Cara Mengatasi Hp Android Mati Total Tidak Mau Nyala

Beberapa Penyebab Hp Android mati total dan cara mengatasi
Beberapa Penyebab Hp Android mati total dan cara mengatasi

Penyebab dan Cara Mengatasi Hp Android Mati Total (Matot) Tidak Mau Nyala. Di masa sekarang ini android sudah sangat banyak ditemukan dimana-mana, semua orang sudah tak luput dari android mulai dari balita sampai yang tua. Bahkan jika anda memiliki buah hati kebanyak orang tua mengizinkan sang buah hati untuk menggunakan gadget misalnya tablet yang berbasis android untuk bermain game.

Dulu konter hanya menyediakan handphone polyponik tapi sekarang semua konter tidak ada yang tidak menjual android, dimanapun anda temukan disitu pasti ada smartphone android. Namun bagaimana jika smartphone android kalian mengalami masalah mati total atau hanya mentok logo saja? saya akan mengupas masalahnya disini dan memberikan arahan mengatasi hal tersebut

Penyebab Hp Android Mati Total

Tak hanya hp android saja tetapi iPhone dan gadget lainnya juga bisa mengalami hal yang sama karena setiap perangkat elektronik pasti ada masanya. Handphone android yang mati total ini seringkali terjadi terutama bagi remaja, sebab sebagian besar remaja menggunakan smartphone android mereka untuk bermain game yang setiap harinya nonstop sehingga membuat smartphone tersebut lebih cepat rusak.

Berikut ini beberapa penyebab android mati total yang sering kali terjadi

Bermain Game Nonstop

Jika kalian gemar main game android sebaiknya perhatikan waktu bermain kalian, kurangi waktu kalian jangan memaksakan hp kalian untuk bermain game berlebihan karena bisa memicu kerusakan baik hardware maupun software sehingga menjadi penyebab hp android matot.

Hp yang terlalu sering dimainkan siang dan malam bisa menyebabkan hp android tersebut mati total, karena komponen-komponen didalamnya terus terusan bekerja berat tanpa berhenti. Hal ini bisa menyebabkan kapasitor menyalami short lantaran terlalu panas, bahkan bisa menyebabkan komponen tersebut terbakar, apalagi bermain game sambil ngecas hp sangat tidak disarankan

Kerusakan Baterai

Kerusakan baterai bisa menyebabkan Hp android kalian mati total karena tidak menympan arus listrik. Masalah ini bisa disebabkan oleh poin diatas Bermain Game Nonstop, bermain game atau menggunakan hp android ketika sedang di charger, terbentur atau jatuh sehingga membuat fleksibel baterai robek, masuk air sehingga konektor baterai berjamur dan lain sebagainya bisa memicu kerusakan baterai yang menyebabkan hp android kalian mati total.

Baca juga:  Cara Mempercepat Koneksi internet Android Tanpa Root

Baterai Kehabisan Daya

Jika baterai kehabisan daya, anda akan mengatakan cara mengatasinya gampang karena cukup charger maka baterai akan terisi. Itu benar tetapi kalian harus tahu bahwa sebagian baterai ada yang tidak mau dicharger ketika baterai tersebut bener-benar habis. Sebagian kasus baterai tidak mau terisi saat dicharger karena daya baterai tersebut sudah benar-benar habis tidak bersisa, untuk mengatasi masalah ini cukup buka baterai dan isi daya menggunakan charger external.

Jika hp android kalian mati total yang disebabkan karena baterai kehabisan daya, anda harus membuka baterai tersebut dan mengisinya menggunakan charger jepit atau charger external.

Kemasukan Air

Jika hp kalian mati total, ketahui dulu apakah hp kalian baru saja masuk air atau memiliki riwayak kemasukan beberapa hari yang lalu, beberapa minggu atau beberapa bulan yang lalu. Jika hp android kalian masuk air akan menyebabkan komponen-komponen didalamnya berjamur atau berkarat sehingga membuat jalur-jalir terputus bahkan bisa menyebabkan komponen mengalami short panas. Tentu hal ini adalah penyebab Hp android mati total.

Hp android Terbentur atau Jatuh

Penyebab lain handphone android mati total atau matot adalah terbentur. Biasanya benturan terjadi karena hp kalian jatuh, kejatuhan barang berat, terlempar dan sebagainya.

Perangkat elektronik jika terkena benturan dapat menyebabkan komponen-komponen kecil didalamnya lepas sehingga tidak bekerja. Bahkan hanya dengan terbentur saja bisa menyebabkan fleksibel layar robek, jika ini terjadi tentu saja hp android kalian tidak dapat menampilkan gambar apapun di layar karena jalir layar terputus.

Gagal instal

Salah satu penyebab hp android kalian mati total adalah gagal instal software. Setiap smartphone sudah pasti disuguhkan oleh pembaruan perangkat lunak di bilah pemberitahuan, untuk memperbarui bisa dilakukan dengan mengklik pembaruan dan secara otomatis akan menginstal di hp kalian.

Jika pembaruan berhasil dilakukan, hp android kalian akan pulih kembali bisa digunakan seperti biasa tetapi jika gagal melakukan penginstalan pembaruan perangkat lunak bisa menyebabkan hp kalian mati total.

Gagal Root

Tak jarang pengguna android yang mengutak-atik smartphone mereka dengan melakukan rooting tanpa mengetahui penyebab hp android matot. Hal ini dilakukan untuk tujuan tertentu misalnya untuk memodifikasi sistem android, modifikasi aplikasi tertentu, modifikasi game, menggunakan aplikasi yang mendukung root dan lain sebagainya.

