5 Sumber Penghasilan Realistis Setelah Lulus Sekolah

Ketahui sumber penghasilan yang cocok dan realistis untuk anda setelah lulus sekolah, pekerjaan yang sesuai bagi lulusan SMA / SMK
Sumber Penghasilan Realistis Setelah Lulus Sekolah

Ketahui sumber penghasilan yang cocok dan realistis setelah lulus sekolah, pekerjaan yang sesuai untuk lulusan SMA / SMK. Setiap orang yang sudah lulus sekolah pasti berkeinginan untuk langsung mendapat pekerjaan. Hal ini diharapkan dapat membuat mereka mandiri secara finansial dan juga dapat meringankan beban orang tua.

Nah buat kamu yang sedang mencari pekerjaan atau seorang mahasiswa yang ingin berpenghasilan, sebenarnya banyak sekali jenis pekerjaan. Namun disini hanya akan membahas 5 sumber penghasilan realistis setelah kamu lulus sekolah.

Sumber Penghasilan – Pekerja Full Time

Pekerja Full Time sumber penghasilan

Sumber penghasilan pertama yang paling realistis setelah kamu lulus sekolah SMA / SMK / sederajat adalah dengan menjadi pekerja full time. Kamu bisa memulai dengan mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidang yang kamu geluti, kemudian melamar pekerjaan tersebut. Namun jika setelah kamu lulus sekolah tidak ada lowongan yang sesuai dengan bidang yang kamu pelajari saat di sekolah, kamu tetap bisa mencoba melamarnya. Asalkan kamu memenuhi semua kriteria prasyarat pekerjaan tersebut.

Setelah kamu melamar pekerjaan lulusan sekolah tersebut, mengikuti tes dan wawancara, lalu kamu diterima menjadi karyawan di sebuah perusahaan atau lembaga tertentu, kamu sudah punya peluang untuk mendapat gaji tetap di setiap bulan. Pendapatan gaji ini disesuaikan dengan posisi kamu di perusahaan atau lembaga terkait, tapi jika kamu pintar mengelola uang dan bekerja dengan tekun sehingga jabatan di perusaah atau lembaga terkait naik, penghasilan yang kamu dapatkan juga akan naik.

Baca juga:  Bayar Lazada Pakai Paypal Emang Bisa? Begini Caranya

Freelance Sebagai Sumber Penghasilan

Freelance lulus sekolah

Sumber penghasilan realistis selanjutnya adalah menjadi freelance. Saat ini istilah freelance bukanlah hal yang asing. Seorang freelance merupakan pekerja yang waktu kerja nya diatur sendiri. Tidak seperti karyawan yang bekerja di perusahaan tertentu, yang harus memiliki jam kerja selama 8 jam sehari. Nah jika kamu belum mendapat pekerjaan lulusan sekolah atau kamu seorang mahasiswa yang ingin berpenghasilan kamu bisa menjadi seorang freelance. Freelance ini banyak sekali macamnya, seperti penulis/content writer, data entry, web designer, dan lain sebagainya. Lowongan pekerjaan freelance ini bisa kamu dapatkan di berbagai platform sosial media, misalnya beberapa situs berikut yaitu freelance.com, sribulancer.com, upwork.com.

Baca juga: Rekomendasi Situs Freelance Terbaik Dan Terpercaya

Saat kamu menjadi seorang freelance, pastikan kamu mengetahui apa kelebihan kamu di bidang apa. Karena jika kamu asal memilih bidang, itu akan mempersulit diri kamu sendiri ketika mendapat perkerjaan. Strategi menjadi freelance di beberapa situs tadi adalah dengan jemput bola, maksudnya adalah kamu sebagai seorang pekerja aktif dalam mencari pelanggan atau orang yang membutuhkan jasa kamu. Kamu bisa membuat portofolio saat menawarkan jasa agar orang yang kamu tawarkan tertarik dan percaya untuk mempekerjakan kamu. Meskipun kamu sudah mendapat gaji tetap sebagai karyawan, jika kamu berniat menambah sumber penghasilan kamu juga bisa menjadi freelance sebagai pekerjaan sampingan kamu.

