Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Awet & Tahan Lama

Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Awet & Tahan Lama
Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Awet & Tahan Lama

Cara Merawat Pakaian Agar Tetap Awet & Tahan Lama – Baju dan celana merupakan pakaian utama yang perlu kita perhatikan, bukan tanpa alasan sebab supaya tetap terjaga serta terawat kualitas bahan dari pakaian tersebut. Pasti masing-masing dari kita memiliki baju ataupun celana yang menjadi favorit untuk dikenakan, dengan begitu pastilah kita akan merawatnya sebaik mungkin agar awet dan tidak mudah rusak.

Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa kita harus merawat pakaian, disamping alasan-alasan lain yang ada. Misalkan karna pakaian tersebut memiliki harga yang cukup mahal, jadi harus merawatnya dengan baik daripada harus membelinya lagi. Mungkin juga pakaian tersebut merupakan barang limited edition, jadi mesti benar-benar dirawat dan dijaga karna tidak akan ada restock lagi.

Akan tetapi tidak semua orang tau cara merawat dan menjaga pakaiannya sendiri, sebagian orang tersebut tidak mengerti harus mengawalinya dari mana. Oleh karna itu, artikel ini bertujuan untuk menginformasikan cara yang bisa dilakukan untuk merawat ataupun menjaga pakaian supaya tetap awet dan tahan lama. Let’s do it, enjoy reading.

Beberapa Cara Merawat Pakaian Agar Tahan Lama

1. Setrika

Hal ini penting dilakukan agar pakaian tetap terlihat dalam keadaan yang rapi, sebab pada umumnya manusia memiliki ketertarikan pada hal kerapian. Sebenarnya ini juga merupakan hal dasar dalam merawat pakaian, supaya tinggal memakainya saja jika diperlukan karna sudah rapi. Usahakan ketika menyetrika sembari disemprotkan pewangi pakaian, agar pakaian yang telah disetrika tetap rapi dan wangi didalam lemari.

Baca juga:  Dapatkan Kuota Axis 20GB, Begini Caranya

Gunakan uap panas yang low ketika menyetrikanya, agar warna pakaian tersebut tidak luntur serta bahannya tidak mudah rapuh. Sebab menyetrika dengan uap panas yang berlebihan akan mengakibatkan dampak buruk pada pakaian, apalagi pakaian tersebut berbahan dasar katun.

2. Jangan Setrika Sablon (gambar)

Sablonan gambar pada pakaian merupakan hal yang penting selain dari bahan pakaian yang bagus, sebab sablonan tersebut sebagai pendukung dari daya tarik pakaian itu sendiri. Jadi jangan sampai merusak sablonan tersebut dengan menyetrikanya, karena bisa merusak stylenya.

Masih seputar perkara menyetrika, usahakan jangan menyetrika sablon gambar secara langsung. Karna sablon tidak terbuat dari kain yang bisa disetrika seperti bahan dasar pakaian tersebut, menyetrika sablon gambar juga dapat merusak tekstur dari sablonan tersebut. Kita bisa menyetrika bagian sablonan tersebut dengan catatan minimal dilapisi dengan kertas atau kain yang lebih tipis lainnya, kita juga bisa menyetrika dari dalam pakaian agar sablonannya tidak rusak.

Baca juga: Bahaya, Hiburan Dunia Gemerlap (Dugem) Wajib Tahu

3. Jangan di Brush

Jika pakaian yang sudah selesai digunakan kotor karna noda yang telah kita kenakan beraktivitas, maka lebih jangan di brush bagian yang kotor tersebut. Lebih baik direndam saja supaya kotorannya luntur, setelah itu barulah dikucek menggunakan tangan dengan sedikit kekuatan. Sebab jika dibrush dikhawatirkan akan menimbulkan bulu-bulu pada bagian yang ada nodanya tersebut, alhasil jadi bersih tapi malah pakaian jadi berbulu pada bagian tertentu.

