Manfaat Buah Delima Yang Perlu Diketahui

Manfaat Buah Delima Yang Perlu Diketahui
Manfaat Buah Delima Yang Perlu Diketahui

Manfaat Buah Delima, Delima merah merupakan buah delima yang biji di dalamnya berwarna merah. Buah ini masih satu kerabat dengan jenis delima satunya, yaitu delima putih. Buah delima merah sangatlah cantik, maka tak heran jika buah ini sering diolah menjadi jenis makanan lainnya agar lebih menarik untuk dinikmati.

Manfaat buah delima bagi kesehatan sangat banyak buah ini memiliki antioksidan yang tiga kali lebih kuat dari anggur dan teh hijau, dibalik bentuk dan warnanya yang cantik buah delima memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak.

Buah delima termasuk salah satu buah dengan kandungan gizi paling tinggi buah delima selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh juga memiliki manfaat yang baik untuk kecantikan loh. Buah yang dikenal dengan sebutan mutiara merah ini kaya senyawa polifenol terutama didalam bijinya serta tinggi kandungan kalium, flavonoid, vitamin A,C,E dan asam folat serta mengandung antioksidan dan zat besi yang mampu memperlambat proses penuaan serta memberi berbagai manfaat pada kulit.

Buah delima juga terkenal sebagai salah satu diantara bahan utama dalam produk kosmetik untuk kecantikan belakangan ini produk kosmetik berbahan delima pomegranate seperti masker wajah sangat disukai dan laris dipasaran. 

Untuk lebih jelasnya berikut adalah manfaat buah delima bagi kesehatan dan kecantikan :

Daftar isi

1. Membantu mengatasi masalah kulit

Masalah kulit seperti bintik hitam serta pigmentasi antara masalah kerusakan kulit yang cukup membingungkan. Buah delima bisa untuk melindungi lapisan kulit bagian luar serta dapat memperbaiki sel kulit bagian dalam  dan bisa untuk menyembuhkan luka.

2. Memiliki sifat anti-inflamasi

Manfaat buah delima bagi kesehatan adalah memiliki sifat anti-inflamasi, peradangan kronis adalah salah satu pemicu utama sejumlah penyakit serius diantaranya penyakit jantung, kanker, diabetes tipe 2, alzheimer, dan kegemukan. Delima memiliki sifat anti-inflamasi yang kuat sebagian besar dikarenakan sifat antioksidan dari punicalagin. Secara tidak langsung mengkonsumsi buah delima atau jus delima segar secara teratur akan menurunkan resiko terkena penyakit-penyakit tersebut.

3. Membantu sistem pencernaan

Buah Delima Membantu sistem pencernaan

Kamu perlu asupan makanan kaya serat agar pencernaan tetap sehat mengkonsumsi satu buah delima setiap hari juga baik untuk menjaga asupan serat bagi tubuh. Buah delima merah dipercaya dapat membantu sistem pencernaan agar tetap bekerja dengan lancar.karena kandungan serat yang ada pada buah delima sangat baik khasiatnya untuk sistem pencernaan pada tubuh anda. Selain dapat memperlancar, pencernaan anda juga akan lebih sehat tentunya.

4. Meningkatkan sistem imun

Manfaat delima untuk kesehatan tubuh adalah meningkatkan sistem imun buah delima merah baik untuk imun tubuh Anda. Buah delima akan bekerja meningkatkan sistem imun serta menjaga kekuatan tubuh anda agar tidak mudah terserang penyakit seperti flu dan juga batuk serta dapat  membunuh bakteri penyebab penyakit.

Buah delima kaya akan senyawa anti-inflamasi delima sangat menyehatkan bagi mereka yang mengalami gangguan sistem imun tubuh seperti rheumatoid arthritis dan osteoarthritis. Buah delima terdapat vitamin C yang bisa meningkatkan produksi kekebalan pada tubuh anda dan dapat melindungi tubuh terhindar dari infeksi.

