8 Bisnis Sampingan Untuk Karyawan Modal Kecil

8 Bisnis Sampingan Untuk Karyawan Modal Kecil
8 Bisnis Sampingan Untuk Karyawan Modal Kecil

Bisnis Sampingan Untuk Karyawan – Bagi sebagian orang menjadi PNS atau karyawan swasta bisa menjadi suatu kebanggaan tersendiri karena akan dianggap memiliki penghasilan tetap setiap bulannya. 

Sayangnya, tak sedikit yang beranggapan bahwa penghasilan bulanan yang didapat terkadang tidak mencukupi untuk menambah suatu aset kekayaannya seperti menabung dan berinvestasi. 

Apalagi di tengah resesi dan krisis ekonomi saat ini yang tengah berlangsung, Yaitu dampak dari wabah covid 19. Ditambah jika kamu memiliki cicilan yang menumpuk sampai membuatmu sulit untuk bergerak. 

Karena itu lah kamu perlu menambah penghasilan, kalau saat ini kamu masih berstatus sebagai pegawai atau karyawan pilihlah usaha yg tidak akan mengganggu konsentrasi mu dalam bekerja serta lakukan sesuai kemampuan yang kamu miliki. 

Menjalankan usaha sampingan terkadang menjadi solusi tersendiri untuk menambah penghasilan bulanan, tetapi jangan jadikan bisnis sampingan ini justru membuatmu tidak produktif di kantor. Berikut 8 bisnis sampingan untuk karyawan modal kecil yang bisa kamu jadikan referensi. 

Rekomendasi 8 Bisnis Sampingan Untuk Karyawan Modal Kecil

1. Tambah Cuan Dengan Menjadi Youtuber Atau Vlogger 

Di era serba digital seperti saat ini, Youtuber menjadi sebuah pekerjaan yang sangat menjanjikan. Siapa saja bisa menjadi Youtuber bahkan untuk karyawan sekalipun, mungkin saja banyak orang yang tertarik dengan kehidupan seorang karyawan kantor dan hal tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri untuk kamu memperkenalkan seperti apa kegiatan sehari-harimu sebagai seorang karyawan. 

Sama halnya seperti influencer, menjadi seorang Youtuber bisa juga merupakan sebuah peluang bisnis sampingan online yang tidak akan mengganggu waktu kerjamu dan bisa saja kamu mendapatkan banyak cuan jika konsisten menjalani dan mempunyai banyak subscriber untuk mendapatkan banyak pemasukan.

Baca juga: Situs Penambah Subscriber Youtube Secara Gratis Aman

Baca juga:  Tips Menentukan Peluang Usaha Sesuai Kebutuhan Pasar

2. Menjadi Fotografer Lepas

Kamu punya hobi fotografer? Sayang jika tidak dimanfaatkan apalagi jika banyak orang terdekat memuji bahwa hasil foto mu bagus. Hal ini bisa menjadi ladang bisnis sampingan yang tidak boleh sampai terlewatkan. 

Cara untuk menjadi seorang fotografer lepas sangat lah mudah, untuk langkah awal kamu bisa mulai dengan menjual karya-karya mu di situs online penjualan foto seperti istockphoto.com yang akan memberikan mu komisi 15% per foto, shutterstock.com yang akan memberikan komisi sebesar 20-30%, fotolia.com, stockfresh.com dan masih banyak lagi. 

Kamu hanya perlu membuat akun paypal untuk menjadi wadah penghasilan dari setiap foto yang terjual. Carilah peluang dari relasi teman-temanmu siapa tau mereka sedang membutuhkan jasa foto.

Baca juga: Cara Menjual Foto di Shutterstock Laku Ratusan Dollar

3. Jualan Paket Data dan Pulsa Elektrik

Di zaman serba internet ini siapa yang tidak butuh pulsa dan kuota? Smartphone sudah menjadi alat komunikasi nomor 1 yang paling dibutuhkan banyak orang saat ini. Jika memahami peluang yang ada, tentu bisnis jualan paket data dan pulsa elektrik bisa menjadi usaha yang menjanjikan. 