Baca juga:  Destinasi Bulan Madu Yang Cocok Berdasarkan Zodiak

Boleh saja dibrush, akan tetapi jangan terlalu kuat untuk menjaga kualitas dari bahan pakaian tersebut. Misalkan untuk pakaian yang memiliki warna putih, alangkah lebih baik jika direndam kemudian diberi pemutih saja. Dengan begitu walaupun tidak terlalu bersih, kita tinggal menguceknya saja untuk hasil yang maksimal.

4. Jangan Jemur Terlalu Lama

Seperti halnya menyetrika pakaian, dalam hal menjemurnya juga harus dan penting untuk diperhatikan. Jemurlah pakaian dalam waktu tertentu saja, jangan biarkan pakaian terlalu lama terkena terik panas matahari secara langsung. Selain dapat memudarkan warna dari pakaian tersebut, menjemurnya terlalu lama juga dapat mengakibatkan bahan dari pakaian itu sendiri rapuh dan mudah robek.

Caranya dengan membilas pakaian sampai benar-benar bersih hingga tidak ada lagi busa deterjen yang tertinggal, kemudian peras pakaian tersebut. Selanjutnya kibaskan pakaian untuk memastikan sudah tidak terlalu basah, dengan begitu kita tidak perlu menjemurnya terlalu lama, sebab sudah sedikit kering dan hanya membutuhkan waktu beberapa jam saja untuk mengeringkannya secara maksimal.

Baca juga: Cara Menjaga Daya Tahan Tubuh Tetap Kebal

5. Jangan Rendam Terlalu Lama

Bahan kimia yang ada dalam kandungan deterjen memiliki tekstur yang cukup panas, selain dapat membersihkan noda, deterjen juga dapat merusak kualitas pakaian jika kita merendam pakaian tersebut terlalu lama. Apalagi bahan pakaian yang mudah luntur, maka akan berdampak buruk bagi pakaian itu sendiri dan juga pakaian yang lainnya. Pakaian yang lain tersebut akan terkena warna dari lunturan pakaian tersebut, alhasil bisa menimbulkan bercak warna yang berbeda.

Baca juga:  Chip Higgs Domino Gratis, Begini Cara Mendapatkan

6. Jangan Pinjamkan ke Orang Lain

Bukan pelit ataupun sejenisnya, tetapi lebih mewanti-wanti supaya barang pribadi kita tetap tahan lama. Boleh saja meminjamkannya, tatapi dengan batas waktu yang wajar. Sebab kita tidak tau persis bagaimana ia memperlakukan barang-barangnya, bisa saja ia sembarangan memakainya dan tidak begitu merawatnya.

Setiap manusia memiliki cara uniknya masing-masing dalam merawat barang berharganya, salah satunya dengan tidak mudah meminjamkannya pada orang lain. Karna orang lain tidak merasakan bagaimana cara untuk mendapatkan barang tersebut, jadi dia akan semena-mena dalam menggunakannya.

Baca juga: Jangan Asal Pakai Skincare, Ini Dia Cara Yang Benar

7. Jangan Dipakai Tidur

Jika pakaian tersebut bukanlah piyama, maka jangan gunakan ketika tidur. Karna bahan dari pakaian tersebut tidaklah seelastis pakaian untuk tidur, jika tetap memaksa dikenakan saat tidur maka biasanya bahan pakaian akan mengalami melar karna gerakan-gerakan yang kita lakukan saat tertidur.

Untuk itu gunakanlah pakaian sesuai dengan waktu dan tempatnya, supaya pakaian tersebut tetap awet dan tahan lama. Dengan menerapkan cara ini, berarti kita telah melakukan satu hal perawatan kepada pakaian itu sendiri.

Demikianlah beberapa cara merawat pakaian agar tetap awet dan tahan lama, selamat mencoba. Terimakasih, semoga bermanfaat.

See you ♡

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com