Inilah 10 Manfaat Daun Sirih Bagi Kesehatan

10 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh
10 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat daun sirih, Terkadang saat sakit kita semua selalu membeli obat dokter tanpa sadar bahwa ada obat alami di sekitar kita. Memang obat dokter sudah menjamin kesehatan tetapi perlu diketahui bahwa terlalu sering minum obat dari dokter itu tidak baik dan dapat menyebabkan operdosis, tak salah kan jika kita mencoba dengan cara yang lebih alami. Memangnya ada daun yang bisa menyembuhkan sakit? Tentu saja ada. Buktinya daun sirih bisa digunakan sebagai obat dan daun ini juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan, kira-kira apa saja ya manfaatnya? Yuk simak artikelnya di bawah ini!

Inilah 10 Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan Tubuh

1. Manfaat daun Sirih Mengobati Batuk

Manfaat yang pertama adalah untuk mengobati batuk dengan cara rebuslah 7 daun sirih merah dalam 400 ml air, lalu minumlah air rebusan tersebut secara rutin minimal 2 kali sehari.

2. Sebagai Obat Luka Bakar Ringan

Selain untuk mengobati sakit batuk daun sirih juga dapat menyembuhkan luka bakar ringan dengan cara bubukan daun sirih sebanyak 3-5 lembar lalu campurkan dengan 2 sendok madu, setelah itu oleskan pada luka bakar sebanyak 2 kali sehari.

Baca juga:  Cara Mengatasi Susah Tidur dan Gelisah Wajib Tahu

3. Untuk Mengobati Diare

Diare

Mengatasi diare, Bubukan daun sirih sebanyak 3-4 lembar sampai halus, lalu campurkan dengan 1 sendok minyak kelapa dan 6 biji lada kemudian gosokkan pada bagian perut biarkan sampai bubukan mengering.

4. Mengobati Sakit Gigi

Manfaat daun sirih untuk Mengobati Sakit Gigi. Daun sirih juga dapat mengibati sakit gigi loh, caranya yaitu rebus selembar daun sirih dengan 2 gelas air tunggu sampai mendidih. Gunakan air rebusan daun sirih untuk berkumur, lakukan secara rutin hingga sembuh.

5. Sebagai Obat Maag

Manfaat daun sirih sebagai Obat Maag. Bagi kalian yang mempunyai penyakit maag sebaiknya coba cara ini, siapkan daun sirih merah sebanyak 7 lembar, kemudian rebus dan minum secara teratur 3 kali dalam sehari.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Bagi Pekerja Kantoran

6. Untuk Obat Penyakit Jantung

Caranya yaitu bubukan 3 lembar, 2 siung bawang merah, satu sendok jintan putih, dan kemukus 7 pasang, lalu tambahkan dengan 2 sendok makan air panas. Setelah dingin saringlah dan minum ramuan secara teratur 2 kali sehari.

7. Mengobati Demam Berdarah

Caranya rebus daun sirih dalam 2 gelas air sebanyak 5-6 daun tunggu hingga air tersisa sampai setengahnya, lalu minum air rebusan 2 kali dalam sehari.

8. Untuk Melancarkan Haid

Manfaat daun sirih berguna untuk Melancarkan Haid. Caranya rebus daun sirih sebanyak 3 lembar, 15 gram umbi dewa, 10 gram mahkota dewa, lalu tambahkan 2 gelas air tunggu hingga air tersisa sampai satu gelas kemudian minum air rebusan tersebut maksimal 2 kali sehari.

Baca juga:  Cara Menaikan Berat Badan Secara Alami

9. Menghilangkan Bau Mulut

Daun sirih tak hanya digunakan sebagai obat penyembuh rasa sakit tetapi bisa digunakan untuk menghilangkan bau mulut, carany rebuslah daun sirih sebanyak 10-15 lembar lalu masukan kedalam air tunggu hingga air menjadi sedikit atau setengahnya setelah itu gunakan untuk berkumur.

10. Untuk Mengatasi Masalah Keputihan

Caranya yaitu rebuslah daun sirih merah 5-10 lembar dalam 250 ml air, biarkan air dingin terlebih dahulu dan setelah itu saring air rebusan tersebut lalu gunakan untuk membasuhi daerah kewanitaan.

Nah jadi itulah beberapa manfaat dari daun srih untuk kesehatan badan, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari daun sirih tetapi hanya itu yang dapat saya sampaikan, semoga ini bisa membantu kalian dan bermanfaat tentunya.
Kalian bisa mencobanya sendiri di rumah, dan rasakan buktikan sendiri hasilnya. Semoga berhasil!

  Diperbarui pada : 25 Juni 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com