Cara Menurunkan Berat Badan Diet Alami Dengan Cepat

cara menurunkan berat badan, tips kuruskan dan turunkan berat badan atau diet alami dengan cepat(Gambar oleh indianexpress.com)
cara menurunkan berat badan, tips kuruskan dan turunkan berat badan atau diet alami dengan cepat(Gambar oleh indianexpress.com)

Cara menurunkan berat badan, tips kuruskan, turunkan atau mengurangi berat badan atau diet alami dengan cepat. Ada banyak cara menurunkan berat badan yang bisa anda lakukan agar tubuh lebih ideal. Meskipun begitu, basanya diet juga tidak semudah apa yang kita bayangkan.

Setiap orang memiliki kepribadian masing-masing dan memiliki keinginan, yang gemuk ingin kurus dan sebaliknya yang kurus ingin gemuk. Sebagian orang yang memiliki tubuh kurus ingin menambah berat badan dan orang yang gemuk ingin diet agar berat badan berkurang.

Semua itu bisa dilakukan secara alami tanpa mengkonsumsi obat-obatan karena alami lebih sehat. Kunci utamanya adalah anda harus bisa mengatur pola makan harian anda. Dengan begitu, maka berat badan anda akan lebih ideal lagi.

Cara Menurunkan Berat Badan Atau Diet Alami Dengan Cepat

Memiliki berat badan yang berlebihan terkadang sering membuat kita merasa tidak percaya diri. Apalagi bagi kaum wanita, mereka menganggap bahwa gemuk bisa mengurangi tampilannya. Sehingga banyak dari mereka yang berusaha semaksimal mungkin agar tubuh tetap ideal. Salah satunya adalah dengan melakukan diet teratur.

Apabila anda salah satu dari mereka, maka harus bisa melakukan diet dengan cara yang benar. Karena diet yang salah juga bisa menyebabkan tubuh tidak bisa mencapai titik ideal. Maka dari itu, ada beberapa tips yang ampuh agar badan anda bisa ideal. Supaya lebih jelasnya, simak uraian berikut ini.

Baca juga:  Tips Menjaga Kesehatan Fisik Dan Pikiran Saat Kerja

Jangan Lupa Sarapan

Tips menurunkan berat badan yang pertama adalah anda jangan sampai pernah untuk melewatkan sarapan. Menu sarapan yang anda lakukan juga mampu memberikan energi pada tubuh agar lebih kuat.

Jika melewatkannya, kemungkinan anda saat memulai hari dengan perut kosong dan keinginan untuk terus ngemil di siang hari meningkat. Karena rasa lapar secara tiba-tiba akan membuat kita tidak sadar bahwa makanan yang dikonsumsi terlalu banyak.

Maka dari itu, sarapan adalah hal yang sangat penting dalam melakukan diet. Anda bisa konsumsi menu makanan seperti roti panggang maupun telur.

Mengurangi Porsi Makan (menurunkan berat badan)

Salah satu yang bisa kalian lakukan cara kuruskan badan adalah mengurangi porsi makan, misalnya setiap hari anda makan 2 piring maka buatlah satu piring atau biasanya satu piring kurangi hingga setengah piring namun tetap konsisten 1 hari 3 kali. Jadi mengurangi porsi makanan tidak mengurangi jumlah yang ditentukan 3 kali sehari.

Takaran bisa berbeda-beda untuk setiap orang, ini hanya sebagai contoh saja. Disisi lain jika anda biasa makan 10 sendok bisa mengurangi porsinya menjadi 5 sendok.

Jangan Makan Malam Diatas Jam 6

Cara turunkan berat badan dengan menghindari makan malam. Makan malam termasuk faktor penyebab naiknya berat badan, oleh sebab itu hindari makan malam. Jika anda biasa makan melam jam 8 sebaiknya hilangkan kebiasaan ini, gantikan menjadi makan melam sebelum jam 6 atau sebelum magrib.

Sebagian orang memiliki kebiasaan makan malam diatas jam 8, sebagian lagi memiliki kebiasaan makan malam diatas jam 10 sangat tidak direkomendasikan. Selain membuat bertambahnya berat badan, makan malam juga dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh.

Jangan Makan Cemilan Yang Mengandung Gula

Cara kuruskan badan dengan hindari cemilan gula. Tak banyak yang tahu bahwa cemilan yang mengandung gula bisa meningkatkan berat badan bahkan memiliki efek samping lain seperti diabetes, sakit gigi, kolesterol, obesitas dan lain-lain.

Baca juga:  Cara Mengatasi Mulut Pahit Dengan Bahan Alami

Sebaiknya biasakan membaca komposisi makanan di kemasan sebelum memakannya. Selain itu minuman yang mengandung soda juga harus dihindari karena mengandung kadar gula yang tinggi. Contoh minuman soda misalnya cocacola, sprite, fanta dan lain-lain.

