Cara Menghemat Kuota Internet Termudah dan Paling Efektif

Begini Cara Menghemat Kuota Internet Termudah dan Paling Efektif di hp android dan iphone ios(Gambar oleh voi.id)
Begini Cara Menghemat Kuota Internet Termudah dan Paling Efektif di hp android dan iphone ios(Gambar oleh voi.id)

Begini cara Menghemat data Kuota Internet Termudah dan Paling Efektif di hp android dan iphone ios. Ada banyak sekali cara menghemat kuota internet di smartphone yang bisa anda lakukan dengan mudah. Sehingga kuota anda akan lebih hemat meskipun sudah digunakan cukup lama. Karena sebagian besar orang justru tidak bisa mengatur aktivitasnya saat berselancar di dunia maya. Maka yang terjadi, kuota akan lebih cepat habis dan boros tanpa sepengetahuan.

Simak Cara Menghemat Kuota dengan Mudah

Benda kecil bernama smartphone saat ini semakin berkembang dan banyak digunakan oleh masyarakat. Karena dengan benda tersebut, kita bisa dengan mudah menerima maupun mencari informasi di dunia maya.

Namun semua itu juga tidak bisa kita lakukan tanpa adanya kuota internet. Keberadaan kuota saat ini juga menjadi peran yang sangat penting.
Jadi, harus selalu ada supaya kita bisa melakukan segala hal yang kita inginkan. Namun ada beberapa orang yang justru tidak mampu menggunakan kuota.

Maksudnya adalah mereka terlalu boros dan tidak bisa menghemat. Apabila anda adalah salah satunya, untuk menghemat kuota baca uraian ini sampai selesai.

Baca juga:  Cara Mengatasi Hp Kemasukan Air Dengan Cepat dan Tepat

Ubah Fitur Maps dalam Mode Ofline

Cara menghemat kuota internet yang pertama dan cukup ampuh adalah dengan mengubah fitur Maps ke dalam mode offline. Pasalnya, aplikasi yang satu ini dapat menguras kuota anda dengan waktu yang cepat. Namun ada sebagian orang yang justru tidak menyadari akan hal tersebut. Padahal saat menggunakan layanan seperti turn by turn direction dan melihat traffic real time bisa menyedot kuota.

Nah, untuk mengatasinya, sebaiknya anda mengubah pengaturan Maps tersebut dalam mode offline. Sehingga kuota internet anda akan lebih hemat lagi.

Pilih Browser yang Tepat untuk menghemat kuota

Ternyata browser atau mesin pencarian dapat mempengaruhi dalam penggunaan kuota internet. Karena dapat menghabiskan paket data jika kita kurang bijak ketika menggunakannya. Biasanya jenis browser yang sangat boros adalah mesin pencarian yang sudah ada sendiri pada smartphone.

Aplikasi bawaan dari HP tersebut sangat boros karena tidak terdapat penghemat data. Sehingga ketika anda sedang membuka browser tersebut tanpa disadari kuota akan cepat habis. Maka dari itu, anda harus lebih berhati-hati lagi ketika menggunakan jenis browser.

Gunakan Aplikasi Penghemat Kuota

Saat anda ingin menghemat data internet, lebih baik gunakan aplikasi tambahan. Karena saat ini sudah ada banyak aplikasi yang disebut mampu menghemat kuota, seperti My Data Manager.

Selain aplikasi tersebut, anda juga bisa menggunakan browser hemat data. Akan lebih baik lagi saat anda memilih jenis paket hemat tanpa kuota. Sehingga akan lebih hemat lagi.

Baca juga:  Cara Flashing Oppo A3s Dengan Mudah

Update Sistem Smartphone dengan WiFi

Cara menghemat kuota selanjutnya adalah lebih baik update sistem di smartphone anda menggunakan WiFi. Karena pada saat memperbarui sistem membutuhkan kuota yang cukup banyak. Untuk menghemat kuota anda, sebaiknya gunakan koneksi WiFi saja saat melakukan update. Sehingga kuota anda akan lebih hemat dan tidak boros.

Matikan Data Saat Tidak Digunakan

Cara ini memang terdengar cukup simpel dan mudah. Karena anda cukup mematikan data saja ketika sudah tidak digunakan lagi di android.
Misalnya saja matikan data anda ketika akan tidur siang atau bepergian. Dengan begitu, paket internet anda akan lebih hemat. Sebab ada beberapa aplikasi yang tetap berjalan dan bisa menyedot kuota internet. Maka dari itu, akan lebih baik lagi matikan saja supaya bisa meminimalisir boros kuota.

Akhir kata tentang cara menghemat kuota internet

Itulah beberapa cara yang bisa diterapkan ketika ingin menghemat kuota internet di hp anda baik android maupun iphone supaya tidak terlalu boros dalam pemakaian seperti yang kita tahu bahwa penggunaan internet kita sehari-hari itu membutuhkan banyak data, sebab semua aplikasi dan semua file di internet kini sudah semakin besar.

Cara hemat kuota memang bisa anda lakukan dengan beragam langkah yang sangat mudah menghemat kuota di android. Sebagai pengguna yang cerdik, maka tips-tips di atas bisa anda contoh saat ingin menghemat kuota.

Baca juga:  Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca di Hp Android

  Diperbarui pada : 21 April 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com