Cara Mengubah Kebiasaan Buruk Jadi Lebih Baik

Cara Mengubah Kebiasaan Buruk Jadi Lebih Baik
Cara Mengubah Kebiasaan Buruk Jadi Lebih Baik

Bacapos.com – Cara Mengubah Kebiasaan Buruk, Hal yang besar dimulai dari hal yang kecil, sebab tidak ada suatu pencapaian tanpa adanya sebuah pengorbanan ataupun pergerakan untuk mewujudkannya. Begitu juga dengan keseharian baik seseorang, pasti melalui proses kecil yang secara terus-menerus dilakukan hingga tercapai. Tidak mungkin kebiasaan buruk hilang secara tiba-tiba tanpa melalui proses untuk mengubahnya menjadi lebih baik, selalu ada usaha yang dilakukan dalam setiap hal besar.

Sebab seorang ahli ataupun pakar dalam bidang tertentu juga awalnya adalah seorang yang amatir, tetapi ia selalu mengasah dan mencoba melakukan usaha untuk menggapainya. Dengan begitu, impian besar tersebut baru bisa dinikmati. Dari mengubah kebiasaan buruk kecil tersebut lah, maka nantinya akan berdampak besar pada aktivitas kedepannya.

Akan tetapi, tidak semua insan tau dan bisa bagaimana cara mengubah bad habits (kebiasaan buruk) menjadi kebiasaan baik (good habits) dalam kehidupan. Maka dari itu, Mr Kocay akan memberikan cara-cara yang dapat dilakukan untuk menggapai good habits (kebiasaan yang baik. Mari baca artikelnya, enjoy reading.

1. Istirahat Tepat Waktu

Istirahat yang cukup ataupun tepat waktu merupakan aktivitas yang mesti dibiasakan, jangan sampai waktu istirahat terlupakan oleh kegiatan-kegiatan yang tidak bermanfaat. Daripada begadang hanya untuk sekedar menonton film, bermain game, nongkrong tidak jelas dan sebangsanya, lebih baik gunakan waktu tersebut untuk kembali mengecas energi (istirahat). Tidak ada salahnya juga jika hal-hal tersebut dilakukan sesekali dengan adanya batasan-batasan waktu tertentu, asal jangan mengabaikan pekerjaan-pekerjaan lainnya terutama waktu untuk istirahat.

Baca juga:  Cara Mengobati Sakit Kepala Dan Migrain Dengan Mudah

Sebab jika waktu istirahat diisi dengan aktivitas lain yang tidak bermanfaat, maka lama-kelamaan akan menjadi kebiasaan buruk yang akan mengganggu pekerjaan yang lainnya. Hal ini tentu berdampak besar bagi kehidupan seseorang, salah satunya menjadi lemas saat bekerja, tidak semangat, konsentrasi terganggu, sebab kurangnya waktu untuk beristirahat.

Baca juga: Status Pandemi Covid 19 Saat ini dan Perkembangan

Maka dari itu sebelum kegiatan buruk tersebut menjadi kebiasaan, segera ubahlah menjadi kegiatan yang lebih bermanfaat. Dari yang hobi begadang hingga larut malam, menjadi waktu untuk beristirahat tepat waktu agar tercukupi waktu istirahat tersebut.

2. Konsumsi Home Made Food

Mengkonsumsi junk food ataupun makanan cepat saji memang sangat menyenangkan, selain nikmat kita juga bisa memesannya pada orang lain tanpa harus ribet membuatnya sendiri. Tapi tahukah Anda, jika terlalu sering mengkonsumsi makanan tersebut dapat menyebabkan dampak yang buruk?

Kita tidak pernah tau pasti bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membuat makanan bahkan minuman tersebut, karna kita tinggal mengkonsumsinya tanpa tau cara pengelolaannya. Bukan melarang mengkonsumsi makanan ataupun minuman cepat saji, tapi lebih mewanti-wanti supaya tidak terlalu sering untuk mengkonsumsinya. Sebab bisa saja bahan dari makanan dan minuman tersebut mengandung bahan yang berdampak buruk pada tubuh tidak untuk sekarang, tapi nanti setelah beberapa jam, hari, minggu, bulan, tahun bahkan lebih panjang dari jangka waktu itu semua.

