10 Jajanan Tradisional Paling Diminati Di Pasaran

Jajanan Tradisional yang hits dan terlaris di pasar
Jajanan Tradisional yang hits dan terlaris

Jajanan Tradisional yang hits dan terlaris di pasar dan paling diminati. Di zaman modern seperti sekarang ini, aneka makanan yang diperjualbelikan di pasaran tentu saja sangat beraneka ragam sesuai bentuk, cita rasa dan harganya, bukan? Namun, tahukah Anda bahwa masyarakat Indonesia juga tak ketinggalan dengan aneka jajanan trasisional yang masih melegenda sampai sekarang. Dengan ciri khas yang unik dan bercita rasa yang lezat, para pecinta jajanan tradisional ini pasti akan ketagihan untuk kembali membeli jajanan murah yang satu ini untuk dinikmati bersama keluarga atau teman terdekat.

Sebenarnya apa sih Jajanan Tradisional itu?

Jika membahas mengenai jajanan tradisional, Anda tentu akan menyebut dengan berbagai makanan yang dijual di pasar tradisional, bukah? Ya, jajanan tradisional merupakan berbagai makanan yang terbuat dari bahan – bahan tradisional dan umumnya diperjualbelikan di pasar – pasar tradisional di Indonesia. Umumnya, jajanan yang dijual dengan harga ramah kantong ini tersedia dengan cita rasa asin maupun manis. Sehingga, masyarakat bebas memilih jajanan tradisional sesuai dengan keinginannya.

Macam-macam Jajanan Tradisional Terlaris di Pasar

Di pasar tradisional sendiri, Anda tentu akan menemui berbagai jajanan tradisional dengan berbagai bentuk dan cita rasa lezat seperti berikut ini :

Baca juga:  Inilah Berbagai Makanan Terhits di Bandung

1. Onde-onde Jajanan Tradisional

Onde-onde jajanan tradisional

Sejenis kue jajanan tradisional umumnya terbuat dari bahan dasar tepung ketan dan tepung terigu dengan isian didalamnya berupa kacang hijau. Biasanya, pembuatan jajanan hits yang melegenda ini dibentuk dalam bulatan-bulat seperti ukuran bola pingpong lalu selanjutnya digoreng. Setelah itu, bulatan onde-onde ini akan dibalurkan ke campuran wijen yang menambah rasa nikmat di dalamnya.

2. Kue Talam Jajanan Tradisional

Kue Talam jajanan tradisional

Orang Jakarta pastinya sudah tidak asing ketika mendengar Jajanan Tradisional yang sangat populer khas Betawi ini. Ya, kue talam ini merupakan jajanan kuliner yang banyak ditemukan dalam acara arisan ibu-ibu perumahan. Dengan cita rasa yang manis lebit dan teksturnya yang kenyal, membuat kue talam ini semakin digemari oleh kalangan masyarakat sekitar. Bahan utama dalam pembuatan kue talam ini yakni perpaduan dari tiga bahan antara tepung sagu, tepung beras dan perasa pandan.

Baca juga: Peluang Usaha Makanan Khas Daerah Modal Kecil

3. Bikang

Bikang jajanan tradisional

Di wilayah Jawa, terutama Jawa Tengah banyak sekali masyarakat yang menjual sejenis Jajanan Tradisional bernama bikang ini. Bahkan, kue ini sering kali disebut dengan nama Coro Bikang atau Coro Bikan. Dengan tampilan kue yang berwarna merah muda, hijau dan coklat ini rasa yang disajikan oleh kue bikang ini yakni manis. Adapun bentuknya rata-rata terlihat bundar dan sedikit mengembang di bagian tengahnya.

4. Kue Bugis Ketan

Kue Bugis Ketan jajanan pasar terlaris

Menjadi salah satu jajanan khas Sulawesi, membuat kue bugis ketan ini semakin populer hingga sekarang. Dengan bahan dasar parutan kelapa, gula jawa dan berbagai bahan lainnya, membuat kue ini memiliki cita rasa yang lembut, enak dan manis saat disantap. Umumnya, kue bugis ini hampir dikatakan mirip dengan kue dari daerah Jawa yang bernama kue mendut.

