Makanan Penurun Asam Urat Yang Perlu Diketahui

Makanan Penurun Asam Urat Yang Perlu Diketahui
Makanan Penurun Asam Urat Yang Perlu Diketahui

Makanan Penurun Asam Urat – Penyakit asam urat adalah penyakit sendi yang terjadi pada kadar asam urat di dalam darah kita terlalu tinggi. Pada kondisi normal asam urat itu dia akan larut di darah kita melalui urine yang kita setiap hari buang, cuma pada kondisi tertentu asam urat itu terlalu banyak produksinya karena kita makanan yang ngawur terlalu banyak, sehingga menjadi banyak kristal kristal yang kelebihan di dalam darah kita itu menumpuk di sendi sendi kaki dan tangan, nah itu menjadi bengkak, nyeri, dan rasanya nggak enak.

Biasanya asam urat itu terjadi di jempol kita, jempol kita bisa bengkok karena kristal – kristal itu menempel di sendi sendi kita menjadi bengkok, bengkak merah sakitnya bukan main gak bisa diapa apain pakai obat saja nggak mempan. Makanya kalau kita udah tahu asam urat itu sangat susah diatasinya merasa tidak enak dirasakannya ayolah kita mulai sekarang pilih makanan yang bisa menyembuhkan atau mengurangi kemungkinan asam urat. Makanan yang bisa menurunkan asam urat salah satu yang paling bagus adalah buah dan sayur.

Buah-buahan Penurun Asam Urat

1. Buah Apel

Apel itu selain bisa untuk menguruskan badan, diet, dan makan apel itu bagus juga untuk kesehatan jantung kita. Di dalam apel terdapat special compound namanya asam malik fungsinya yaitu menetralisir purin atau yurike exit yaitu asam urat yang ada di dalam darah kita menjadi netral.

Baca juga: Apa Itu Insomnia Dan Bagaimana Tips Mengatasinya

Baca juga:  Cara Jitu Berhenti Merokok Demi Masa Depan

2. Buah Pisang

Berbagai macam pisang itu bagus karena di dalam pisang itu penuh dengan potasium, purine yang rendah dan vitamin c-nya tinggi vitamin c penting banget di dalam tubuh kita untuk menurunkan asam urat. Potasium berfungsi kontrol tekanan darah dan memperbaiki kinerja jantung dan pencernaan.

3. Buah Lemon

Buah ketiga tersebut penuh dengan vitamin c tapi kenapa mengonsumsi vitamin c terus-terusan bukannya kita punya asam urat tapi makan asam lagi, karena ketiga buah ini mengandung vitamin c yang tinggi juga mengandung antioksidan yang tinggi pula.

Kalau kita makan buah ini di dalam tubuh kita itu bukan menjadi asam melainkan menjadi baik dan bagus menurunkan asam urat di darah kita, makanya bukan berarti kita makan yang rasanya asam itu menjadi tambah asam urat salah melainkan menjadi alkali di badan kita vitamin c baik sekali untuk menurunkan pembengkakan.

4. Buah Berry

Buah-buahan berry yaitu seperti Blueberry, Raspberry, Strawberry ketiga ini karena tinggi antioksidannya itu multimineral, multivitamin bagus baget untuk menetralisir asam urat yang ada di dalam saluran darah kita.

5. Buah Cherry

Cherry itu karena banyak mengandung potasium dan karotenoidnya berfungsi untuk mengurangi gout attack maksudnya yaitu sendi-sendi kita yang jadi sakit-sakit, juga mengurangi asam urat yang kita punya.

Sayur-sayuran Penurun Asam Urat

1. Seledri

Seledri yang harganya terjangkau yang setiap kali kita makan juga dapat mengatasi asam urat cara mengkonsumsinya yaitu dengan mencampurkan buah yang kita mau di jus dan tambahkan madu serta lemon. Karena di dalam seledri itu terdapat Vit.K, Potasium, Asam Folat.

Itu bagus untuk mengurangi pembengkakan, meningkatkan antioksidan, mengurangi asam urat, menguruskan berat badan, serta mengurangi tekanan darah tinggi. Tapi mengkonsumsinya harus di jus dengan tambahan lemon dan madu.

Baca juga: Cara Menguruskan Badan Dan Melangsingkan Alami

Baca juga:  10 Khasiat Daun Sirih untuk Kesehatan Tubuh

2. Timun

mentimun itu banyak jenisnya seperti mentimun jepang, mentimun lokal tapi tidak usah yang mahal mahal sebab manfaat yang terkandung di dalamnya sama saja yaitu bisa mengontrol kolesterol, bisa menurunkan berat badan, Timun juga mengandung mikronutrien yang baik untuk menurunkan asam urat.

Makanan Serat Tinggi

Seperti ; Oatmeal, Quinoa, Kacang merah, Kacang Polong, dan Alpukat. Semua itu baik buat mengurangi asam urat selain berfungsi untuk meningkatkan maag juga bisa mengontrol kencing manis dan juga bisa menekan gout attack.

Daging ayam

Maksudnya adalah dada yang putih direbus, ditim, dicela, jangan yang digoreng karena kalau daging ayam yang digoreng minyak dibawah kulit itu jahat dia bisa meningkatkan kolesterol jadi harus yang di tim saja dan direbus saja intinya daging ayam putih.

Makanan Kacang-Kacangan

Seperti ; Walnut, Almond, Flax. Itu semua juga baik untuk menurunkan asam urat kecuali adalah kacang melinjo karena kacang melinjo seringkali habis digoreng dan bumbu bumbunya itu yang jahat harusnya kalau kita makan kacang harus yang belum diproses.

Baca juga: Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami

Kacang merah : terdapat banyak nutrisi, mineral, vitamin yang baik untuk badan kita juga baik untuk jantung kita serta dapat mengontrol diabetes dan mengurangi asam urat.

Makanan Tinggi Vitamin C

Seperti ; anggur, nanas, pepaya karena prinsipnya buah-buah ini tinggi, mengandung vitamin c yang tinggi vitamin c itu anti inflamasi jadi kalau kita asam uratnya lagi tinggi atau lagi sakit-sakitnya makanlah buah makanlah sayur sudah pasti baik apalagi vitamin c nya yang tinggi itu dapat menekan bengkak pada sendi-sendinya.

Nah sekarang kita sudah belajar bahwa kalau kita punya penyakit asam urat sebenarnya banyak sekali makanan yang dapat menurunkan asam urat begitu juga sebaliknya banyak juga makanan yang dapat meninggikan asam urat. Selama kita mengerti bagaimana keseimbangan yang banyak mengeluarkan purine supaya seimbang balik ke natural lagi.

Intinya asam urat ini obatnya sangat mudah yaitu dengan kita mengonsumsi buah yang mengandung vitamin c dan antioksidan yang tinggi dengan ada makanan itu otomatis kristal kristal yang menumpuk di sendi sendi kita akan dikeluarkan. Atau kita bisa mengkonsumsi cuka apel walaupun kelihatannya asam tapi ketika cuka apel masuk ke badan kita dia akan berubah menjadi alkalin, cara mengkonsumsinya yaitu meminum 2 sendok makan di pagi dan malam hari sebelum makan.

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com