5 Cara Membantu Istri Meringankan Sakit Saat Kontraksi

Cara mengurangi rasa nyeri saat kontraksi, membantu istri meringankan sakit
Cara Suami Membantu Istri Mengurangi nyeri kontraksi

Baca Pos – Cara mengurangi rasa nyeri saat kontraksi, membantu istri meringankan sakit. Peran suami sangat dibutuhkan ketika istrinya hamil hingga proses melahirkan. Pada masa-masa ini menjadi momen yang membahagiakan juga sering kali adanya keluhan yang dirasakan wanita.

Pada masa mendekati persalinan misalnya, masa dimana kontraksi sebelum melahirkan itu terjadi.

Cara Suami Membantu Istri Mengurangi Rasa Nyeri Saat Kontraksi

Dari mulai nyeri punggung bawah, kram perut hingga rasa tidak nyaman pada seluruh bagian perut. Pada saat itu, peran orang terdekat sangatlah penting terutama suami. 5 cara ini bisa suami lakukan untuk membantu istri meringankan rasa sakit saat kontraksi lho!

1. Tetap tenang dan selalu berada di dekat istri

Tetap tenang dan usahakan bisa selalu berada di dekat istri. Perasaan khawatir bercampur rasa kasihan melihat istri kesakitan saat kontraksi terkadang membuat sebagian suami panik hingga tidak bisa bersikap tenang. Alhasil, ada beberapa yang memilih untuk menghindar dan menenangkan diri.

Baiknya, hal ini tidak dilakukan karena bisa saja membuat istri semakin cemas. Cobalan untuk bisa tenang dan selalu berada di samping istri. Hal ini akan membuat rasa nyaman hingga sedikit mengurangi sakit saat kontraksi. Mencoba memahami istri dan memberikan perhatian lebih dengan melakukan apa yang menjadi keinginannya akan lebih baik dilakukan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kutil Menggunakan Bawang Putih

Baca juga:  5 Cara Menambah Semangat Kembali B Kantor Setelah WFH

2. Telaten mengusap bagian yang terasa nyeri

Telaten mengusap bagian yang terasa nyeri. Rasa nyeri pada saat kontraksi merupakan suatu hal yang umum terjadi, biasanya di bagian punggung bawah. Suami bisa saja memberi perhatian dengan cara mengusap bagian punggung istri secara perlahan dan terus menerus. Walau tampak sepele, akan tetapi hal ini bisa sedikit mengurangi rasa sakit yang istri rasakan.

Kontraksi bisa saja berlangsung lama, hal ini yang membuat suami harus benar-benar telaten ketika mengusap punggung istri. Capek memang, akan tetapi pengorbanan tersebut tidak seberapa dibanding rasa sakit yang dialami pada saat kontraksi.

Baca juga: Aplikasi Jual Foto Dapat Uang

3. Melakukan pijitan ringan

Lakukan sedikit pijitan ringan pada punggung. Saat kontraksi, biasanya otot rahim mengencang dan menimbulkan tekanan di punggung. Pada bagian ini sering kali terasa nyeri dan pijatan ringan bisa saja mengurangi rasa sakit tersebut. Ada harapan darinya jika ada orang terdekat darinya yang bisa telaten memijitnya perlahan.

Sebagai suami yang baik, nampaknya perhatian kecil dengan tidak lelah memijit perlahan punggung istri akan menjadi obat yang bisa sedikit meredakan rasa sakit yang ia rasa. Secara tidak langsung, suami ikut andil dalam perjuangan melewati masa-masa persalinan juga lho!

Baca juga: Gaya Hidup Yang Berisiko Diabetes

4. Membantu berendam air hangat

Membantunya berendam di air hangat. Rasa nyeri saat kontraksi bisa saja sedikit mereda ketika berendam dalam air hangat. Hal ini menjadi kesempatan bagi suami untuk bisa membantu meringankan rasa sakit yang dirasakan istri saat kontraksi. 

Suami bisa mempersiapkan air hangat dan tempat untuk berendam istri. Biasanya jika melakukan persalinan di rumah sakit, ada beberapa yang memfasilitasinya. Tinggal dari suami membantu mempersiapkan dengan baik.

5. Bantu istri melakukan perubahan posisi duduk

Bantu istri melakukan perubahan posisi duduk . Rasa nyeri saat kontraksi sering kali membuat keadaan menjadi serba salah. Posisi duduk maupun tiduran sering kali berubah-ubah demi mengurangi rasa sakit yang dirasa. Dalam hal ini, perlu peran suami untuk membantu istrinya mengubah posisi sang istri.

Posisi yang paling nyaman biasanya adalah duduk menyandar pada sebuah bantal, suami bisa saja dengan sigap membantunya. Atau jika memungkinkan, bisa jadi sandaran istri ketika duduk. Hal ini akan membuat istri semakin nyaman.

Itulah lima cara mudah membantu istri mengurangi rasa sakit saat kontraksi. Bakal jadi suami dan ayah idaman nih!

Diperbarui pada : 07/06/2021

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Berikan komentar

scroll to top

Nulis Artikel Dapat Uang

Yuk! Mulai menulis sekarang

Daftar akun anda dan mulai Menulis artikel di www.bacapos.com. Anda akan mendapatkan 500 Poin setiap 1 Artikel. Poin dapat ditukar menjadi Uang Cash.