Penyebab Anemia Dan Cara Pencegahan Yang Benar

Penyebab Anemia Dan Cara Pencegahan dengan baik dan benar
Penyebab Anemia Dan Cara Pencegahan

Penyebab Anemia Dan Cara Pencegahan dengan baik dan benar. Menjaga kesehatan tubuh di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, tentu menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan semua orang agar tetap bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan aman dan sehat, bukan? Akan tetapi, mengalami kondisi jatuh sakit secara mendadak terkadang memang tak bisa diprediksi seseorang. Sehingga, perlu untuk mengatasi dengan melakukan pengobatan yang baik dan tepat.

Sama halnya ketika Anda sewaktu-waktu mengalami gangguan penyakit kekurangan darah atau sering dikenal dengan istilah penyakit Anemia atau Anemia Hemolitik. Ya, gangguan penyakit ini biasanya sering kali menyerang seseorang yang umumnya mengalami kondisi kekurangan asupan zat besi dalam tubuh.

Bahkan, penderita sering kali menyepelekan gejala-gejala penyakit ini tanpa tahu risiko yang terjadi ke depannya. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui informasi penting sejak dini mengenai penyebab dan upaya pencegahan sejak dini agar risiko yang terjadi ke depannya tidak semakin memperburuh kondisi kesehatan pada tubuh.

Tahukah Anda Mengenai Apa Itu Gangguan Penyakit Anemia?

Penting untuk Anda ketahui bahwa penyakit Anemia / Anemia Hemolitik ini merupakan suatu kondisi yang dialami seseorang akibat terjadinya gangguan kekurangan darah dalam tubuh. Penyakit ini juga umumnya terjadi lantaran disebabkan oleh sistem penghancuran sel darah merah dikatakan lebih cepat dibandingkan sistem pembentukannya.

Biasanya, penderita yang mengalami gejala penyakit Anemia ini diharuskan untuk segera mendapatkan penanganan sejak dini agar risiko terjadinya komplikasi pada organ jantung bisa diatasi dengan baik. Oleh karena itu, bagi Anda yang mengalami kondisi penyakit Anemia ini perlu untuk pergi ke dokter agar segera mendapatkan penanganan yang tepat. Sehingga, risiko komplikasi dapat diminimalisir dengan baik.

Baca juga:  Cara Mengatasi Sesak Nafas Secara Alami

Pada umumnya, penyakit Anemia ini bisa saja dialami oleh seseorang yang baru lahir lantaran memiliki faktor genetik (keturunan) dari orang tuanya. Meski demikian, Anda juga perlu waspada lantaran gangguan penyakit ini juga bisa terjadi karena beberapa faktor. Seperti misalnya karena penyakit tertentu, paparan zat-zat kimia hingga beberapa efek samping penggunaan obat-obatan.

Oleh karena itu, Anda penting sekali untuk bisa mengetahui mengenai bagaimana cara penyembuhan sejak dini agar penyakit kekurangan darah dalam tubuh ini tidak terjadi berkepanjangan atau bahkan bisa berakibat fatal ke depannya.

Gejala-gejala Umum yang Terjadi Pada Penderita Anemia

Tak sedikit orang yang mengatakan bahwa gangguan penyakit kekurangan darah ini terbilang ringan. Akan tetapi, siapa sangka bahwa penyakit ini jika tidak diberikan penanganan yang baik justru dapat berakibat fatal bagi kesehatan tubuh ke depannya. Penderita bahkan bisa mengalami beberapa gejala tertentu di awal penyakit Anemia ini. Seperti misalnya beberapa gejala pusing di kepala, kulit akan terlihat sedikit pucat, kondisi tubuh akan mudah lelah serta bisa mengakibatkan kondisi tubuh demam secara mendadak.

Anemia

Tak hanya itu saja, penderita juga umumnya akan mengalami beberapa gejala lain seperti pengeluaran urine (air kencing) berwarna gelap, kondisi warna kulit dan bagian mata putih yang tampak menguning atau sering dikenal dengan istilah penyakit kuning, merasa tidak nyaman pada bagian perut lantaran terjadinya pembesaran organ limpa dan hati bahkan penderinta juga akan mengalami kondisi denyut jantung yang terasa berdebar secara tiba-tiba.

Baca juga:  Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah Wajib Tahu

Sebenarnya Apa Sih Penyebab Gangguan Penyakit Anemia?

