6 Jenis Sayuran Yang Bagus Untuk Kecantikan Kulit

Sayuran yang bagus untuk kecantikan kulit serta manfaat untuk perawatan
Sayuran yang bagus untuk kecantikan kulit

Sayuran yang bagus untuk kecantikan kulit serta manfaat untuk perawatan. Alangkah ruginya bagi mereka yang tidak suka mengkonsumsi sayur, karena kandungan nutrisinya punya banyak kegunaan yang baik pastinya. Dari mulai menjaga kesehatan tubuh, mata atau bahkan untuk kecantikan kulit dan masih banyak lagi lainnya. Bahkan banyak sayuran yang sangat enak jika dimasak atau diolah dengan baik dan benar.

Sepertinya bagi kamu yang ingin kulit tampil cantik dan sehat, sebaiknya memanfaatkan beberapa sayur seperti berikut ini. Jangan selalu bergantung dengan obat-obatan yang belum tentu teruji khasiatnya. Apalagi memilih obat yang belum jelas izin penggunaannya yang bisa saja membahayakan kulit kita sendiri.

Melihat berbagai manfaat yang ada, tidak ada salahnya kita memanfaatkan sayur sebagai bahan alami dalam menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Kamu bisa mencoba untuk memperbanyak konsumsi 6 manfaat sayuran untuk kulit berikut ini dan rasakan dengan baik setiap manfaat yang ada di dalamnya.

1. Manfaat Brokoli Untuk Kecantikan Kulit

Brokoli kecantikan kulit

Tidak hanya bentuknya yang unik ternyata sayuran ini punya kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh hingga kecantikan kulit. Sayuran berwarna hijau ini memang menjadi salah satu sayuran yang bisa dimasak dengan berbagai cara. Namun pastinya rasanya sendiri enak jika dimasak dengan benar. Dari mulai tumis atau sekedar direbus, semua tergantung selera masing-masing orang.

Ternyata Brokoli menjadi salah satu sayuran yang patut banget kita konsumsi demi menjaga kesehatan kulit. Pasalnya banyak kandungan di dalamnya yang baik untuk kulit pastinya. Jangan anggap remeh dengan sayuran ini, kamu perlu tahu beberapa fakta terbaiknya.

Kandungan antioksidan dan beberapa vitamin seperti A, C, E dan K sangat dibutuhkan untuk meningkatkan keremajaan dan juga kesehatan kulit. Ada kandungan lain yang juga bisa membantu adanya proses peremajaan sel kulit seperti omega 3 dan folat. Cukup banyak sekali memang nutrisi yang terkandung di dalam brokoli, tidak kalah hebat dengan obat-obatan mahal yang berfungsi menjaga kecantikan kulit dan perawatan kulit.

2. Wortel Berguna Untuk Kecantikan Kulit

Wortel kecantikan kulit

Selanjutnya ada wortel yang menjadi salah satu sayuran yang berfungsi untuk menjaga kecantikan kulit dan perawatan kulit karena kandungan yang ada di dalamnya. Mungkin kita berpikir jika wortel hanya bagus untuk kesehatan mata, nyatanya tidak demikian adanya. Kamu perlu mencoba rutin makan sayuran ini dan rasakan manfaatnya. Selain kesehatan mata terjaga juga punya manfaat luar biasa untuk kulit.

Pada dasarnya wortel sendiri baik untuk kesehatan kulit sehingga dapat meremajakan hingga mempercantiknya. Berguna sebagai antioksidan, sayuran ini memiliki kandungan adanya beta karoten yang dominan yang tidak hanya bagus untuk mata. Adanya vitamin A dan C sangat cocok untuk membantu proses peremajaan kulit.

Vitamin C juga berfungsi untuk mencerahkan kulit, jadi kamu pasti akan dapat banyak hasil dari kebiasaan rutin mengkonsumsi wortel. Tidak melulu harus dimasak, bahkan kamu juga bisa membuat jus wortel yang pastinya sangat enak terutama ketika diminum pada saat keadaan dingin.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Jerawat Membandel

Baca juga:  Cara Membuat Masker Untuk Menyamarkan Luka Pada Kulit

3. Manfaat Sayuran Bayam Untuk Kulit

Bayam

Sayuran hijau berikutnya yang juga baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit ialah bayam. Siapa sangka jika kita dapat mengkonsumsi sayuran ini secara teratur, kulit kita dapat bercahaya dan terlihat lebih cantik. Kandungan dari mulai vitamin A dan C dapat menjadi antioksidan yang baik nantinya. Bayam juga diyakini untuk mengurangi timbulnya keriput dan juga bisa melunturkan racun.

