Adsense cara daftar serta persyaratan blogger dan youtuber

google adsense
google adsense

Adsense menjadi salah satu pembahasan kita diartikel ini untuk mengetahui bagaimana cara kerjanya dan bagaimana anda melakukan pekerjaan anda terkait dengan produk google yang satu ini. Ada banyak cara menghasilkan auang diinternet untuk meraup keuntungan dari berbagai jaringan iklan di seluruh dunia namun hanya beberapa yang terbaik diantara banyaknya jaringan iklan.

Adsense menempati posisi terbaik dari berbagai jaringan iklan karena semua publisher di dunia sebagian besarnya berpartisipasi menggunakan produk google ini, itu sudah pasti karena google merupakan perusahaan search engine terbesar didunia yang memiliki pengguna sekitar 90 % penduduk dunia menggunakan google sebagai mesin pencari.

Apa itu Google Adsense?

Google adsense adalah sebuah produk yang dimiliki oleh perusahaan google selain produk yang lain seperti adwords, youtube, blogspot, google drive, google met, dan yang paling dasarnya adalah google search. Setiap produk google memiliki fungsi dan cara kerja masing-masing misalnya Adwords adalah sebagai tempat pengelola jaringan iklan ketika anda ingin beriklan menggunakan google, youtube sebagai media yang didalamnya hant aberisi video dan blogspot adalah platform untuk para penulis mempublikan postingan sedangkan adsense adalah tempat untuk para publisher.

Jika anda ingin mendapatkan uang dari situs anda dengan menempatkan iklan maka adsense adalah jaringan iklan terbaik saat ini. Anda bisa mendaftar adsense dan menggunakan iklan mereka untuk dipasang ke website anda dan kemudian mendapat bayaran dari iklan tersebut.

Persyaratan mendaftar akun adsense

Pertama yang anda lakukan sebelum mendaftar akun adsense adalah memiliki situs web atau blogger, atau memiliki akun youtube. jika anda sudah memiliki nya maka anda bisa mendaftar untuk bergabung dengan adsense. berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus anda penuhi sebelum mendaftar adsense.

Baca juga:  Jualan online yang paling laris dan laku di pasaran

Persyaratan adsense untuk blogger

  1. Anda bisa memanfaatkan blog gratisan yaitu blogger.com untuk bergabung dan memasang iklan adsense. Persyaratan untuk blogger adalah sebagai berikut:
  2. Artikel harus unik atau bukan artikel copy paste. Anda bisa cek artikel anda apakah copypaste atau tidak dengan memeriksanya disini https://www.copyscape.com/
  3. Artikel harus memadai dalam arti bahwa blog anda harus memiliki setidaknya 20 artikel yang sudah terindex oleh di hasil penelusuran. Selama artikel anda masih sedikit sebaiknya jangan mendaftar dulu
  4. Blog anda harus rapih dan enak dipandang yaitu harus memiliki menu navigasi agar mempermudah pengunjung mengunjungi blog anda
  5. Blog anda harus berusia setidaknya 3 bulan lebih sebelum mengajukan ke adsense
  6. Domain anda disarankan menggunakan domain TLD agar lebih baik misalnya domain.com, .net, .xyz atau apapun itu. Namun jika anda menggunakan subdomain atau domain default dari blogger yaitu blogspot.com juga tidak masalah.
  7. Akun adsense anda atau akun google utama anda, pemiliknya harus berusia diatas 18 tahun atau dewasa.
  8. Memiliki KTP untuk digunakan pada kedepan hari, karena suatu saat adsense akan meminta verifikasi.

Jika anda sudah memenuhi persyaratan tersebut, anda bisa mendaftarkan adsense segera.

Persyaratan untuk Youtube

Jika anda seorang youtuber maka untuk memonetisasi konten video anda dengan adsense juga memiliki beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. berikut adalah persyaratan monetisasi untuk youtube

  1. Video harus original, bukan video orang lain atau konten yang berhakcipta.
  2. Menggunakan musik yang tidak mengandung hak cipta, anda bisa menggunakan musik yang direkomendasikan youtube di akun anda
  3. Memiliki 1000 subscriber. channel anda harus memiliki minimal 1000 subscribe dalam 12 bulan terakhir.
  4. Memiliki jam tayang diatas 4000. Adsense hanya bisa menerima channel anda yang jumlah jam tayangnya diatas 4000 jam tayang dalam 12 bulan terakhir.
  5. Tidak mengandung kekerasan. Anda harus menghindari yang namanya konten kekerasan, video anda tidak boleh menampilkan itu dan tidak boleh menampilkan sesuatu yang dilarang oleh hukum dan agama
  6. Hindari menampilkan bagian tubuh yang sensitif misalnya menampilkan rok mini yang keterlaluan, menampilkan CD, kutang dan lain sebagainya.
  7. Hindari menampilkan software atau aplikasi yang menganding hak cipta
  8. Hindari konten yang mengandung judi, hacker, cheat dan lain lain
Baca juga:  Keuntungan Bekerja Freelance Yang Harus Kamu Pahami

Jika video anda memenuhi persyaratan maka anda bisa mengajukan pendaftaran channel anda ke adsense, kemudian adsnse akan meninjau terlebih dahulu channel youtube anda. Sekarang saatnya anda melakukan pendaftaran ke adsnse untuk blogger atau youtube anda.