Content Creator

Content Creator

Istilah conten creator mungkin tidak asing lagi bagi kamu ya? Nah apakah kamu tahu apa arti sebenarnya dari content creator? Pasti kita pernah melihat seseorang memposting foto di feed instagram mereka, kemudian feed tersebut dibuat semenarik mungkin dengan tema tertentu.

Baca juga:  Aplikasi YourPay Untuk TKI Transaksi Uang Dari Luar Negeri

Selain itu, kita juga pernah melihat seseorang membuat video di YouTube dengan tema dan ciri khas nya masing-masing, nah mereka itu adalah content creator. Jadi secara sederhana contern creator adalah seseorang yang membuat konten. Konten yang dibuat dapat disebarkan ke berbagai platform sosial media yang ada, seperti YouTube, TikTok, Instagram, dan Facebook. Seorang conten creator sebenarnya tidak hanya sekedar pencipta konten saja, saat ini mereka memiliki fungsi yang terbilang besar di dunia marketing.

Saat ini banyak conten creator yang ada di YouTube. Jika kamu mengunggah video yang kamu buat di YouTube, untuk mendapatkan penghasilan nya kamu harus mengikuti syarat-syarat tertentu agar mendapat AdSense. Dengan AdSense kamu dapat mendapat penghasilan dengan menampilkan iklan di samping konten online yang kamu miliki. Nah jika kamu berniat menjadi seorang conten creator kamu harus rajin membaca untuk membuat konten yang bagus. Kamu juga harus membuat konten yang orisinal, maksudnya adalah konten yang kamu buat harus memiliki gaya dan ciri khas tersendiri, agar konten kamu dapat bertahan karena saat ini begitu banyak conten creator bertebaran.

Guru Les Privat

Guru Les Privat pekerjaan lulusan sekolah

Sumber penghasilan selanjutnya adalah dengan melamar atau membuka les privat. Hal yang tentu harus kamu miliki adalah penguasaan dalam satu atau lebih mata pelajaran. Menjadi seorang guru les privat mungkin terlihat mudah, karena kamu hanya perlu mengajar satu atau beberapa pelajar saja dan tidak sebanyak siswa di sekolah.

Baca juga:  Cara Mengelola Keuangan Bisnis Kecil yang Sangat Efektif

Tapi, jika kamu memutuskan untuk menjadi guru les privat, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum kamu mengajar, yaitu persiapkan materi yang akan kamu ajarkan dengan matang, kamu bisa berlatih mengajar dulu dirumah, dan pastikan kamu dalam kondisi prima saat mengajar.

Bisnis Sendiri

Bisnis Sendiri

Sumber penghasilan selanjutnya adalah dengan memulai bisnis sendiri. Kamu pasti berpikir tidak mungkin setelah lulus sekolah kita bisa memulai pekerjaan bisnis sendiri, apalagi jika tidak ada modal. Nah, dalam hal ini bisnis yang dimaksud tidak harus bermodalkan uang, kamu bisa memulainya dengan bisnis jasa. Salah satu contohnya adalah memulai jasa tour guide, bisnis ini menawarkan jasa untuk orang-orang yang berlibur namun tidak mengenal daerah yang dituju dengan baik. Sebelum memulai bisnis ini, kamu harus memahami dan mengenali tempat wisata, mengajak teman yang menguasai bahasa asing, bekerjasama dengan penyewaan mobil dan tempat penginapan. Dengan bisnis jasa ini kamu hanya membutuhkan waktu, skill dan tenaga.

Nah itulah 5 sumber penghasilan realistis yang dapat kamu coba setelah lulus sekolah. Setiap orang pasti menginginkan berpenghasilan besar, tapi kamu harus pastikan pekerjaan tersebut halal dan kerjakanlah dengan tekun dan ikhlas. Semoga dapat membantu kamu yang sedang mencari pekerjaan.

  Diperbarui pada : 14 Juli 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com