Baca juga:  Aplikasi edit video terbaik lewat hp tanpa watermark gratis

Proses rooting tidaklah mudah, ini sama dengan mengintal dan memiliki resiko yang besar. Kalian beruntung jika proses rooting berhasil tetapu jika tidak, hp android kalian bisa terpengaruh seperti botloop (hanya menampilkan logo), bahkan menyebabkan mati total.

Cara Mengatasi Hp Android Mati Total

Ada beberapa cara mengatasi hp android matot atau mati total tidak mau nyala namun beberapa cara tersebut harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Kurangi penggunaan berlebihan

Jika kemungkinan hp kalian masih bisa digunakan, ini merupakan tips bukan memperbaiki. Sebelum hp android kalian terlanjur mati total sebaiknya kurangi penggunaan smartphone secara berlebihan. Jangan gunakan hp android kalian untuk bermain game nonstop tanpa henti, usahakan maksimal 3 jam untuk satu hari.

Perbaiki Baterai Hp Android

Jika smartphone kalian sudah terlanjut mati total cobalah lakukan dengan memperbaiki baterai. Buka baterai di hp android kalian, walaupun baterai hp tersebut nonremovabel atau baterai tanam, kalian harus membukanya.

Setelah baterai sudah dibuka dan dikeluarkan, silahkan periksa konektor baterai. Jika kalian melihat konektor terbut kotot atau berjamur silahkan bersihkan menggunakan cauran tiner atau bisa menggunakan bensin. Gunakan sikat gigi untuk menggosok bagian yang berjamur. Biarkan kering lalu isi ulang baterai.

Isi Ulang Daya Baterai Secara Manual

Jika hp android kalian mati total cobalah untuk mengisi ulang daya secara manual, mungkin saja hp kalian kehabisan daya karena baterai terlanjur habis sampai 0%.

Buka backcover hp kalian dan keluarkan baterainya. Gunakan charger external (anda bisa membelinya di toko terdekat). Lakukan pengisian sampai kurang lebih memiliki daya 20%. Kemudian masukkan kembali baterai ke hp android kalian, jika hp anda sudah nyala silahkan lanjutkan pengecasan menggunakan charger hp seperti biasa.

Catatan: Jika baterai hp anda memiliki konektor jenis fleksibel, anda harus melakukan sedikit modifikasi untuk menghubungkan baterai ke charger external dengan tehnik jumper. Intinya kalian harus menghubungkan bagian positif (+) baterai ke bagian positif (+) charger external dan begitu juga sebaliknya, bagian negatif (-) baterai dihubungkan ke negatif (-) charger external.

Bersihkan Mesin Hp android

Apabila penyebab terjadinya mati total atau matot karena masuk air atau memiliki riwayat masuk air, untuk cara mengatasi hp android mati total kalian harus membersihkan mesin hp kalian. Cara membersihkannya bukan menggunakan air tetapi menggunakan cairan Tinner atau bisa juga menggunakan bensin baik premium, pertalite atau pertamax. Berikut adalah langkahnya:

  1. Buka semua penutup hp kalian
  2. Keluarkan mesin atau motherboard hp android kalian
  3. Perhatikan mesin hp kalian, cari bagian mana yang kira-kira berjamur
  4. Ambil sebuah sikat gigi yang sudah tidak terpakai
  5. Siram atau celupkan sikat gigi tersebut menggunakan cairan Tinner atau bensin
  6. Gosokkan ke bagian yang berjamur
  7. Biarkan kering dan coba pasang kembali
  8. Jika tidak berhasil, bawa ke tukang service untuk diRehot
Baca juga:  Cara Daftar Paket Nelpon Telkomsel Murah Beli Masa Aktif

Instal ulang atau Flashing perangkat lunak manual

Jika smartphone android mati total disebabkan karena gagal instal pembaruan perangkat lunak, cara memperbaikinya adalah menginstal ulang dengan cara manual. hal ini tentu dibutuhkan komputer atau leptop dan kabel usb. caranya sebagai berikut:

  1. Download Firmware yang sesuai dengan model smartphone android anda
  2. Download Tool yang sesuai dengan jenis firmware
  3. Download Driver untuk menghubungkan hp anda ke komputer
  4. Jalankan Tool di komputer lalu masukkan firmware tersebut
  5. Klik tombol start dan hubungkan Hp android ke komputer menggunakan kabel USB
  6. Tunggu proses instalasi sampai selesai

Catatan: Saya tidak memberikan jenis firmware, tool dan driver secara spesifik karena setiap smartphone filenya berbeda-beda, anda bisa menemukannya di internet sesuai dengan model smartphone yang anda gunakan. Anda harus menemukan yang sesuai model hp anda, jika tidak sesuai maka proses akan gagal dan tidak berhasil.

Untuk tutorial secara detail tentang cara mengatasi hp android mati total dengan cara instal ulang atau flashing bisa mengunjungi situs ini https://www.idedroid.com/. cara ini juga bisa kalian lakukan untuk masalah gagal root

Bawa ke tukang service terdekat

Jika hp kalian mati total disebabkan oleh benturan, tidak ada cara lain kecuali membawanya ke tukang service hp android, karena sudah dipastikan ada komponen yang lepas dan anda tidak bisa mengembalikan komponen itu karena untuk memperbaikinya dibutuhkan alat khusus seperti solder dan juga Hot Air.

Itulah beberapa penyebab Hp Android mati total atau matot dan cara mengatasi hp android mati total yang wajib kalian ketahui. Anda bisa memperbaikinya sesuai dengan penyebab utama. Setiap kerusakan mampu diperbaiki sesuai dengan penyebabnya. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kalian dalam mengatasi masalah android mati total.

  Diperbarui pada : 27 April 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com