Baca juga:  Apa Itu Insomnia Dan Bagaimana Tips Mengatasinya

Baca juga: Jenis Zat Narkotika, Psikotropika, Adiaktif Yang Mematikan

Oleh karna itu untuk menghindari hal-hal buruk terjadi pada kesehatan kita akibat dari mengkonsumsi makanan dan minuman tersebut, alangkah lebih baik jika kita mengolah sendiri makanan dan minuman (home made food) yang akan kita konsumsi. Sebab kita bisa meraciknya sendiri sesuai selera dan pastinya sehat untuk kesehatan tubuh sendiri, dengan begitu kita akan lebih minim terserang penyakit yang disebabkan oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi.

3. Cari Pembimbing (mentor)

Memiliki mentor dalam kehidupan sangatlah penting, sebab tidak semua orang bisa mengambil keputusan ataupun bertindak sendirian. Perlu adanya pertimbangan dan arahan yang pas, agar tidak keliru dalam mengambil sebuah langkah. Mentor juga berguna untuk mengawasi jalan hidup kita, dengan begitu jalan hidup tersebut diharapkan sesuai dan benar.

Selain itu, mentor juga bermanfaat untuk mengingatkan ketika salah, memberikan nasehat, memberikan motivasi hidup dan kegunaan lain yang berfaedah bagi kehidupan seseorang. Dengan kata lain, mentor bertugas mengawasi dan membimbing jalan hidup orang lain untuk merubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang lebih baik lagi kedepannya.

4. Ambil Sisi Positif

Pentingnya mengambil sisi positif dalam segala sesuatu di kehidupan, supaya fikiran tetap jernih dan tidak memikirkan hal-hal yang mengundang overthinking. Sebab overthinking mengakibatkan dampak yang sangat buruk bagi kehidupan, seseorang jadi lebay dan takut mengambil tindakan. Untuk itu, mengambil sisi positif atau positif thinking sangat dibutuhkan untuk menghilangkan overthinking tersebut.

Baca juga: Cara Mengatasi Lupa Username dan Password BRIMO BRI

Baca juga:  Tips Membangun Kekompakan Dengan Pasangan

Dengan selalu berpositf thinking, maka kita akan lebih percaya diri untuk mengambil sebuah langkah dalam segala urusan di kehidupan ini. Karna dengan berpositf thinking akan memacu diri lebih bersemangat dalam bertindak, serta tidak akan terlalu frustasi jika hal yang diinginkan tidak terwujud.

Mungkin keinginan tersebut terhambat untuk sekarang sebab kita belum pantas untuk mencapainya, tetapi akan mudah diraih bahkan sangat mungkin keinginan tersebut datang dari jalan yang kita sendiri pun tidak menyangkanya. Maka dari itu tetap berpositf thinking, selalu bersemangat dan juga selalu hadirkan semangat dalam jiwa raga.

5. Segera Bertindak (action)

Jangan terlalu lama dalam berfikir untuk melakukan sebuah tindakan, jika dirasa baik dan bermanfaat maka eksekusi segera. Sebab kesempatan tidak datang dua kali, selagi ada kesempatan maka langsung ambil pergerakan. Namun dengan persiapan yang matang dan telah difikirkan secara benar, agar hasil yang dicapai membuahkan hasil maksimal.

Sebab ketika melakukan sebuah tindakan pasti ada jalannya, lain halnya jika hanya berdiam diri. Kita bisa tau jalan kedepannya bagaimana, sulit atau mudah, cepat atau lambat hanya dengan segera bertindak bukan kelamaan berfikir. Sebab kita pasti akan menemukan cara baru ketika menemui jalan buntu, dan itu bisa dijadikan pelajaran untuk meraih impian.

Baiklah, itu tadi hal-hal kecil yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk. Jangan hanya dibaca, tapi mencoba untuk menerapkan. Jangan takut pergerakan, tetap semangat dan temukan jati diri segera. Semoga bermanfaat, terimakasih.

See you, Mr Kocay

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com