Cara Mengamankan Akun Sosial Media dari Peretas

Cara mengamankan akun sosial media yang di hack, amankan akun dari hacker atau peretas
Cara mengamankan akun sosial

Baca Pos – Cara mengamankan akun sosial media yang di hack, amankan akun dari hacker atau peretas. Apa sih sosial media itu? sosial media semacam media daring yg bisa digunakan untuk berinteraksi, berpartisipasi maupun berbagi satu sama lain. Ada beberapa macam media sosial yg sering digunakan banyak orang, contohnya seperti facebook, whatsapp, instagram, youtube, twitter, dll.

Hampir semua orang memiliki akun media sosial, namun ada segelintir orang yg kurang peduli sama keamanan akunnya, padahal ada dampak besar yg bisa kita terima jika kurang memperhatikan keamanan akun media sosial kita. Salah satunya data pribadi kamu bisa diambil oleh orang yg tidak bertanggung jawab, untuk melakukan tindakan kejahatan.

Cara Mengamankan Akun Media Sosial (Medsos)

Namun jangan khawatir, ada beberapa cara yg bisa kamu lakukan untuk mengamankan akun medsosmu.

1. Selalu Log out dari perangkat lain

Selalu Log out

Cara mengamankan akun yang pertama biasakan selalu Log out. Setiap kali kamu log in ke perangkat lain, entah itu hp teman ataupun perangkat di warnet, pasti sering kelupaan. Jangan pernah mengulangi kesalahan tersebut, bisa saja teman ataupun orang lain bisa log in ke akunmu. Pastikan akunmu telah log out dengan benar dari perangkat tersebut.

Baca juga:  Cara Usaha Wifi Rumahan Tips Memulai Supaya Berhasil

Baca juga: Lupa Menyimpan HP? Gunakan Aplikasi

2. Membuat password yang rumit

password yang rumit

Cara mengamankan akun berikutnya ketika membuat akun medsos perlunya membuat password yg rumit, tujuannya antara lain untuk meningkatkan keamanan akun tersebut. Sehingga peretas/hacker kesusahan untuk membobol akunmu. Bagi yg sudah membuat akun, tapi belum merumitkan password, segera lah ganti. Buatlah password yg rumit dengan menggunakan kombinasi huruf kecil/besar dan angka, Tentunya harus mudah diingat.

Baca juga: Cara Membuat CV Di Hp Dengan Satu Aplikasi

3. Investasi VPN

Investasi VPN

Cara mengamankan akun menggunakan VPN. VPN memberikan privasi dengan membuat jaringan pribadi dari internet publik. VPN dapat menutupi alamat IP, sehingga kegiatan online tidak bisa dilacak. Layanan VPN juga bisa membangun koneksi terenkripsi dan aman sehingga memberikan privasi yg lebih luas daripada hotspot Wi-Fi. Setidaknya dengan menggunakan VPN bisa mengurangi dampak dari internet di ruang publik.

4. Jangan sembarangan klik tautan yg nggak jelas

Pasti sering orang-orang membagikan tautan dengan berbagai modus seperti uang gratis atau apalah yg sumber tautannya nggak jelas. Jangan sekali-sekali mengklik tautan tersebut, apalagi sampai login di tautan itu, bisa saja tautan tersebut mengandung virus malware atau merupakan link phising yg dapat mengambil data pribadi kamu.

5. Fitur verifikasi dua langkah – Cara mengamankan akun

ini merupakan fitur yg bisa kamu gunakan untuk memperketat keamanan akunmu, dengan cara kerja melakukan verifikasi ke akunmu yg lain dan juga memberikan verifikasi melalui kode sms ke no hpmu.

Baca juga:  Cara Cepat Mendapatkan Pekerjaan, Begini Caranya

Nah gimana? jadi lebih aman kan. Tentunya ini sangat penting, mengingat banyak orang yg sering peretas akun orang lain.

  Diperbarui pada : 12 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com