10 Manfaat Daun Bidara Untuk Kecantikan Wajib Tahu

10 Manfaat Daun Bidara Untuk Kecantikan Wajib Kamu Ketahui
10 Manfaat Daun Bidara Untuk Kecantikan Wajib Kamu Ketahui

10 Manfaat Daun Bidara Untuk Kecantikan Yang Wajib Kamu Ketahui! – Tahukah kamu selain menggunakan rangkaian produk skincare, sebenarnya ada berbagai macam cara merawat wajah secara alami. 

Perawatan ini hanya mengandalkan tumbuhan alami yang ada di sekitarmu, salah satunya adalah tanaman herbal daun bidara selain untuk kesehatan daun ini juga berfungsi sebagai perawatan kecantikan. 

Kandungan bahan alami seperti A,C, E dan antioksidan serta zat enzim semuanya dipercaya bisa menghambat penuaan dini.

Dalam produk kecantikan, biasanya daun bidara ditulis dengan nama ilmiah yaitu Indian jujube. Daun bidara yang sudah banyak tumbuh subur ini mempunyai kandungan senyawa alkaloid, flavonoid, glikosida, saponin, antioksidan dan masih banyak lagi. 

Daripada makin penasaran, bagi yang masih asing dengan daun bidara simak penjelasan berikut ini. 

Daun Bidara Dan Manfaat Untuk Kecantikan

Bidara atau dalam bahasa Arab dikenal dengan sidr ini merupakan tanaman yang berasal dari arab, sejenis dengan pohon kecil yang selalu hijau. 

Tanaman bidara ini merupakan penghasil buah yang tumbuh di daerah tropis serta asia barat dan dapat tumbuh subur di lembah-lembah hingga ketinggian 500 m dpl. 

Daun bidara merupakan tanaman herbal yang tumbuh subur di berbagai belahan dunia seperti negara China, Afghanistan, Malaysian, Australia tak ketinggalan juga Indonesia. 

Daun bidara atau yang memiliki nama ilmiah Ziziphus Mauritiana ini telah sejak lama dipercaya orang sebagai bahan obat herbal, hasil penelitian yang dilakukan M.E Abalaka tersebut mengatakan konstituen dari ekstrak tanaman ini dapat dijadikan sumber obat industri yang berguna dalam kemoterapi beberapa infeksi bakteri. 

Di Indonesia sendiri, daun bidara  atau yang kerap disebut daun widara dipercaya bisa mengusir hal-hal ghaib. 

Selain memiliki khasiat untuk tubuh daun bidara juga dipercaya mempunyai banyak manfaat untuk masalah kulit wajah kamu, ini dia 10 Manfaat Daun Bidara Untuk Kecantikan dilansir dari beberapa sumber:

1. Membantu Melembabkan Kulit Wajah

Kandungan lemak dan mineral yang terdapat pada daun bidara dipercaya mampu mengatasi masalah kulit kering. Daun bidara ini sudah digunakan sejak zaman china kuno sebagai bahan perawatan kecantikan kulit wajah. 

Cara menggunakan nya pun tidaklah sulit, kamu hanya perlu menumbuk daun bidara sampai halus kemudian campurkan air atau air mawar dan gunakan sebagai masker, tunggu beberapa saat hingga mengering lalu bilas dengan air.

Baca juga: Cara Menaikan Berat Badan Secara Alami

Baca juga:  Cara Redakan Demam Gejala Covid-19 Varian Omicron

2. Membantu Mengobati Kulit Wajah Yang Meradang

Kandungan anti-inflamasi yang terdapat di dalam daun bidara juga mampu menenangkan masalah kulit wajah yang sedang meradang. 

Selain anti-inflamasi daun bidara juga mempunyai sifat antibakteri yang sangat bagus untuk melawan penyebab iritasi. 

Cara menggunakannya juga sangat mudah, cukup haluskan daun bidara secukupnya dan letakan pada area wajah yang meradang atau iritasi. 

3. Membantu Mengatasi Masalah Jerawat

Kandungan anti-inflamasi dan antibakteri yang terdapat pada daun bidara akan membuat jerawat di kulit wajah cepat mengering. 

Kamu hanya perlu menyiapkan 5 lembar daun bidara dan tumbuk sampai halus, kemudian beri sedikit air atau perasan lemon hingga tekstur nya mirip seperti masker dan oleskan pada wajah kamu yang sedang berjerawat.