Selain nutrisi yang terkandung di dalamnya bagus untuk kulit, bayam juga punya efek yang bagus untuk kesehatan rambut. Vitamin A yang terkandung dalam bayam nantinya akan berpengaruh dalam hal menyeimbangkan produksi minyak di dalam pori-pori kulit hingga rambut.

Banyak yang menjadikan bayam sebagai sayuran pelengkap makan siang, namun tidak sedikit pula yang mengolahnya menjadi jus hingga keripik bayam. Yang terpenting sendiri ialah cara memasaknya yang benar agar kandungan yang ada pada bayam tidak hilang sia-sia.

Baca juga: Cara Menaikan Berat Badan Secara Alami

Bayam juga jenis sayuran yang murah dan mudah sekali dicari di sekitar kita pastinya. Kamu bisa membuat sayur bening dengan campuran jagung. Atau kamu bisa menumisnya bersamaan dengan tempe. Tapi perlu diingat jika kamu sebaiknya tidak mengkonsumsi bayam ketika sudah terlalu lama dari waktu memasaknya.

4. Kangkung

Kangkung manfaat sayuran untuk kulit

Sama halnya dengan bayam, sayuran berwarna hijau yang banyak dikonsumsi orang ini juga dapat menjaga kesehatan kulit dan juga Kecantikan Kulit. Dari mulai Vitamin A hingga beta karoten serta zat besi sangat dibutuhkan oleh kulit dalam proses peremajaan dan juga menjaga kesehatannya. Seperti kita tahu jika vitamin A sendiri dapat membantu proses peremajaan kulit termasuk didalamnya kulit wajah. Pastinya ini akan kamu butuhkan sekali. Sedangkan betakoroten dalam kangung juga bisa menjadi salah satu nutrisi yang berfungsi menjaga kesehatan kulit.

Tidak usah jauh-jauh mencari obat untuk membantu menjaga kesehatan kulit, coba lah untuk memanfaatkan kangkung yang cukup mudah ditemukan. Bahan alami yang patinya aman dan dapat diolah dengan beragam jenis masakan yang enak pastinya.

Sayuran yang satu ini juga punya harga yang murah dan gampang sekali ditemukan disekitar kita pastinya. Cara memasak sayuran ini sendiri cukup mudah dilakukan, bahkan dalam waktu yang singkat hanya dalam hitungan menit. 

5. Tomat

Tomat manfaat sayuran untuk kulit

Sama halnya dengan sayuran lainnya, kandungan vitamin C dalam tomat juga dapat membantu dalam proses peremajaan kulit. Zat ini juga dapat merangsang timbulnya kolagen dalam proses meremajakan kulit. Ada zat lainnya seperti likopen yang dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang dapat merusak.

Kandungan likopen sendiri cukup penting demi menjaga kesehatan kulit terutama kulit wajah. Mengkonsumsi jenis sayuran ini juga bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk memasaknya dengan beberapa sayuran lainnya. Atau kamu bisa mengolahnya menjadi jus tomat yang pastinya sangat enak.

Akan tetapi jika kamu ingin mendapatkan kandungan likopen yang banyak dari tomat, sebaiknya masak terlebih dahulu. Karena dipercaya jika kandungan likopen pada tomat dapat jauh berkali-kali lipat jika bersentuhan dengan panas. Pastinya untuk rasanya sendiri juga tak kalah enak dengan yang belum dimasak.

Baca juga: 13 Produk Perawatan Kulit Dan Wajah Alami

Baca juga:  13 Produk Perawatan Kulit Dan Wajah Alami Terbaik

6. Sawi

Sawi

Masih dengan sayuran hijau yang pastinya punya fungsi yang baik untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan kulit karena kandungan vitamin A dan Enya, terutama pada sayuran sawi yang pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Sayuran yang mudah dimasak dan ditemukan di sekitar kita ini punya harga yang cukup murah. 

Memasak sawi juga ternyata tidak sulit, kamu hanya perlu menumisnya bersamaan dengan sedikit air sampai matang. Tambahkan cabai hingga bawang merah demi menciptakan rasa yang enak pastinya. Bahkan ketika kamu hanya merebusnya dan memakan bersamaan dengan sambal juga enak lho.

Itulah 6 manfaat sayuran untuk kulit yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan juga kecantikan kulit kamu. Sayuran ini sangat mudah ditemukan disekitar kita pastinya. Harganya juga sangat-sangat terjangkau pastinya, yuk kapanlagi. Segera manfaatkan beberapa sayuran tersebut demi menjaga kesehatan dan juga kecantikan kulit kamu.

  Diperbarui pada : 20 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com