Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca di Hp Android

Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu Sim card Tidak Terbaca di Hp Android atau tidak terdeteksi
Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu Sim card Tidak Terbaca di Hp Android atau tidak terdeteksi

Penyebab dan Cara Mengatasi Kartu Sim card Tidak Terbaca di Hp Android atau tidak terdeteksi. Halo semua sahabat baca pos.com kali ini saya akan berikan cara bagaimana mengatasi kartu sim atau sim card tidak terbaca dan tidak terdeteksi di hp android kalian.

Setiap pengguna smartphone apapun itu merek dan typenya selalu sama-sama mengalami hal semacam ini. Setiap smartphone hp android pada umumnya memiliki dua slot kartu sim atau dual simcard meskipun ada juga yang memiliki libih dari itu namun hanya sebagian kecil saja.

Jika hp android kalian hanya terdeteksi satu sim card saja dan satunya lagi sim card tidak terbaca kalian jangan panik, ada solusi yang bisa kalian lakukan untuk memperbaikinya.

Tak sedikit pengguna hp android yang menjumpai masalah kartu sim tidak terketeksi padahal kartu sim tersebut sudah dipasang pada slot. Ada beberapa penyebab masalah ini terjadi dan penyebab itupun berbeda-beda sesuai dengan bagaimana kalian mempergunakan hp tersebut.

Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca

Ada beberapa penyebab utama yang membuat kartu sim card tidak terbaca di hp android tetapi tidak semua orang mengetahui apa penyebabnya dan tidak juga mengetahui bagaimana mengatasinya. Berikut adalah penyebab kartu sim tidak terbaca yang harus kalian ketahui dan cara mengatasi kartu sim tidak terbaca

Kesalahan Penempatan Kartu Sim

Kesalahan Penempatan Kartu Sim card merupakan salah satu penyebab utama sebab jika tidak diposisikan dengan benar maka kartu simcard anda tidak akan bekerja.

Ada beberapa varian kartu simcard mulai dari ukuran defaul, ukuran sedang dan ukuran mini. Pastikan anda memasukkan simcard pada slot dengan benar sesuai dengan ukuran sim.

Baca juga:  Cara Membersihkan Lensa HP dan Perawatannya

Terkadang pengguna hp android memasukkan sim secara asal-asalan tidak disesuaikan dengan ukurannya, misalnya memotong bagian tepi menggunakan pisau padahal tidak disarankan.

Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca karena kesalahan penempatan

Jika kartu sim kalian berukuran lebih besar daripada ukuran pada slot, sebaiknya potong kartu sim card kalian menggunakan alat khusus pemotong. Jika kalian tidak punya alat pemotong sebaiknya pergi ke konter terdekat

Konektor Kartu Sim Kotor

Konektor yang dimaksud adalah kuningan yang menghubungkan antara Sim card dengan motherboard. Penyebab kartu sim tidak terbaca salahsatunya adalah konektor sim card yang kotor.

Konektor kartu sim adalah alat penghubung yang mengandung daya listrik, ketika hp android anda dinyalakan maka tegangan listrik akan tersalur ke dalam chip simcard melalui konektir ini.

Jika hp android kalian lama tidak digunakan atau konektor tidak mendapat asupan listrik dalam waktu yang lama akan menyebabkan pertumbuhan jamur atau karat. Kartu sim yang tidak pernah dikeluarkan dari slot juga dapat menyebabkan masalah ini.

Cara mengatasi kartu sim tidak terbaca Sebaiknya keluarkan kartu simcard anda dari slotnya dan bersihkan konektor lalu pasang kembali. Lakukan cara ini secara rutin minimal seminggu sekali untuk menjaga agar konektor tetap bersih.

Bug Hp Android

Tahukah anda bahwa masalah kartu sim tidak terbaca bisa disebabkan oleh bug pada hp android kalian. Biasanya pengguna smartphone android menggunakan perangkat mereka tanpa henti yang membuat smartphone tersebut tetap bekerja.

Meskipun kalian tidak melakukan aktifitas seperti membuka aplikasi atau apapun namun selama android anda nyala maka kartu sim anda tetap bekerja walaupun android kalian tidak digunakan. Hal ini menyebabkan sistem android kalian mengalami bug kecil.