Jika membahas lebih lanjut mengenai penyakit kekurangan darah / Anemia dalam tubuh ini bisanya terjadi karena disebabkan oleh beberapa faktor yang mempengaruhi. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penyakit Anemia ini umumnya terjadi karena kondisi penghancuran sel darah merah dikatakan lebih cepat daripada sistem pembentukannya. Meski demikian, ternyata ada beberapa faktor lain yang juga menjadi penyebab dari penyakit yang satu ini.

Adapun beberapa faktor lain penyebab penyakit ini antara lain seperti berikut ini :

  1. Terjadinya Talasemia,
  2. Kondisi Defisiensi Glukosa 6 Fosfat Dehidrogenase,
  3. Terjadinya gangguan pada sistem imunitas (kekebalan tubuh) karena kekurangan vitamin C,
  4. Anemia Sel Sabit,
  5. Adanya faktor pengaruh zat-zat kimia dan penggunaan obat-obatan tertentu,
  6. Mengalami infeksi atau virus tertentu di dalam tubuh,
  7. Terjadinya ketidakcocokan dalam proses transfusi darah,
  8. Gangguan penyakit Sterositosis,
  9. Terjadinya Ovalositosis dan masih banyak lagi.

Nah, dari sekian banyaknya faktor penyebab penyakit Anemia di atas, Anda tentunya perlu memperiksakan ke dokter agar tidak terjadi kompilkasi yang serius pada kesehatan. Biasanya, kompilkasi ini bisa saja berakibat fatal pada gangguan masalah jantung, terjadinya kelainan otot jantung dan gagal jantung.

Tips Melakukan Upaya Pencegahan Penyakit Anemia Sejak Dini

Bagi Anda yang tidak ingin terkena gangguan kekurangan darah yang berisiko fatal, ada baiknya melakukan beberapa upaya pencegahan sejak dini yang dapat dilakukan dengan tips dan trik seperti berikut ini :

1. Menghindari Kontak Langsung dengan Penderita Anemia

Salah satu cara paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pencegahan sejak dini yakni dengan menghindari kontak langsung dengan penderita Anemia. Hanya dengan melakukan langkah mudah seperti ini, Anda secara tidak langsung telah berupaya penting untuk melindungi diri dari risiko terkena penyakit kekurangan darah tersebut.

Baca juga: Manfaat Bulu Babi dan Khasiatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Baca juga:  Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Bagi Pekerja Kantoran

2. Menjauhi Kerumunan Banyak Orang

Selain itu jika memungkinkan, ada baiknya Anda berupaya untuk menghindari kerumunan orang-orang agar tidak mudah terkena penyakit Anemia ini. Hal ini lantaran gejala-gejala ini terkadang bisa saja menyerang orang yang tanpa disadari berada di sekitar kita.

3. Selalu Membiasakan Diri Untuk Mencuci Tangan dan Menggosok Gigi Secara Rutin

Dalam upaya menjaga kebersihan diri, Anda juga perlu untuk selalu membiasakan diri dalam hal mencuci tangan dan menggosok gigi secara rutin. Cara ini terbilang cukup efektif dalam menangkal berbagai virus yang menempel pada tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

4. Menghindari Mengonsumsi Makanan Mentah / Setengah Matang

Tips dan trik yang bisa Anda lakukan dalam mencegah penyakit Anemia ini yakni dengan cara menghindari diri untuk mengonsumsi makanan mentah atau setengah matang. Hal ini lantaran kadar kandungan makanan mentanh / setengah matang biasanya secara tidak langsung dapat memicu risiko terkena penyakit kekurangan darah dalam tubuh.

Baca juga: 5 Cara Membantu Istri Meringankan Sakit Saat Kontraksi

Bagaimana Cara Pengobatan Penyakit Anemia?

Dalam pengobatan penyakit kekurangan darah ini biasanya dapat dilakukan tergantung dari faktor penyebabnya. Dalam hal ini, pihak medis biasanya akan melakukan penanganan pada penderita dengan memilih jenis terapi yang cocok sesuai dengan obat, prosedur pengobatan hingga terapi yang dilakukan. Akan tetapi, apabila si penderita kekurangan darah ini mengalami risiko dengan tingkat yang terbilang parah, maka biasanya akan dilakukan penindakan cepat dengan cara melakukan transfusi darah hingga tindakan operasi pengangkatan limpa.

Nah, demikianlah sekilas informasi menarik yang perlu Anda ketahui mengenai penyebab dan upaya pencegahan penyakit Anemia sejak dini. Sehingga, dengan mengetahui berbagai informasi tersebut, Anda bisa melakukan upaya pencegahan sejak dini dalam hal menjaga kesehatan tubuh ke depannya.

  Diperbarui pada : 25 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com