Mendaftar adsense melalui blogger

Untuk mendaftar adsense melalui blogger silahkan ikuti panduan ini:

  • Masuk ke akun blogger anda dengan mengunjungi https://www.blogger.com/
  • Jika anda memiliki beberapa blog, silahkan masuk ke salah satu blog yang ingin diajukan
  • Pada dashboard blogger silahkan pergi ke menu Penghasilan, anda akan melihat tombol BUAT AKUN ADSENSE. Jika anda tidak melihat tombol itu, silahkan ubah bahasa blog anda menjadi bahasa inggris maka tombol itu akan muncul.
  • Klik tombol Buat akun adsense maka anda akan diarahkan ke google adsnse, alamat blog anda terisi secara otomatis.
  • Selanjutnya jika ada pilihan silahkan pilih YA, lalu isi semua data yang diperlukan termasuk kebijakan.
  • Sekarang anda diarahkan ke dashboard adsnse, jika muncul popup yang biasanya berwarna kuning silahkan klik tombol Mulai
  • Kemudian pilih jenis akun Individu dan isi semua formulis seperti nama, alamat dan sebagainya sesuai dengan ktp anda. Ingat! data anda harus sesuai dengan ktp

Sampai disini sudah selsai, sekarang blog anda sedang dalam tahap peninjauan oleh adsense

Daftar adsense lewat akun youtube

Setelah channel anda memenuhi persyaratan, anda bisa mengajukan pendaftaran monetisasi malalui dashboard youtube anda

  • Dari dashboard akun youtube anda pergi ke menu Monetisasi
  • Jika channel anda memenuhi persyaratan, anda akan melihat status channel anda seperti status jumlah subscriber dan jumlah jam tayang serta tombol Daftar Sekarang yang berwarna biru
  • Klik tombol tersebut maka akan diarahkan ke langkah-langkah. Mulai dari langkah 1, setujui semua persyaratannya
  • Kemudian lanjut ke langkah 2, klik Mulai dan verifikasi, lalu akan diarahkan ke akun adsense. Silahkan isi semua formulir yang ditampilkan, sampai pada akhirnya anda akan dialihkan kembali ke akun youtube anda.
  • Sekarang anda sudah selesai melakukannya dan channel anda sedang ditinjau oleh youtube untuk untuk mengetahui kelayakan anda memonetisasi
  • Untuk langkah 3 tidak perlu melakukan apa-apa karena langkah 3 itu adalah proses peninjauan.
Baca juga:  Cara belanja di shopee dan Tips Memilih penjual terbaik

Proses tinjauan monetisasi ini bisa memakan waktu beberapa hari bahkan sebagian kasus membutuhkan waktu hingga 1 minggu, 2 minggu atau mungkin 1 bulan sampai dengan 3 bulan. Saya harap anda sabar menunggu hasilnya.

Kesimpulan

Mendaftar akun adsense bukan berarti blogger atau youtube anda bisa mendapatkan penghasilan karena setiap pengajuan ke adsense membutuhkan persetujuan untuk mengetahui kepatuhan anda terhadap kebijakan mereka. Jika anda melakukan semua itu dengan murni dan dengan cara yang baik maka tidak perlu ragu untuk ditolak adsense.

Kebanyakan blogger yang ditolak itu karena tidak memenuhi persyaratan seperti konten yang blogger yang terlalu sedikit, tampilan blogger yang terlalu berlebihan, tampilan yang tidak memadai, banyaknya artikel yang tidak terindek dan lain sebagainya.

Yang paling penting adalah hak cipta, karena hal yang paling diutamakan untuk diperhatikan adalah hak cipta atau copyright, jadi jika konten anda terdapat sedikit saja yang mengandung hak cipta bersiaplah untuk ditolak oleh adsense. Konten berhak cipta ini biasanya di alami oleh blogger yang copy paste atau youtuber yang menggunakan video orang lain, sebaiknya jangan lakukan ini.

  Diperbarui pada : 06 April 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com