Bagaimana sih cara menumbuhkan percaya diri ?

tanda-percaya-diri-5b65b572

Assalamualaikum wr.wb

Oke, baiklah teman teman semua. pada artikel kali ini saya akan mencoba mengulas tentang bagaimana sih cara memunculkan sifat percaya diri itu ?, nah disini saya akan cerita tentang pengalaman pribadi saya yang telah saya lakukan sejak saya masih kecil hingga sekarang ini di umur saya yang sudah mencapai 20 tahun. yang pertama yang perlu teman teman semua ketahui adalah apa sih percaya diri itu ? dari mana munculnya ? dan apa dampak yang diberikan ketika kita sudah percaya diri itu ?. mungkin itu adalah pertanyaan pertanyaan mendasar yang membahas tentang kepercayaan diri.

A. Apa sih percaya diri itu ?

Percaya diri itu merupakan sebuah sifat atau karakter yang muncul dari dalam diri kita sendiri, yang mana sikap itu menimbulkan efek kepada mindset kita bahwa kita itu sebenarnya bisa, kita itu sebenarnya mampu. dan dari pemikiran seperti itu maka sikap kita yang canggung sikap kita yang malu sikap kita yang cemas itu semuanya akan hilang dan digantikan oleh efek positif dari percaya diri itu sendiri.

Banyak orang itu sebenarnya mampu, orang itu sebenarnya bisa. tetapi, karena ia tidak percaya diri maka ia tidak bisa melakukan apa apa dan kemampuan dia itu hanya akan terbuang sia sia. kan kalo gitu namanya mubadzir. nah saya tidak menginginkan hal itu terjadi pada manusia manusia yang tinggal di indonesia.

Saya disini akan menjelaskan bagaimana sih cara nya menumbuhkan sikap percaya diri itu. yang pertama dan paling utama dalam menumbuhkan sikap percaya diri adalah melatih mindset kita secara terus menerus untuk selalu berfikiran positif kepada diri kita.

Baca juga:  Punya Pacar Galak? Begini cara Menghadapinya

Kita harus merubah pemikiran kita yang awalnya berfikir tidak bisa maka harus kita rubah dengan berkata saya bisa!. cara mudahnya kita berfikir aja seperti ini, orang lain aja bisa. lah, kenapa kita tidak bisa. kita pasti bisa. nah pemikiran sepele seperti itu akan membawa dampak yang besar untuk keseharian kita. kita jadi lebih enjoy dalam melakukan suatu kegiatan. karena kita sudah percaya bahwa diri kita itu sebenarnya mampu untuk melakukan itu. cara itu bisa kita gunakan setiap kita hendak melakukan sesuatu. kalo kita ragu satu atau dua kali itu maklum, tapi mau sampai kapan lagi kita tetap ragu untuk melakukan suatu hal yang sebenarnya itu kita bisa melakukanya.

B. Darimana sih munculnya sifat percaya diri itu ?

Munculnya sifat percaya diri itu bisa melalui dua sisi. yakni bisa melalui diri kita sendiri, dan juga bisa melalui teman atau kerabat atau orang lain. sifat percaya diri itu akan muncul melalui diri sendiri kalau kita mau merubah mindset kita seperti yang telah saya jelaskan tadi.

Kalau kita tidak mau berfikir bahwa kita mampu kita bisa, maka selamanya kita tidak akan menemukan apa itu percaya diri. jadinya kita akan jadi orang yang ada dibawah tekanan orang lain saja. namun, jika kita kesulitan untuk memunculkan sifat percaya diri itu dari diri kita sendiri, kita masih mempunyai peluang yakni dengan berteman dengan seseorang yang selalu support kita, yang selalu membantu kita. itu akan sangat berpengaruh kedalam kehidupan kita.

Baca juga:  6 Tips Menawar Gaji Saat Wawancara Agar Terlihat Sopan

Karena percaya ga percaya, salah satu hal yang dapat merubah hidup kita ada circle atau pertemanan yang kita jalankan. kalau kita mempunyai teman yang buruk, yang tidak mengajak kita pada kebaikan, malah mengajak kita pada hal yang kurang manfaat untuk diri kita. maka yang kita dapatkan hanya kesenangan semata yang tidak ada gunanya untuk masa depan kita apalagi untuk menambah skill kita.

Nah, untuk menghindari hal itu maka dalam mencari teman ini kita harus benar benar selektif, mana yang bisa kita ajak berteman dan membawa dampak positif kepada diri kita. carilah teman yang selalu mensupport anda baik dalam keadaan sedih maupun senang, carilah teman yang selalu setia menemani anda ketika anda sedang down dan dapat membantu anda untuk bangkit lagi. hal itu terlihat sepele, tetapi dampaknya sangat besar bagi kehidupan anda.

Jika teman anda selalu mensupport anda, itu akan memunculkan pemikiran dalam diri anda bahwa anda ini bisa terbukti hal itu didorong oleh teman anda yang mensupport anda untuk melakukan hal itu. jadi disini kalau kita tidak bisa memunculkan sifat percaya diri dari diri kita sendiri, maka solusinya adalah carilah teman yang dapat membantu diri kita untuk menemukan apa sih percaya diri itu dengan kriteria yang telah saya sebutkan yakni membawa kebaikan pada diri kita. bukan malah membawa keburukan pada diri kita ini.

Baca juga:  Cara Menanam Bawang Putih dengan Benar

C. Apa dampak yang dihasilkan kalau kita sudah percaya diri ?

Banyak sekali dampak atau suatu hal yang akan kita dapatkan setelah kita percaya diri. dengan percaya diri, kita akan menjadi lebih aktif, lebih semangat dalam melakukan suatu hal. contoh saja yang ada dalam kehidupan kita sehari hari, apabila kita sudah mempunyai sifat percaya diri, maka kita akan mudah dalam beradaptasi dengan lingkungan baru baik lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, maupun lingkungan organisasi.

Sifat percaya diri ini akan membantu kita supaya kita itu mudah dalam berbaur, dan kita dapat memahami setiap karakter orang orang yang ada di sekeliling kita. dampak selanjutnya adalah kita tidak takut ketika hendak berbicara didepan banyak orang. banyak orang orang yang tidak berani berbicara di depan umum gara gara satu hal ini yakni tidak memiliki rasa percaya diri. maka dari sini, rasa percaya diri ini adalah salah satu modal yang sangat penting bagi diri kita jika kita ingin berkembang menjadi lebih baik, minimal berani berbicara di depan banyak orang. dan hal yang paling penting apabila kita mempunyai sifat percaya diri adalah kita tidak takut dalam menghadapi berbagai tantangan hidup. karena kita tahu, bahwa kita itu mampu untuk melaksanakanya dan kita percaya akan hal itu.

mungkin itu sedikit dari saya mengenai bagaimana sih cara menumbuhkan percaya diri itu, semoga bermanfaat yaaa…..

Dapatkan info terbaru dari Bacapos.com via email. Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tulis komentar

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com