10 Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

istockphoto-870817712-170667a-46995a97

Khasiat daun sirih hijau untuk kesehatan memanglah telah tidak diragukan lagi. daun sirih mempunyai bermacam  isi senyawa yang berguna bagi badan,kandungan berupa alkaloid, tanin( polifenol), serta flavonoid.nah,..ingin tahu apasaja khasiatnya, yuk kita simak.

1. Antiseptik

Khasiat daun sirih yang pertama merupakan sebagai antiseptik. Apalagi antiseptik yang berasal dari daun sirih dipercaya lebih baik dibanding dengan sabun antiseptik. Perihal ini lah yang membuat daun sirih kerap digunakan untuk meringankan bermacam permasalahan peradangan pada kulit.

2. Melindungi kesehatan mulut serta gigi

Khasiat daun sirih hijau Melindungi kesehatan mulut serta gigi

Manfaat daun sirih yang kedua ialah melindungi kesehatan gigi serta mulut. Dampak antibakteri dalam sirih dipercaya lebih besar dari sirih hijau, sehingga banyak penyakit yang bisa diatasi oleh sirih hijau,  Khasiat sirih dapat melindungi kesehatan mulut serta gigi memanglah telah banyak dibuktikan.

Daun sirih dipercaya bisa menanggulangi bau mulut, gusi berdarah, perih gigi, serta menghindari karies gigi. Memakai rebusan daun sirih untuk obat kumur bisa menolong membasmi kuman dalam mulut sehingga mulut serta gigi senantiasa sehat serta bebas dari masalah- masalah tersebut.

Baca juga: Makanan Penurun Darah Tinggi ini Wajib Diketahui

3. Penyembuhan penyakit diabetes

Khasiat daun sirih hijau Penyembuhan penyakit diabetes

Khasiat daun sirih berikutnya merupakan selaku antidiabetes. Daun sirih yang kaya antioksidan dipercaya sanggup melawan radikal bebas yang jadi salah satu faktor terganggunya kerja hormon insulin. Mengkonsumsi rebusan daun sirih ataupun mengkonsumsi teh daun sirih dipercaya bisa secara signifikan menolong merendahkan kandungan gula dalam darah.

Baca juga:  14 Makanan Penyebab Jerawat yang Sebaiknya Anda Hindari

4. Meringankan gejala penyakit kolesterol

Tidak hanya merendahkan kandungan gula darah, khasiat daun sirih yang lain merupakan bisa merendahkan kandungan LDL ataupun kolesterol jahat dalam darah. Tidak hanya itu, daun sirih pula dipercaya sanggup menurunan kandungan lemak total dalam darah. Tingginya kolesterol jahat dalam darah sangat berpotensi merangsang bermacam berbagai penyakit sehingga mengendalikan kandungan kolesterol jadi perihal yang sangat diperlukan untuk badan.

5. Meringankan resiko tekanan darah tinggi

Khasiat daun sirih berikutnya merupakan meringankan resiko tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi serta kolesterol tinggi ialah keadaan yang wajib dihindari. Kedua penyakit ini merupakan penyakit yang berpotensi menimbulkan penyakit kardiovaskular semacam penyakit jantung serta stroke.

Baca juga: 7 Digital Marketing Agar Sukses di E-Commerce

6. Menanggulangi maag kronis

Khasiat sirih merah berikutnya berkaitan dengan sistem pencernaan. Terdapat banyak sekali khasiat daun sirih bagi pencernaan, salah satu yang telah banyak dicoba adalah untuk menanggulangi maag kronis. Tidak hanya itu daun sirih merah juga dipercaya dapat melindungi saluran pencernaan dari radikal bebas serta toksin yang dapat menyebabkan berbagai macam permasalahan pencernaan.

7. Mengobati keputihan

Khasiat daun sirih yang ketujuh yaitu dapat menanggulangi keputihan. Keadaan yang satu ini merupakan keadaan yang universal dirasakan perempuan. Keputihan mempunyai kandungan yang berbeda- beda serta pada tingkatan tertentu pastinya bisa sangat membuat tidak nyaman pada perempuan.