Modal untuk memulai usaha kecil ini pun tidaklah mahal, cukup dengan 1 juta hingga 3 juta kamu bisa memulainya dengan membukanya di depan rumah atau menjual nya melakukan media sosial online seperti whatsapp.

Baca juga: Cara Jualan Pulsa di Shopee Tanpa Ongkir

Baca juga:  Ide Bisnis Online yang Menggiurkan untuk Anak Muda

4. Reseller Barang-Barang Online

Bisnis sampingan untuk karyawan selanjutnya adalah menjadi reseller Barang-barang secara online seperti produk fashion maupun kosmetik. Keuntungan yang didapat dari menjadi reseller kamu tidak harus mengeluarkan modal, disini kamu cukup menjual barang yang telah disediakan oleh supplier. 

Mulailah dengan menjajakan melalui akun sosial yang kamu punya atau bisa juga dengan membuat akun jualan di e-commerce ternama, kamu pun tidak perlu pusing untuk pengemasan dan pengiriman barang karena semuanya sudah dilakukan oleh supplier.

5. Membuat Kedai Sarapan Udah Karyawan Kantor

Jika pasanganmu memiliki skill memasak, bisnis kecil seperti kedai sarapan bisa menjadi usaha sampingan yang cukup menjanjikan. Sebab tak jarang absensi pagi dan jarak yang jauh antara rumah dan kantor membuat para karyawan merasa kesulitan untuk membuat sarapannya sendiri. 

Kamu bisa menyediakan beberapa sarapan umum seperti nasi uduk, nasi kuning, gorengan, kue basah ataupun bubur ayam. Jika ingin lebih mudah kamu bisa membuat usaha cemilan yang akan diperjualbelikan pada teman-teman kantor seperti jajanan keripik, basreng, ataupun dimsum dengan racikan saus sambal mu sendiri.

Baca juga: 10 Jajanan Tradisional Paling Diminati Di Pasaran

6. Menjadi Penulis Lepas 

Menjadi seorang penulis lepas bisa menjadi salah satu usaha sampingan untuk menambah keuangan mu tiap bulannya. Seorang penulis lepas sekarang ini telah banyak dibutuhkan dan dicari oleh berbagai perusahaan yang memerlukan jasa copywriting. 

Pesatnya perkembangan bisnis online kini menjadikan seorang penulis konten banyak digeluti, menjadikan penulis konten sebagai usaha sampingan tentu tidak akan mengganggu waktu kerjamu di kantor dan usaha ini dijamin menguntungkan.

Baca juga: Nulis artikel dibayar mau? baca disini

Baca juga:  Keuntungan Bekerja Freelance Yang Harus Kamu Pahami

7. Berjualan Kopi Racikan

minuman kopi racikan saat ini sedang banyak digemari oleh anak muda. Hal tersebut bisa saja menjadi peluang usaha jika kamu sedang ingin membuat bisnis sampingan karyawan. Kamu bisa memulai dengan menjajakan kopi racikan sendiri kepada rekan-rekan kantor, sahabat dan kerabat. 

Teruslah bereksperimen untuk menciptakan kopi racikan yang lezat dan khas buatanmu sendiri. Jika kamu serius menggeluti bisnis ini mulailah dengan mengikuti kursus barista supaya kamu memahami cara meracik kopi dan bagaimana memilih biji kopi yang berkualitas. 

8. Jasa Desain Grafis

Rekomendasi yang terakhir adalah jasa pembuatan desain grafis. Jika kamu memililiki sedikit kelebihan dari desain gratis bisnis sampingan ini jangan sampai terlewati. Sekarang ini banyak orang membutuhkan jasa desain grafis untuk pembuatan banner, logo maupun undangan pernikahan. 

Kamu bisa mulai dengan mempromosikan jasa mu melalui sosial media dan minta juga teman-teman mu untuk mempromosikan nya. 

Penutup

Akhir kata, Terima kasih telah membaca sampai akhir. Demikian informasi mengenai 8 bisnis sampingan untuk karyawan modal kecil semua berguna dan bermanfaat. 

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com