7 Digital Marketing Agar Sukses di E-Commerce

7 Digital Marketing Agar Sukses di E-Commerce
7 Digital Marketing Agar Sukses di E-Commerce

Mengenal jenis digital marketing agar sukses di dunia E-Commerce – Pesatnya kemajuan teknologi saat ini menjadikan banyak orang ingin memasukkan bisnisnya ke ranah digital. Hal tersebut membuat digital marketing atau pemasaran online menjadi beragama mengikuti pertumbuhan internet yang sudah tidak bisa dikendalikan lagi. Dengan banyak nya jenis digital marketing, kamu harus dapat menentukan strategi yang benar dan tepat bagi perusahaan.

Lalu mengapa pemilik bisnis perlu mengetahui 7 jenis digital marketing? Karena tentu saja dengan banyaknya jumlah pengguna internet di dunia terutama di Indonesia. 

Dikutip dari katadata tercatat pada data statistika 2019 menyebutkan bahwa sejak tahun 2017 sampai 2019 terjadi pertumbuhan pengguna internet di Indonesia kurang lebih 13%, Pertumbuhan internet masih terus bertambah hingga saat ini. 

Alasan inilah yang membuat digital marketing saat ini dipercaya sebagai salah satu strategi paling efisien dan efektif dalam hal mempromosikan bisnis kamu secara digital. Untuk itu mari kita simak penjelasan dari 7 jenis digital marketing agar sukses di E-Commerce di bawah ini! 

Mengenal Jenis-jenis Digital Marketing

Perkembangan teknologi yang semakin maju harus bisa kita manfaatkan dan ikuti dengan seoptimal mungkin supaya memiliki peluang untuk sukses dalam bisnis online yang sedang kamu jalani. Termasuk salah satunya adalah dengan mempelajari 7 jenis digital marketing dan jangan hanya terpaku pada satu jenis saja, karena bisa saja kamu tertinggal dari kompetitor. Daripada makin penasaran langsung saja simak penjelasannya di bawah ini:

1. Influencer Marketing

Influencer Marketing

Influencer mempunyai pengaruh yang sangat besar di sosial media kepada para fans dan pengikutnya. Sering kita lihat, barang-barang yang dipakai seorang influencer akan laku dibeli oleh para fansnya. 

Menggunakan strategi marketing satu ini akan memerlukan budget lebih besar, namun hal itu sebanding dengan keuntungan yang akan kamu peroleh sebagai pemilik suatu bisnis. Adanya review atau testimoni dari influencer akan membuat banyak orang percaya dengan serta penasaran dengan produk kamu. 

Tidak hanya itu, popularitas dari seorang influencer yang akan mempromosikan produk mu juga akan meningkatkan popularitas produk mu sendiri.

Baca juga: 8 Bisnis Sampingan Untuk Karyawan Modal Kecil

Baca juga:  Rekomendasi Situs Freelance Terbaik dan Terpercaya

2. Search Engine Optimization (SEO)

digital marketing Search Engine Optimization

Bagi yang masih asing, SEO merupakan proses mengoptimasi website yang kalian miliki sehingga mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil pencarian menggunakan search engine seperti Google dengan menggunakan kata kunci maupun frasa yang ada kaitannya dengan bisnis yang kamu miliki. 

Semakin banyak kata kunci yang mendapatkan ranking maka akan semakin tinggi peringkat yang bisa kamu peroleh nanti nya. Tentu saja hal tersebut berdampak langsung pada banyak orang untuk mengenal dan tertarik dengan website dan bisnis kalian. 

Apa fungsi dari SEO sendiri? SEO bertujuan untuk mengarahkan lebih banyak traffic ke dalam website kalian dengan harapan orang-orang ini akan dapat menjadi konsumen secara aktif menelusuri produk serta layanan yang diberikan. 