Baca juga: Cara Mudah Mengatasi Jerawat Membandel Pada Wajah

4. Membantu Menjaga Kesehatan Bibir Dan Mulut

Pernahkah kamu terkena sariawan sampai malas untuk makan dan mengganggu penampilan wajah mu? Cobalah untuk merebus daun bidara dan teratur meminumnya. 

Manfaat daun bidara selanjutnya adalah menjaga kesehatan dari mulut dan melembabkan bibir kamu dari pecah-pecah. Kandungan antioksidan nya sangat baik untuk menghalau bakteri menetap dalam mulut kamu.

Baca juga: Cara Menggemukkan Badan Dengan Cepat

5. Membantu Dalam Mencerahkan Kulit Wajah 

Selain kandungan anti-inflamasi dan antibakteri daun bidara ini juga memiliki kandungan vitamin C dan zat antioksidan yang mampu mengatasi radikal bebas serta kerusakan sel kulit wajah kamu. 

Menggunakan daun bidara secara rutin sebagai masker dapat membantu kamu untuk mendapatkan kulit cerah dan sehat. 

6. Membantu Mencegah Penuaan Dini

Manfaat lainnya dari daun bidara adalah mencegah keriput, dan lingkaran hitam di bawah mata sebagai tanda bahwa kulit mengalami penuaan dini. 

Vitamin C yang tinggi pada daun bidara ini bermanfaat sebagai antioksidan, yang akan membantu mendukung sintesis kolagen. 

Khasiat vitamin C nya juga bisa melindungi kulit dari sinar UV, sehingga kulit wajah lebih sehat, cerah dan awet muda. 

7. Membantu Menyembuhkan Luka Pada Kulit

Mempunyai luka di kulit tentunya akan merusak penampilanmu bukan. Zat anti-inflamasi dan antibakteri di daun bidara juga efektif untuk menyembuhkan luka pada kulit. 

Tidak perlu khawatir, sekarang ini banyak ekstrak minyak daun bidara yang beredar di pasaran sebagai alternatif jika kamu kesulitan untuk mendapatkan daun bidara. 

8. Membantu Merawat Rambut Rusak

Tidak hanya untuk mengatasi masalah kulit, daun bidara juga bisa digunakan untuk merawat rambut. Cara menggunakan daun bidara untuk perawatan rambut hanya dengan merebusnya lalu bisa kamu gunakan sebagai hair tonic

Manfaat daun bidara untuk kesehatan rambut ini berguna untuk membuat rambut lebih kuat dan mencegah kerusakan serta kerontokan rambut secara alami. 

9. Membantu Dalam Menurunkan Berat Badan

Manfaat lainnya yang dapat kamu peroleh dari mengkonsumsi daun bidara adalah sebagai cara alami dalam mengontrol berat badan. 

Setiap orang khususnya wanita pasti ingin memiliki tubuh yang indah serta berat badan yang ideal. Kandungan daun bidara yang bisa membantu melunturkan lemak tubuh dan membuat perut merasa kenyang lebih lama sangat cocok untuk kamu yang sedang diet dengan meminum rebusan daun bidara secara rutin. 

10. Membantu Kesehatan Gigi

Gigi juga memiliki peranan penting dalam perihal penampilan, jika kita memiliki gigi yang putih dan bersih senyum yang dibuat pun akan menjadi cantik. 

Manfaat daun bidara yang terakhir adalah untuk membantu kamu dalam mengatasi masalah gigi.

Daun bidara mempunyai kandungan yang kaya akan kalsium dan antiseptik yang bisa membantu memperkuat gigi dan mencegah terjadinya karang gigi. 

Kamu cukup rebus daun bidara dan air rebusan tersebut bisa digunakan untuk kumur secara rutin.

Baca juga: 6 Jenis Sayuran Yang Bagus Untuk Kecantikan Kulit

Baca juga:  Status Pandemi Covid 19 Saat ini dan Perkembangan

Penutup

Akhir kata, terima kasih telah membaca sampai akhir. Demikian informasi mengenai 10 Manfaat Daun Bidara Untuk Kecantikan Yang Wajah Kamu Ketahui terkhusus para hawa yang ingin memiliki wajah sehat dan cantik alami.

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com