang, labu siam, mentimun, bengkuang, daun singkong, maupun lainnya. Sedangkan bumbu yang  dipakai adalah campuran dari kacang tanah dan aneka bumbu dapur.

Baca juga:  Wisata Kuliner Serpong Yang Terkenal Paling Lezat

8. Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom

Nasi Tutug Oncom atau disebut dengan istilah “Sangu Tutug Oncom” dalam Bahasa Sunda adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng ataupun oncom bakar. Penyajian makanan khas jawa barat ini umumnya dalam keadaan hangat karena langsung disajikan saat itu juga.

Tahu gak? Kata “tutug” itu mempunyai arti menumbuk dalam bahasa Indonesia. Yang artinya sudah menjurus pada penjelasan makanan khas Sunda diatas tadi.

9. Surabi

Surabi

Surabi merupakan jajanan pasar tradisional Indonesia yang berasal dari Jawa Barat. Sebagai informasi, ada dua jenis surabi yang dikenal oleh masyarakat. Yaitu surabi yang mempunyai rasa manis karena menggunakan kinca dan surabi yang mempunyai rasa asin karena taburan oncom ataupun dengan bumbu khasnya.

10. Loték

Loték

Kuliner khas Sunda terakhir yang akan dibahas adalah loték. Sepintas loték ini hampir mirip dengan makanan gado-gado, yakni kuliner khas Jakarta yang berupa rebusan sayuran segar yang disiram sambal dan dicampur bumbu kacang.

Baca juga: Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil Jika Dikonsumsi

Dan yang membedakan loték ini adalah bahan tambahannya. Karena disamping bumbu kacang, sering kali juga ditambahkan tempe dan dalam bumbunya ditambahkan terasi, gula merah, dan bawang putih. Secara umum, lotek ini mempunyai rasa yang lebih manis daripada gado-gado.

Penutup

Itulah 10 kuliner khas Sunda yang terkenal dan banyak diburu oleh para pecinta kuliner khas daerah. Cita rasa yang khas dan hidangan yang unik, menjadi daya tarik kuliner Jawa Barat ini. Tertarik gak nih untuk mencobanya?

  Diperbarui pada : 20 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com