Penyebab Smartphone Lemot dan Tips Untuk Mengatasinya

Penyebab smartphone lemot dan cara mengatasi hp
Penyebab smartphone lemot dan cara mengatasi

Penyebab Smartphone Lemot dan Cara Mengatasi Hp Lemot. Setelah memakai smartphone selama bertahun – tahun, biasanya akan terjadi penurunan performa pada ponsel pintar tersebut. Bukan hanya itu, terkadang handphone atau smartphone yg telah mengalami penurunan performa akan berdampak besar dalam penurunan kinerja baterai, sehingga dalam pengisian baterai smartphone akan membutuhkan waktu yg cukup lama. Tentu saja hal tersebut membuat kita merasa tidak nyaman saat menggunakannya.

Performa yg lambat bukan hanya terjadi karena usia smartphone. Ada beberapa hal yg bisa menjadi penyebabnya, mulai dari cara menggunakan dan merawatnya juga menjadi faktor yg membuat HP kamu jadi lemot. Apalagi bagi kamu yg terlalu sering mengisi memori internal dengan berbagai aplikasi, vidio, file dan foto yg menyebabkan tidak adanya ruang yg tersisa.

Apa yg akan dilakukan jika smartphone lemot? Apakah sebaiknya membeli HP dengan keluaran terbaru untuk mengatasinya? Hal ini tidak sepenuhnya benar, sebaiknya kamu cek kembali smartphone milikmu, mungkin saja performanya jadi lambat dikarenakan cara pemakaian yg kurang tepat.

Kamu pasti merasa emosi ketika membuka aplikasi, vidio, ataupun foto karena membutuhkan waktu yg lama, apalagi bagi kamu yg sering bermain game akan sering terjadi lag saat memainkannya.

Daftar isi

Ini Dia Penyebab Smartphone Lemot

Sebelum marah – marah coba simak dulu beberapa hal berikut yg membuat smarphone kamu jadi lemot !

1. Update Sistem Tidak Sesuai Kebutuhan

Dalam mengupdate suatu sistem memanglah hal yg penting, namun ketika terlalu sering update, ini akan terlalu banyak memakan memori internal pada HP kamu. Inilah yg harus dipertimbangkan ketika ingin mengupdate, terlebih dahulu kita harus cek memori dan RAM pada smartphone, apakah cukup memadai? Jika tidak memadai, sebaiknnya mengupdate tidak perlu dilakukan, karena hal tersebut hanya akan merugikan diri kamu sendiri.

2. Ram dan Memori Mengalami

Sama halnya dengan baterai, ram dan memori juga bisa mengalami penurunan, hal ini dikarenakan adanya aktivitas penghapusan data dan penulisan yg ternyata dapat menyebabkan penurunan performa pada smartphone. Potensi HP mengalami lemot akan menjadi meningkat.

3. Smartphone Lemot Akibat Kinerja Baterai Menurun

Hal ini biasanya terjadi setelah kamu sudah menggunakan HP selama dua sampai tiga tahun. Menggunakan baterai yg sudah lama dipakai akan mempengaruhi proses memori dan program smartphone secara keseluruhan. Oleh karena itu, pentingnya merawat daya tahan baterai dengan tidak terlalu lama dalam mengecas dan jangan terlalu sering membiarkan HP sampai benar –  benar mati, lalu di-charge.

4. Memori Internal Selalu di Paksa Untuk Penuh

Semakin banyaknya penyimpanan yg kamu gunakan, akan berdampak buruk pada menurunnya kecepatan memori. Ada beberapa hal yg harus diperhatikan, mulai dari selalu menghapus sampah dan file – file tidak berguna, menggunakan menyimpanan alternatif atau biasa disebut dengan memori eksternal untuk menyimpan foto, vidio dan file, jika memori ekternal telah penuh, kamu dapat membeli yg baru. Jadi memori internal kamu jadi makin aman dan tidak terlalu dibebankan.

Baca juga:  Cara Flashing Oppo A3s Dengan Mudah

Tips Untuk Mengatasi Smartphone Lemot Pada

Setelah mengetahui apa saja penyebab smartphone kamu jadi lemot, maka sekarang kamu perlu tau, cara untuk mengantisipasinya. Berikut tips yg perlu kamu lakukan untuk mengatasi smartphone yg lemot !

1. Melakukan Pembersihan Sampah atau Cahce Secara Berkala

Salah satu tips yg bisa dilakukan adalah dengan melegakan memori dari banyaknya sampah atau cache, yg berasal dari setiap aplikasi pada smartphone. Hapuslah cache tersebut secara berkala, setiap setelah menggunakan aplikasi. Hal ini dapat meringankan ponsel anda, dan menjadi salah satu cara untuk mengatasi lemot pada smartphone. Bagi yg ingin bertanya – tanya, bagaimana cara untuk menghapusnya? Kamu dapat masuk ke pengaturan, lalu cari Apps , pilihlah aplikasi yg ingin dibersihkan, kemudia pilih opsi Hapus Data. Ada cara lain, yaitu tinggal mendownload aplikasi pembersih sampah seperti Clean Max dan One Booster, tergantung ponsel masing – masing, atau juga bisa menggunakan pembersih otomatis yg telah tersedia di HP kalian.

2. Selalu Memperhatikan Kapasitas Penyimpanan

Bila file atau data pada ponsel anda sudah sangat menumpuk, segera kosongkan dan alihkan ke wadah yg besar seperti kartu memori. Ini dapat memperkecil kapasitas ruang pada ponsel, sehingga smartphonemu bisa berjalan dengan baik.

3. Menghapus Aplikasi Yang Jarang digunakan

Ketika memasang suatu aplikasi, kita harus memilih dan mempertimbangkannya, apakah aplikasi tersebut selalu dibutuhkan atau tidak? Apakah aplikasi tersebut bermanfaat atau tidak? Biasanya kita juga membiarkan aplikasi tersebut terus ada di ponsel kita, tanpa tahu kalo hal tersebut dapat memperlambat performa pada ponsel. Hapus segera jika ingin mencegah lemot HP mu.

Baca juga:  Hp Gaming Murah Terbaik Jangan Salah Pilih

4. Gunakan Satu Aplikasi Antivirus saja

Tiap smartphone diwajibkan memiliki aplikasi antivirus di dalamnya untuk menjaga dan menjauhi HP dari virus, seperti yg kita tau jika virus sangatlah merugikan pengguna, mulai dari mencuri data pengguna, memperlambat kinerja smartphone, memantau aktivitas pengguna, dan masih banyak lagi. Dalam memasang aplikasi antivirus, tidak perlu berlebihan, pilihlah satu aplikasi antivirus yg ringan dan sangat ampuh untuk melawan virus. Jika terlalu banyak antivirus yg dipasang, hanya akan menambah beban smartphone.

5. Lakukan Reset Pabrik, Jika Smartphone Kamu Sudah Sangat Lemot

Ini tips paling ampuh untuk dicoba, pastikan kamu sudah memindahkan semua data – data penting ke perangkat lain. Karena hal ini mengembalikan smartphonemu ke setelan awal atau disebut dengan Setelan Pabrik. Dan menghapus semua data di dalamnya. Dengan tips ini dipastikan ponselmu akan terasa ringan.

Dengan merawat dan menggunakan smartphonemu secara bijak, membuat ponselmu jadi lebih awet dan tentunya dapat menghemat pengeluaran. Itulah beberapa penyebab smartphone jadi lemot dan tips untuk mengatasinya.

  Diperbarui pada : 25 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com