7 Pertimbangan Sebelum Jalani Double Job

Pertimbangan Sebelum Jalani Double Job
Pertimbangan Sebelum Jalani Double Job

Ingin terus berkembang mengasah kemampuan dan keterampilan itu baik selagi cara yang dilakukan terbilang sehat dan tidak merugikan orang lain. Ketika usaha kita untuk bisa berkembang menjadikan kita berhasil menjalani dua pekerjaan atau lebih pasti akan sangat membuat kita bangga. Selain menjadi pembuktian atas usaha keras yang kita lakukan, juga bisa menambah penghasilan kita jadi lebih banyak.

Walau banyak nilai lebihnya, agaknya perlu adanya suatu pertimbangan tersendiri saat kita memutuskan untuk menjalani dua pekerjaan sekaligus. Karena ada beberapa masalah yang bisa saja timbul karena tidak bisa menyesuaikan keadaan tersebut. Coba pertimbangkan dulu 7 hal berikut ini, jika kamu memang mempunyai keputusan untuk menjalani dua pekerjaan sekaligus.

1. Pertimbangkan kemampuan yang dimiliki

Menjalani dua pekerjaan sekaligus memang membanggakan, akan tetapi coba bisa mempertimbangkan soal kemampuan yang kita miliki. Pada kenyataannya memang akan banyak pendapatan yang kita peroleh, akan tetapi ketika kemampuan kita untuk biasa melakukan dua pekerjaan itu kurang akan berakibat buruk untuk kita sendiri juga. 

Akan ada saatnya ketika pekerjaan tidak bisa kita selesaikan dengan maksimal akan dapat membuat kita stress hingga berujung pekerjaan yang justru bisa kacau. Dibutuhkan kemampuan lebih karena memang tantangan yang nantinya dihadapi juga akan berlipat. Pastinya akan mendapatkan hal yang tidak maksimal jika tidak bisa menyeimbangkannya.

2. Mampu atau tidak dalam hal manajemen waktu

Pertimbangkan juga soal manajemen waktu yang pastinya bisa saja rumit. Kita harus bisa fokus keduanya dan pandai membagi waktu untuk bisa bekerja secara maksimal dari dua pekerjaan tersebut. Misalnya saja ketika dua pekerjaan yang dijalani membutuhkan hasil yang tercapai dalam waktu yang cepat, pastinya kita harus bisa membagi waktu supaya keduanya bisa tercapai target dari apa yang diinginkan.

Akan ada banyak saat di mana fokus kita terpecah karena waktu kerja yang mungkin berbenturan dengan target yang harus kita capai. Tidak mudah memang, akan tetapi jika selalu bekerja keras dan punya komitmen tinggi pasti bisa dijalani. Jika memang kita selalu telaten dan juga tak kenal lelah dalam bekerja keras, pasti hasilnya juga akan lebih dari yang kita harapkan.

3. Bisa atau tidak dengan komitmen yang dijalani

Pertimbangkan juga akan suatu komitmen yang akan kita jalani ketika memilih dua pekerjaan sekaligus. Jika tidak ada komitmen, kemungkinan besar hasilnya akan kacau atau bahkan kedua pekerjaan yang kita jalani bisa saja gagal. Tidak hanya satu pekerjaan saja, namun juga semua pekerjaan juga bisa berimbas dan itu pasti tidak mengenakan hati.

Dengan sebuah komitmen, kita akan bisa terpacu ketika keadaan sudah membuat kita lelah dan tidak nyaman. Ketika komitmen yang ada bisa diterapkan dengan benar, akan ada hasil maksimal yang akan kita dapatkan. Usaha keras yang kita lakukan tidak hanya membuat kita puas, namun juga punya kemungkinan mendapatkan gaji yang lumayan banyak dari yang sebelumnya.

4. Pastikan tidak berdampak buruk bagi kesehatanmu

Ketika memilih dua pekerjaan sekaligus, coba juga untuk bisa mempertimbangkan masalah kesehatan. Ketika kita sekiranya tidak mampu menjalaninya, coba pikir ulang karena bisa saja waktu istirahat yang banyak tersita karena dua pekerjaan yang kamu jalani itu akan mengganggu kesehatanmu.

Alhasil, kemungkinan untuk kelelahan bahkan bisa saja sakit semakin besar. Jika keadaan badan sudah terasa tidak enak karena sakit, pekerjaan akan terhambat dan bisa saja berantakan karena nya. Dengan menyesuaikan pekerjaan maka kesehatan tubuh juga akan selalu bisa terjaga dengan baik. Percuma saja jika sukses dengan banyak pekerjaan dan gaji besar namun kesehatan terganggu.

5. Sebaiknya berpikir juga apakah bisa mengganggu mental dan psikis

Coba juga untuk mempertimbanhkan pikiran dan beban yang nantinya akan kamu hadapi. Bisa saja karena banyak beban kerja dari dua pekerjaan yang kamu jalani, akan banyak menimbulkan beban pikiran dan rasa stress pada dirimu. Masalah kesehatan mental dan psikis sejatinya penting karena bisa juga membantu kesehatan kita nantinya.

Jika keadaan itu terus berlanjut, bukan hanya mengganggu pekerjaan akan tetapi akan berpengaruh juga terhadap mental dan psikis. Hal ini juga akan berpengaruh buruk pada kesehatanmu. Jangan sampai hal ini terjadi, karena pastinya akan membuat kamu rugi.

6. Pikirkan akan hasil yang bisa dicapai secara kualitas

Memikirkan hasil yang akan bisa dicapai secara kualitas juga penting dilakukan. Kita harus mampu menjaga kualitas hasil kerja kita sama atau bahkan lebih dari pada saat kita hanya bekerja satu pekerjaan saja.

Sulit memang, akan tetapi ketika kita hanya sekedar mengejar target dari dua pekerjaan tanpa memperhatikan kualitas, bukan tidak mungkin akan menurunkan kinerja kita dalam bekerja. Pada akhirnya bukan nilai lebih yang kita dapat justru akan semakin diberatkan dengan target yang setiap waktu harus tercapai. Hindari hal yang demikian ini karena sesungguhnya tidak efektif untuk dirimu.

7. Kuantitas pencapaian target masing-masing pekerjaan juga perlu dipertimbangkan

Selain masalah kualitas, kuantitas pekerjaan agaknya juga perlu kita pertimbangkan saat memilih untuk menjalani dua pekerjaan sekaligus. Apakah kita nantinya mampu mencapai banyaknya target yang harus dicapai masing-masing pekerjaan atau tidak. Pertimbangan tersebut penting dilakukan, karena bisa saja mempengaruhi profesionalitas dan tanggung jawab pekerjaan kita.

Itulah 7 pertimbangan ketika kamu ingin menjalani dua pekerjaan sekaligus. Bersiap dengan segala konsekuensi yang ada ya guys. Namun juga semua dijalani dengan ikhlas dan kerja keras pasti hasilnya juga memuaskan sekali.

Baca juga:  Aplikasi Penghasil Uang Terbaik Dan Legit

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com