Tips dan Saran Agar Sukses Investasi di Masa Muda

Tips dan Saran Agar Sukses Investasi di Masa Muda
Tips dan Saran Agar Sukses Investasi di Masa Muda

Jenis Investasi Yang Cocok di Masa Muda – Pentingnya Investasi Sejak Dini – Sudah sangat sering kita dengar sebuah kata investasi dari berbagai sumber. Namun sebagian kita khususnya kaula muda masih menggap bahwa investasi memerlukan uang atau modal yang besar. Di sini saya akan memberikan informasi betapa pentingnya Investasi kita mulai sejak usia muda.

Bagi anda yang masih menganggap investasi sebagai hal yang sulit karena memerlukan uang cukup besar, informasi ini sangat cocok untuk anda. Sebelum kita membahas jauh tentang hal ini. Bagi anda yang belum memahami sederhananya pengertian investasi, saya akan membuat analogi yang sederhana. Jadi, investasi adalah pengalihan aset kita yang biasanya masih berbentuk uang menjadi sesuatu yang kita yakini dimasa yang akan datang menjadi sesuatu yang bernilai lebih dari aset atau uang yang kita miliki di awal.

Contoh sederhananya, jika kita memiliki uang sebesar 10.000.000 kita akan membeli seekor sapi betina. Karena kita meyakini bahwa sapi yang kita beli akan naik harganya jika tumbuh dengan baik atau kita jual pada saat harga jualnya tinggi atau bisa juga dengan mengembangbiakkan nya yang akan memberikan keuntungan berlipat ganda pada kita. Kegiatan inilah yang di namakan investasi.

Tentu contoh di atas masih memiliki nilai yang cukup besar bagi sebagian orang. Namun itu hanya analogi yang sering kita jumpai. Bagi anda yang belum memiliki modal yang besar, bisa anda mulai dari aset yang sesuai dengan yang anda punya. Ada banyak sekali aset yang bisa anda dapatkan dengan harga yang terjangkau dan memiliki harga jual yang menguntungkan. Contohnya sebagai berikut:

Baca juga:  Cara Mengelola Keuangan Bisnis Kecil yang Sangat Efektif

1. Investasi Emas di Masa Muda

Pasti anda sudah tidak asing dengan emas, sudah dari jaman dulu nenek moyang kita sudah ber investasi menggunakan emas. Biasanya, orang yang menggunakan emas untuk berinvestasi mereka hanya menyimpan saja, agar berat dari emas itu sendiri tidak susut terlalu jauh karena gesekan atau benturan dengan hal lain.

Emas yang merupakan sumber daya alam yang terbatas ini, memiliki harga yang cukup elastis. Bisa turun dan bisa naik, jika anda ingin lebih untung, maka belilah emas di harga yang rendah dari harga sebelumnya. Misalnya harga kemarin 500 RB per gramnya anda bisa membelinya jika harga menyentuh harga di bawahnya dan menjual pada saat harga melampuai harga tersebut. Misalnya anda beli di harga 400rb dan menjualnya dengan harga 600rb. Anda sudah memiliki keuntunga 100-200rb. Tentu dengan analisa fundamental yang anda lakukan bisa lebih cepat atau lambat.

2. Investasi Saham

Mungkin bagi anda yang belum tahu akan merasa kaget dengan kata yang satu ini. Karena mungkin anda masih berpenghasilan rendah, atau mungkin masih pelajar. Perlu banyak sekali uang untuk memiliki saham. Eits jangan salah!, Jika dulu kita tahunnya memiliki saham itu ribet dan khusus orang orang kaya yang hartanya sudah tidak tahu mau di kemanakan. Karena perlu membuka skuritas, memiliki notaris dan lain sebagainya. Tapi tidak dengan saat ini, anda bisa membeli saham dengan modal yang kecil. Bagaimana caranya? Bagi anda yang belum tahu, saat ini sudah banyak sekali broker broker yang menyediakan saham-saham dengan seperti mengecernya tanpa minimum transaksi yang besar.

Baca juga:  Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Paling Aman Dan Cepat

Banyak sekali harga saham saat ini yang memiliki harga yang murah terjangkau, bahkan di bawah 500 rupiah saja per lotnya. Misalnya anda membeli saham PT. Ad dengan harga 500 rupiah, biasanya broker membatasi minimum transaksi adalah 100 lor per transaksi. Jadi 500 × 100= 50.000. dengan uang 50.000 anda bisa memiliki aset sebesar 100 log saham dari PT Ad tersebut dan sudah menjadi bagian pemilik perusahaan tersebut. Hanya dengan 50.000, bagaimana jika anda memiliki pemasukan 1 juta misalnya, kemudian membelikan saham tadi dengan 50% uang kita lalu menjualnya di harga yang lebih tinggi pada saat di perlukan, maka akan semakin tinggi pendapatan yang akan anda peroleh.

3. Coin crypto (Crypto Currency)

Coin crypto adalah jenis mata uang atau alat pertukaran barupa coin-coin virtual yang memiliki harga berbeda beda, tergantung perusahaan penyedia coin tersebut. Nah, mengapa coin crypto menjadi salah satu pilihan yang pas untuk Anda ber investasi?. Jawabnya adalah karena tidak perlu jumlah uang banyak, atau pembatasan pembelian lot anda sudah bisa mimiliki aset yang satu ini. Mengingat bahwa terawangan masa depan akan mengubah gaya transaksi yang serba canggih. Bahkan untuk saat ini. Segala sesuatu bisa di beli dengan crypto, mobil, rumah, dan apapun selama harga cukup dengan jumlah aset yang kita miliki.

Baca juga:  Cara Mendapatkan Uang di SHAREIT WeMEDIA

Crypto sendiri bisa kita dapatkan dengan cara menambangnya dengan menggunakan mesin tambang khusus yang diprogram, atau dari kita beli sendri dari tangan orang lain, dan bahkan dari sesuatu yang bisa kita tukarkan. Contohnya jika kita memiliki sebuah karya lukis yang amat bernilai fantastis, kita akan menjualnya dengan mata uang crypto.

Cara nya sama seperti dua objek investasi di atas, kita beli di harga murah dan jual di harga yang akan meningkat tentu dengan analisa fundamental yang cukup baik.

Itulah tadi beberapa pandangan yang bisa anda ambil yang dirasa penting. Dan bagi anda kaum milenial, jangan ragu untuk belajar berinvestasi dengan cara apapun yang kalian suka. Yang mana investasi sendiri tadak menuntut Anda untuk berinvestasi pada aset yang mereka tawarkan. Jika kita kaula muda, jika belajar sejak dini akan sangat membantu anda untuk menghadapi kehidupan di masa yang akan datang.

Semoga bermanfaat.

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com