Cara Mengelola Keuangan Bisnis Kecil yang Sangat Efektif

cara mengelola keuangan bisnis kecil
cara mengelola keuangan bisnis kecil

Cara Mengelola Keuangan Bisnis Kecil. bisnis merupakan suatu hal terpenting bagi seseorang untuk meraih kesuksesan, jika anda ingin sukses maka jalan yang harus ditempuh bukan tidur melainkan menjadi seorang pebisnis. Bisnis ada banyak bermacam ragan dan anda bisa memulainya didasari dengan hobi serta minat.  Ada bisnis kecil, ada bisnis menengah dan ada juga bisanis besar yamana pada masing-masingnya juga dilakukan sesuai modal awal. Jika anda memiliki modal yang kecil maka mulailah dengan bisanis kecil-kecilan dan begitu seterusnya.

Cara Mengelola Keuangan Bisnis Kecil yang Sangat Efektif

Dalam suatu bisnis, baik itu skala kecil, menengah, sampai berskala besar, diperlukan catatan lengkap seputar keuangan, yang meliputi cash flow, catatan omset, dan catatan pembelian usaha. Catatan- catatan tersebut sangat penting supaya Kamu tidak kerepotan ketika suatu hari usaha Kamu jadi besar.

Tidak hanya itu, pencatatan keuangan juga dibutuhkan buat mengukur kinerja serta sasaran. Tidak sedikit usaha kecil yang bangkrut akibat manajemen keuangan yang tidak efisien. Sementara itu, usahanya berpotensi jadi besar.

Baca juga:  Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Paling Aman Dan Cepat

Memanajemen keuangan bisnis memanglah sering jadi permasalahan yang sangat rumit untuk start up UKM. Oleh sebab itu, dalam postingan ini akan diberikan beberapa cara dalam memanajemen keuangan secara simpel serta efisien.

1. Menguasai Pembukuan Keuangan dalam mengelola keuangan bisnis kecil

Dalam mengelola pencatatan keuangan, Kamu butuh membuat 5 buku akun secara terpisah, yang berisi catatan seluruh transaksi. Buku akun tersebut ialah untuk mencatat arus kas keluar masuk, buku hutang piutang, persediaan benda, pembelian serta penjualan, dan bayaran serta pemasukan tidak hanya penjualan jasa ataupun produk.

2. Memisahkan Keuangan Individu dengan Keuangan Bisnis

Cara mengelola keuangan bisnis kecil yang kedua yaitu memisahkan antara harta individu dengan harta milik usaha. Biasanya, aspek utama bangkrutnya usaha kecil akibat tidak memisahkan 2 tipe keuangan tersebut.

Apabila Kamu memisahkannya, maka akan jelas mana uang untuk bisnis serta mana keperluan individu. Kamu dapat mengambil pendapatan dari keuntungan usaha Kamu buat keperluan individu dengan senantiasa mencatatnya dalam buku.

3. Merancang Pemakaian Uang dengan Baik

Sebagai pelakon bisnis, Kamu perlu merancang pemakaian uang dengan sebaik-baiknya. Terlebih ketika Kamu memiliki modal lebih banyak dari yang telah diperhitungkan.

Kamu tidak boleh menghamburkan uang, meskipun saldo kas usaha Kamu lebih dari cukup. Membiasakan rencana pengeluaran dengan target-target penjualan serta penerimaan kas sebaik mungkin. Kamu dapat menunda rencana belanja modal apabila tidak berguna dalam kenaikan penjualan.

Baca juga:  7 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Kamu Sulit Banyak Uang

4. Melaksanakan Putaran Kas Secara Efektif

Kamu hendaknya jangan cuma berpusat pada keuntungan, namun juga bagaimana mengelola keuangan usaha. Pengelolaan tersebut meliputi metode mengelola hutang, piutang, dan persediaan produk.

Jika cara mengelola keuangan bisnis kecil ini tidak sering dilakukan, sehingga usaha akan menghadapi kesusahan kas. Walaupun, catatan akuntansinya menampilkan angka yang baik.

Upayakan supaya termin penjualan kredit tidak jauh berbeda dengan pembelian secara kredit. Tidak hanya itu, Kamu wajib menekan tingkat persediaan supaya order terpenuhi tanpa membebani keuangan.

5. Membenarkan Perhitungan Keuntungan untuk mengelola keuangan bisnis kecil

Menghitung profit ataupun keuntungan secara tepat sama pentingnya dengan menciptakan keuntungan itu sendiri. Di mana, bagian yang sangat krusial dalam menghitung laba/ profit/ keuntungan usaha yaitu dengan menghitung bayaran yang dikeluarkan.

Berapa besar bayaran dapat diketahui sebab dilakukan dengan pembayaran tunai. Oleh karena itu, sebagian lagi tidak berbentuk uang kas, seperti amortisasi serta penyusutan.

Tidak hanya itu, walaupun belum terjadi, namun Kamu juga perlu mencadangkan biaya buat masa mendatang, misalnya pembayaran pajak.

6, Menggunakan Pihak Ketiga ataupun Memakai Software

Bila susah untuk Kamu melaksanakan pembukuan buat manajemen keuangan, Kamu dapat menggunakan karyawan ataupun pihak lain buat menolong melaksanakan perihal tersebut. Apabila hal itu masih belum berhasil, Kamu dapat memakai aplikasi khusus untuk mengelola keuangan usaha Kamu.

Baca juga:  Aplikasi Transfer Tanpa Biaya yang Cukup Direkomendasikan

Sekarang ini, terdapat banyak aplikasi manajemen keuangan simpel yang ditawarkan buat usaha kecil. Biayanya juga bermacam- macam sesuai kebutuhan usaha. Dengan aplikasi tersebut, Kamu dapat mengirit waktu serta pekerjaan.

Demikianlah beberapa cara mengelola keuangan bisnis kecil secara simpel namun efisien. Mudah- mudahan bisa berguna. Intinya jangan pernah putus asa dalam melakukan segala hal, dan jangan merasa letih sehingga membuat anda ingin berhenti dari apa yang anda lakukan itu karena kesuksesan itu hanya tercapai melalui proses.

  Diperbarui pada : 08 April 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com