Konsumsi Buah dan Sayuran

cara menurunkan berat badan dengan buah dan sayur

Cara menurunkan berat badan yang kedua adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayur-sayuran. Kedua makanan ini memiliki kandungan yang sangat beragam dan bermanfaat.

Makanan tersebut kaya akan kandungan serat dan air yang banyak. Sehingga jika dikonsumsi, maka lemak yang ada di dalam tubuh bisa berkurang.

Konsumsi Jahe Dan Madu Asli

tips menurunkan berat badan dengan Konsumsi Jahe Dan Madu Asli

Cara turunkan berat badan dengan jahe dan madu. Jahe memiliki kemampuan untuk mengurangi nafsu makan, sedangkan madu mengandung fruktosa yang berguna untuk membakar kadar lemak dalam tubuh.

Mengkonsumsi Jahe dan Madu sangat disarankan untuk membantu mengurangi berat badan atau diet, sebaiknya gunakan madu asli dan sering-sering mengkonsumsi makanan ini setiap hari.

Untuk cara penyajiannya sebagai berikut:

  1. Ambil madu asli sebanyak 3 sendok makan
  2. Ambil perasan air Jahe sebanyak 2 sendok makan
  3. Masukkan ke dalam gelas
  4. Seduh dengan air hangat secukupnya
  5. Aduk sampai rata lalu minum

Konsumsi Teh Hijau Alami

Cara mengurangi berat badan Konsumsi Teh Hijau Alami

Selain membantu menurunkan berat badan, Teh hijau juga diyakini dapat membuat tubuh sehat secara alami dan membantu mengurangi lemak dalam tubuh. Minum Teh hijau secara rutin setiap hari bisa menambah kesehatan tubuh alami.

Sebaiknya minum teh hijau dengan air hangat secara teratur sebelum makan dan tanpa menggunakan gula. Meminumnya sebelum makan akan membantu perut menjadi kenyang sehingga tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan pokok.

Banyak manfaat yang kamu dapatkan oleh teh hijau seperti membakar lemak, mengandung antioksidan yang dapat mencegah penyakit kanker dan mengurangi kolesterol di tubuh anda.

Minum Air Putih yang Banyak

Minum Air Putih yang Banyak

Cara kuruskan badan atau cara turunkan berat badan dengan mengkonsumsi air secara rutin merupakan cara yang alami dalam menjalankan program diet. Disarankan agar bisa minum air putih setidaknya 2 liter dalam sehari.

Baca juga:  16 Manfaat Bawang Putih Yang Jarang Dikatahui

Minum air putih sebelum makan juga sangat baik karena mampu mengurangi nafsu makan anda. Sehingga jumlah porsi dalam makanan anda tidak akan banyak.

Jangan Sering Konsumsi Minuman Manis

Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah anda sebisa mungkin untuk mengurangi minuman yang manis-manis. Minuman seperti boba drink, es coklat, teh manis, dan jenis lainnya memang menyegarkan dan enak.

Akan tetapi, minuman seperti itu ternyata memiliki jumlah kandungan gula yang banyak. Sehingga hal ini bisa menyebabkan penumpukan lemak dan gula dalam tubuh.

Cara menurunkan berat badan dengan Konsumsi Serat

cara diet alami dengan Konsumsi Serat

Ternyata makanan yang banyak mengandung serat mampu menurunkan berat badan seseorang. Pasalnya, serat bisa membantu tubuh agar merasa lebih kenyang dan tahan lama.

Kandungan ini mampu meningkatkan waktu agar bisa menyerap nutrisi dan akan memperlambat pencernaan. Sehingga lambung tidak akan cepat kosong dan terasa kenyang lebih lama lagi.

Rajin Melakukan Olahraga

Ini adalah salah satu penyeimbang dalam melakukan program diet atau menurunkan berat badan. Anda bisa melakukan olahraga apa saja sesuka hati. Misalnya saja jogging, angkat beban, sit up, skipping, dan masih banyak lagi.

Cara menurunkan berat badan seperti ini ternyata mampu membakar lemak yang ada di dalam tubuh anda. Maka dari itu, lakukan olahraga setidaknya selama 30 menit dalam sehari.

Akhir kata tentang cara menurunkan berat badan

Itulah beberapa tips Cara Menurunkan Berat Badan yang bisa kalian lakukan dirumah. Cara ini alami dan bahan-bahannya mudah didapatkan, jadi tidak perlu mengkonsumsi obat apapun.

Mengkonsumsi obat alami lebih baik daripada mengkonsumsi obat yang mengandung pengawet. Mungkin masih banyak cara alami lainnya tetapi hanya beberapa terpenting yang kami rekomendasikan untuk membantu anda dalam melakukan diet secara alami

  Diperbarui pada : 07 Mei 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com