Baca juga: Makanan Penurun Darah Tinggi ini Wajib Diketahui

Baca juga:  Cara Menurunkan Berat Badan Diet Alami Dengan Cepat

5. Mengatasi jerawat

Manfaat Buah Delima Mengatasi jerawat

Masalah jerawat tentu mengganggu setiap wanita yang sering khawatir penampilannya akan terganggu oleh jerawat. Delima merupakan sumber vitamin C yang mampu mengatur produksi zat berminyak yang diserap oleh kulit. Buah delima juga mampu mengatasi masalah pencernaan dan melancarkan peredaran darah menjadi lebih sehat sehingga membantu menghilangkan jerawat.

Jerawat bisa berasal dari infeksi bakteri pada kelenjar minyak. Kondisinya juga bisa mengalami peradangan, sehingga menimbulkan kulit yang bengkak dan merah. Kandungan antioksidan di dalam buah delima bisa membantu mengatasi peradangan.

6. Melembabkan kulit

Buah delima juga merupakan sumber vitamin C alami dari buah. Kandungan ini terbukti mampu melembabkan dan melembutkan kulit wajah. Selain itu minyak buah delima juga efektif merawat kulit kering. Kandungan asam punicic menjaga kelembaban dalam kulit tetap terkontrol.

Buah delima memiliki struktur molekul yang tergolong kecil dan mampu menembus ke dalam kulit serta mampu melembabkan kulit, mengatasi masalah kulit dan mengatasi kulit kering. Memberikan kelembaban alami pada wajah.

Baca juga: Anjuran Menyambut Buah Hati menurut Rasulullah

7. Mencegah proses penuaan

Mencegah proses penuaan

Wajah kita apabila terlalu banyak menerima paparan sinar matahari dapat menimbulkan bahaya pada kulit dan menyebabkan kerusakan pada sel-sel kulit. Sehingga memunculkan garis halus, keriput, kulit terbakar. Kandungan antioksidan berupa polifenol membantu menjaga kulit dari timbulnya tanda penuaan.

Dengan makan buah delima atau bisa dijadikan jus delima dan minum secara teratur dapat bermanfaat untuk meremajakan kulit dan mampu bekerja untuk memperlambat proses penuaan pada kulit wajah anda.

8. Untuk tabir surya alami

Buah delima dapat membantu melawan sinar matahari yang menjadikan buah ini sangat baik untuk kecantikan kulit. Mengandung banyak antioksidan yang berperan penting dalam mencegah kerusakan kulit yang terjadi akibat radikal bebas. Manfaat lain dari kulit buah delima adalah untuk digunakan sebagai tabir surya. Caranya, campurkan bubuk kulit delima dengan krim kulit, oleskan pada tubuh yang diinginkan. Gunakan 20 menit sebelum keluar rumah.

9. Meregenerasi kulit

Minyak biji buah delima diklaim mampu melindungi epidermis (lapisan luar kulit) dan dermis (lapisan dalam kulit) serta meningkatkan regenerasi epidermis. Selain itu buah delima juga bisa mempercepat penyembuhan luka.

Baca juga: Makanan Penurun Asam Urat Yang Perlu Diketahui

Baca juga:  Membangun Percaya Diri Pada Anak Usia Dini

10. Mencegah diabetes

Buah delima merah ternyata juga baik untuk dikonsumsi sebagai pencegah penyakit diabetes. Diabetes merupakan keadaan tubuh dimana kadar gula didalam darah anda menjadi naik. buah delima tidak akan masalah dengan kadar gula dalam darah anda karena rasanya yang manis.

Nah Itulah 10 manfaat dan khasiat buah delima untuk kesehatan tubuh dan juga kecantikan yang perlu Anda ketahui. Jangan lupa tetap menjaga pola hidup sehat dan rajin berolahraga agar memiliki tubuh yang sehat.

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com