Kebiasaan Teman Ngobrol di Jam Kerja? Begini Mengatasinya

Cara menolak teman yang mengajak ngobrol di jam kerja, teman yang ajak bicara saat kerja
Cara menolak teman yang mengajak ngobrol di jam kerja

Baca Pos – Cara menolak teman yang mengajak ngobrol di jam kerja, teman yang ajak bicara saat kerja. Mempunyai banyak teman kerja di kantor memang mengasyikan, selain bisa menjadi teman curhat juga bisa membuat suasana tidak bosan ketika bekerja.

Banyak teman kerja yang terkadang sudah layaknya seperti keluarga sendiri karena intensitas pertemuan yang bisa dibilang sering. Keakraban yang terjalin membuat suasana kantor dan juga semangat kerja bertambah.

5 Cara Menolak Teman yang Mengajak Ngobrol di Jam Kerja

Banyak kebiasaan-kebiasaan seru yang biasa dilakukan bersama salah satunya ialah ngobrol bersama. Terkadang ngobrol bersama teman satu kerjaan bisa sedikit mengurangi rasa bosan ketika bekerja akan tetapi seharusnya ada batasan tersendiri ketika situasi tersebut tidak tepat, seperti misalkan ketika kita dalam posisi sedang sibuk bekerja.

Ada baiknya kita menolaknya dengan cara halus, adapun cara halus yang bisa kita lakukan diantaranya:

Baca juga: Punya Pacar Sibuk? Begini Cara Menghadapinya

1. Menolaknya dengan sedikit candaan

Menolaknya dengan sedikit candaan

Ketika pekerjaan menumpuk dan dihadapkan dengan target serta tekanan dari atasan, terkadang kita membutuhkan ketenangan dalam bekerja dan juga membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Dalam posisi tersebut kita terkadang merasa kesal dengan teman yang mengajak ngobrol kita.

Baca juga:  Keuntungan Bekerja Freelance Yang Harus Kamu Pahami

Memang terkadang kita dihadapkan pada posisi yang serba salah, ingin menemaninya takut pekerjaan tidak selesai sementara ingin menolaknya juga tidak enak.

Baca juga: Tips Mengatur Pekerja Saat WFH

Akan tetapi ada cara mudah untuk menolak ajakan teman ngobrol untuk mengobrol diwaktu kerja ialah dengan sedikit candaan supaya ia tidak tersinggung. Kita bisa seolah-olah mengatakan jika ada atasan sehingga secara tidak langsung bisa mengagetkan teman kita untuk kemudian bergegas untuk kembali bekerja.

2. Ajak teman ngobrol di lain waktu

Ajak ia ngobrol di lain waktu

Cara lain yang bisa dicoba ketika menolak ajakan teman ngobrol atau teman mengajak bicara di waktu kerja ialah dengan memberikan pengertian kepadanya kalau posisi kita sedang dalam keadaan banyak pekerjaan dan kita bisa kasih saran kepadanya untuk ajak ngobrol di lain waktu.

Walaupun terlihat mudah akan tetapi perlu hati-hati dalam memberikan pengertian kepada teman kita karena salah-salah kita biasa saja membuatnya tersinggung sehingga hubungan menjadi kurang baik.

3. Beri alasan yang logis untuk menolak teman ngobrol

Kita bisa menolak ajakan teman ngobrol diwaktu kerja dengan memberinya alasan yang logis ketika menolaknya. Sebaiknya jangan katakan sesuatu yang bertele-tele karena terkadang teman kita akan sedikit kesal dengan kita karena hal tersebut.

Perbuatan yang dilakukan sebenarnya tidak baik akan tetapi ada baiknya kita tidak bertindak kasar dan semena-mena terhadapnya karena walau bagaimana ia tetap teman kita yang harus kita jaga perasaannya.

Baca juga:  Cara Mendapatkan Tiket Custom Room Free Fire

Baca juga: Cara Usaha Wifi Rumahan

4. Minta maaf kepadanya kalau kamu sedang sibuk

Cara yang paling tepat ketika kita ingin menolak ajakan teman ngobrol untuk mengobrol ketika bekerja ialah dengan cara memberi pengertian kepadanya. Dalam memberi pengertian hendaknya mulai dengan permintaan maaf terlebih dahulu sebelum mengatakan jika kita sedang sibuk dan tidak bisa menemaninya.

Dengan permintaan maaf diawal, teman tidak akan merasa tersinggung karenanya. Perlahan dia akan mengerti dan mencoba memberi waktu untukmu menyelesaikan pekerjaan dulu.

5. Ajak dia mengerjakan pekerjaannya juga

Cara yang lain untuk menolak ajakan teman untuk mengobrol ketika jam kerja adalah dengan mengajaknya menyelesaikan pekerjaannya juga. Sebaiknya dengan perkataan yang lembut dan sopan, supaya tidak terkesan menyuruhnya sehingga membuat teman kita merasa tersinggung.

Baca juga: Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil

Bisa juga dengan membuat suatu perjanjian dengannya untuk sedikit menyemangatinya dalam bekerja, seperti misalnya jika pekerjaan sama-sama bisa selesai tepat waktu akan makan bersama dan mengobrol lebih lama setelah pulang kantor.

Kesimpulan

Itulah 5 cara halus yang bisa dicoba untuk menolak teman kantor yang suka mengajak ngobrol diwaktu kerja. Posisi yang serba salah antara tugas pekerjaan yang menunpuk dan ajakan teman yang sulit kita tolak membuat kita harus pintar-pintar memutar otak untuk menolaknya dengan halus supaya tidak tersinggung.

Baca juga:  Cara Suami Mendukung Istri di Kehamilan Pertama

Diperbarui pada : 09/06/2021

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Berikan komentar

scroll to top

Nulis Artikel Dapat Uang

Yuk! Mulai menulis sekarang

Daftar akun anda dan mulai Menulis artikel di www.bacapos.com. Anda akan mendapatkan 500 Poin setiap 1 Artikel. Poin dapat ditukar menjadi Uang Cash.