Baca juga:  Wisata Kuliner Serpong Yang Terkenal Paling Lezat

5. Serabi

Serabi jajanan pasar terlaris

Dikatakan hampir mirip dengan kue cucur, kue serabi ini biasanya terbuat dari bahan dasar tepung beras, santan dan kelapa parut. Banyak sekali masyarakat yang membeli kue serabi ini sebagai oleh-oleh untuk keluarga, teman atau sahabat ketika pulang dari daerah Solo maupun Bandung. Untuk cita rasa yang dihasilkan serabi ini yakni manis dan gurih yang dihasilkan dari parutan kelapa di dalamnya.

6. Wajik

Wajik jajanan pasar terlaris

Jajanan tradisional Jawa Tengah dan Jawa Timur selanjutnya yakni wajik dengan banyaknya variasi yang dibuat oleh masyarakat setempat. Bahan dasar dari pembuatan wajik ini yakni menggunakan beras ketan yang kemudian dikukus bersama dengan santan dan gula merah. Dengan cita rasa manis yang legit, mampu membuat para penikmatnya tergoda untuk mencicipi makanan ini sebagai teman ngopi di sore hari.

Baca juga: Cara Mendapatkan Koin Tiktok Gratis Dengan Mudah

7. Lumpia

Lumpia

Tak hanya jajanan tradisional bercita rasa manis saja, kini ada jajanan pasar terlaris populer bercita rasa asin yang juga banyak digemari oleh kalangan masyarakat. Ya, lumpia ini merupakan makanan khas daerah Semarang yang terbuat dari tepung gandum yang dijadikan kulit dengan isian berupa telur, rebung, sayuran segar, daging maupun berbagai makanan laut. Cara pembuatan lumpia ini yakni digoreng dan biasa disajikan bersama saus maupun cabai.

8. Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit

Sering kali dijadikan sebagai oleh-oleh masyarakat Indonesia, membuat kue lapis legit ini semakin melegenda hingga sekarang. Dengan teksturnya yang legit dan bentuknya yang terlihat berlapis-lapis, membuat semua orang yang mencicipinya akan tergoda dengan makanan yang satu ini. Namun, proses pembuatan kue lapis legit ini membutuhkan ketelitian yang baik lantaran setiap lapisannya harus menggunakan proses memasak yang berbeda.

Baca juga:  7 Makanan Paling Ekstrim di Dunia, Berani Coba?

9. Semar Mendem

Semar Mendem

Nama unik jajanan tradisional yang hits satu ini pasti sering Anda dengar di kehidupan sehari-hari, bukan? Ya, semar mendem ini merupakan jajanan tradisional sejenis lemper, namun tidak dibungkus daun pisang. Sebab, semar mendem ini umumnya dibungkus dengan menggunakan dadaran yang terbuat dari campuran telur dan tepung terigu. Untuk isian dari semar mendem ini yakni berupa cincangan daging ayam. Biasanya, kue ini disajikan dengan balutan aren atau santan kelapa yang kental di atasnya.

Baca juga: Mau Menaklukan Hati Cewek Polos? Begini Rahasianya

10. Misro

Misro

Bagi Anda pecinta kuliner jajanan tradisional, tidak ada salahnya mencoba misro yang berasal dari daerah Bandung, Jawa Barat yang satu ini. Dengan bahan dasar utama singkong parut, gula merah dan tepung tapioka, misro ini biasanya diberi isian berupa sambal oncom dan gula. Dengan cita rasa yang manis dan gurih, membuat misro kini semakin digemari oleh para pecinta kuliner di berbagai tempat.

Itulah sedikit informasi penting bagi Anda mengenai berbagai macam jajanan tradisional yang hits bercita rasa yang menggugah selera para penikmatnya.

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com