3. Media Social Marketing

Media Social Marketing

Jenis digital marketing ini lebih berfokus untuk membangun brand awareness serta meningkatkan konversi. Melakukan promosi dengan memanfaatkan media social marketing dapat menampilkan satu atau beberapa platform media sosial, tergantung pada tujuan ke mana dan siapa target kamu.

Baca juga: 5 Ide Bisnis Franchise Modal Kecil Dibawah 5 juta

Adapun beberapa platform media sosial yang cukup banyak digemari banyak kalangan saat ini adalah:

  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter
  • Tiktok
  • Linkedin
  • Pinterest
  • Dan masih banyak lagi

4. PPC/SEM

Pay per click(PPC) merupakan sebuah bentuk periklanan yang mengandalkan sistem berbasis lelang. Dengan menggunakan PPC, kamu menawarkan kata kunci yang diinginkan untuk menampilkan iklan milik kamu. 

Iklan ini akan merespon saat penelusuran ketika pengguna menyertakan kata kunci yang sebelumnya telah kamu atur. Iklan ini kemudian akan tampil di bagian atas hasil pencarian, dari hasil pencarian organik. 

Nah, jika pengguna tertarik untuk mengklik iklan tersebut, kamu kemudian membayar untuk klik itu. Dengan kata lain, semakin banyak klik maka kamu harus membayar lebih besar sebagai jasa iklan. Namun hasil yang diperoleh akan optimal sebab akan lebih banyak audiens yang akan di dapat.

Baca juga: Cara Menukarkan OVO Point Ke Rekening Terbaru

Baca juga:  Cara Belanja di Taobao Barang Impor China Murah

5. Affiliate Marketing

Affiliate marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang mana kamu dapat bekerja sama dengan orang lain untuk mempromosikan barang atau produk kamu untuk komisi. 

Dengan menggunakan teknik berbasis digital seperti ini, orang tersebut (affiliate) akan mempromosikan produk kamu pada website atau akun media sosial milik mereka, lalu jika pengikut sang affiliate membeli produk kamu dari affiliate link yang telah tersedia maka mereka berhak mendapatkan komisi dari kamu. 

Begitu pun sebaliknya, jika tidak ada yang membeli produk dari affiliate link yang mereka sediakan, maka kamu tidak harus membayar komisi.

Baca juga: Cara Pinjam Uang di Lazada

6. Email Marketing

Email Marketing

Pada email marketing ini akan berfokus pada usaha untuk mempertahankan pelanggan yang sudah ada, serta mendapatkan pelanggan yang baru. Hal ini merupakan sebuah teknik yang sangat baik untuk membangun brand awareness, serta membuat perusahaan atau bisnis yang kamu punya akan selalu diingat. 

Email marketing ini lebih berfokus pada pemberian informasi berharga kepada pelanggan serta menyempurnakan promosi pada produk kamu kepada para audiens. 

7. Content Marketing

Jenis digital marketing yang terakhir adalah content marketing. Dalam content marketing, bisnis yang kamu miliki akan menjangkau, melibatkan, serta selalu terhubung dengan para konsumen melalui konten menarik yang telah disediakan. 

Pada konten marketing ini mencangkup blog, video, infografis, podcast dan masih banyak lagi. Serta berusaha untuk dapat memberikan nilai lebih kepada pengguna berupa informasi, bukan sesuatu yang bersifat penjualan. 

Kamu dapat memulai dengan membuat konten yang original serta berkualitas tinggi yang membuat para penonton ingin membagikan konten tersebut kepada teman-teman nya.

Baca juga: 8 Aplikasi Saham OJK Terpercaya, Investasi Aman

Baca juga:  Upload Video Dapat Uang Di Situs ini Selain Youtube

Penutup

Akhir kata, Terima kasih telah membaca sampai akhir. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai 7 Jenis Digital Marketing Agar Sukses di E-Commerce. Semoga dapat membantu dan menambah wawasan kalian, selamat mencoba ! 

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com