Baca juga:  Tips Mengurangi Mata Lelah Saat Bekerja

Pemicu keputihan merupakan akibat terdapatnya kuman pada bagian kewanitaan. Manfaat daun sirih dapat melindungi zona kewanitaan memanglah telah dipercaya semenjak dulu. Dengan komposisi antibakteri yang lebih tinggi didalam sirih, pastinya bisa ampuh menanggulangi keputihan.

Baca juga: Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Awet & Tahan Lama

8. Obat mimisan

Khasiat sirih yang telah poluler yang lain merupakan meredakan mimisan. antioksidan dalam daun sirih dipercaya bisa mempercepat proses pengobatan cedera. Perihal ini lah yang membuat daun sirih bisa membantu proses pembekuan darah saat mimisan. Sama seperti daun sirih hijau, Kamu juga dapat memperoleh manfaat sirih merah untuk menanggulangi mimisan.

9. Obat sembelit

Sembelit merupakan salah satu penyakit yang sangat universal ditemui. Walaupun bukan penyakit mematikan, sembelit terkategori ke dalam penyakit yang kronis sehingga memerlukan waktu yang lama buat pengobatannya. Tidak hanya dengan jalur pembedahan, ada sebagian metode natural buat menanggulangi sembelit.

Salah satu metode yang dipercaya buat menanggulangi sembelit merupakan dengan metode berendam di air rebusan daun sirih. Metode ini pastinya tidak bisa menanggulangi sembelit seluruhnya, namun bisa menolong menanggulangi indikasi sembelit. Metode ini wajib dicoba secara teratur agar memperoleh hasil yang baik.

Baca juga: Efek Samping Coklat Bagi Tubuh Dan Kesehatan

10. Mencegah tumor dan kanker

Khasiat daun sirih berikutnya yaitu dapat menghindarkan dari penyakit semacam tumor serta kanker. Salah satu sebabnya merupakan sebab kandungan senyawa alkaloid yang terdapat dalam sirih. Alkaloid merupakan senyawa yang telah dipercaya ampuh dapat mencegah perkembangan sel kanker.

Baca juga:  Yuk Kenali Manfaat Blueberry untuk MPASI Si Buah Hati

Metode Memakai daun Sirih :

Terdapat banyak metode agar mendapatkan khasiat daun sirih. Metode yang sangat kerap digunakan merupakan dengan merebus daun sirih serta meminum langsung air rebusan teresebut. Bila ingin memakainya sebagai obat luar, hingga air rebusan tersebut dapat langsung diaplikasikan ke kulit.

Metode yang lain buat memperoleh khasiat daun sirih merupakan dengan mengeringkan daun sirih serta menjadikannya selaku teh daun sirih. sebenarnya telah banyak ada produk daun sirih yang dapat Kamu temukan di pasaran.

Baca juga: Manfaat Pisang Untuk Ibu Hamil Jika Dikonsumsi

Produk tersebut Antara lain semacam teh celup daun sirih ataupun kaspul ekstrak daun sirih. Kamu dapat memilih metode memakai daun sirih yang cocok dengan kebutuhan Kamu. Manfaat sirih memanglah banyak sekali terhadap kesehatan. Daun sirih pula dipercaya tidak memiliki efek samping yang kurang baik pada penggunanya.

Tetapi bila Kamu merasakan efek samping daun sirih, hendaknya hentikan pemakaian serta lekas konsultasi ke dokter. Gunakanlah daun sirih seperti ketentuan yang dianjurkan serta jangan memakainya secara kelewatan. Bila Kamu sedang menempuh penyembuhan penyakit tertentu, hendaknya diskusikan dengan dokter, penyembuhan tanpa mempraktikkan pola hidup sehat dapat membuat penyembuhan Kamu jadi percuma.

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com