Jika kalian mengalami masalah ini, cara mengatasi kartu sim tidak terbaca cobalah untuk merestart hp kalian atau menghidupkan ulang. Jika kartu sim anda kembali normal setelah dinyalakan ulang maka penyebabnya adalah bug kecil dan ini hal biasa yang tidak perlu dikhwatirkan

Baca juga:  Cara Mengatasi Hp Kena Virus Sampai Ke Akarnya

Kartu Sim Terblokir

Kartu sim terblokir juga menjadi penyebab tidak terbaca. Ketika kalian melihat kartu sim tidak ada jaringan sebenarnya bukan berarti kartu sim tidak terbaca, kartu sim anda terbaca akan tetapi kartu sim itu tidak bisa terkoneksi ke jaringan sebab operator kalian memblokir koneksi.

Jika masalah ini terjadi, cara mengatasi kartu sim tidak terbaca kalian bisa menghubungi atau mengunjungi operator untuk mendapat pelayanan tepat atau memperpanjang masa aktif kartu sim kalian.

Tidak ada IMEI

Tidak sedikit pengguna smartphone mengalami kartu simcard yang tidak ada jaringan. Kebanyakan orang mnganggap ini masalah kartu yang tidak terbaca.

Seperti yang disebutkan diatas bahwa penyebab simcard tidak ada jaringan adalah diblokir oleh operator tetapi di sisi lain masalah ini terjadi karena tidak ada IMEI di hp android kalian atau nomor IMEI yang berisi 15 digit angka telah hilang.

Cobalah periksa dengan cara dial *#06# jika IMEI menunjukkan Null atau tidak ada Imei maka itulah penyebabnya. Penyebab masalah tidak ada email atau imei hilang ini biasanya terjadi karena karena hp android kalian baru saja diinstal ulang atau baru saja melakukan pembaruan perangkat lunak.

Untuk cara mengatasi sim card tidak terbaca kalian bisa melakukannya dengan mengikuti panduan khusus tentang perbaikan imei smartphone, sebab cara memperbaikinya juga berbeda-beda sesuai dengan type hp yang kalian gunakan. Atau sebaiknya pergi ke tukang service hp terdekat untuk ditangani secara akurat.

Kartu Sim Tidak terbaca karena Terbentur atau Jatuh

Penyebab yang sering terjadi adalah terbentur atau jatuh. Jika kalian mengeluarkan simcard dari slotnya sebaiknya hati-hati, karena bisa saja simcard kalian jatuh dan terbentur ke lantai sehingga menyebabkan chip rusak.

Jika chip atau otak simcard bermasalah maka tidak ada cara lain kecuali menggantinya dengan yang baru. Lalu bagaimana dengan nomor telepon saya? kalian tetap bisa menggunakan nomor itu walaupun berbeda kartu sim dengan cara mengunjungi layanan operator untuk meminta perubahan nomor hp.

Baca juga:  Cara Flashing Oppo A3s Dengan Mudah

Misalnya jika kalian menggunakan kartu As atau Simpati TELKOMSEL bisa mengunjungi Grapari terdekat di kota anda.

Akibat Pembaruan Perangkat Lunak

Tak jarang bagi pengguna smartphone yang mengalami masalah kartu sim tidak terbaca setelah memperbarui perangkat lunak, ini disebabkan karena perangkat lunak tersebut tidak kompatibel dengan hp anda.

Mengapa tidak kompatibel apadahal itu merupakan perangkat lunak resmi? Masalahnya terjadi karena ada perubahan yang anda lakukan pada sistem android tersebut misalnya anda sudah melakukan rooting sebelumnya atau memodifikasi apapun yang mempengaruhi sistem android.

Untuk masalah ini, cara mengatasi kartu sim tidak terbaca atau cara mengatasi kartu sim tidak terdeteksi bisa kalian atasi dengan menginstal ulang perangkat lunak secara manual atau flashing.

Kerusakan Hp Android

Jika berbagai cara sudah dilakuan namun belum juga membuahkan hasil yang baik, maka sudah pasti masalah terbut disebabkan oleh hp android kalian yang rusak. Kerusakan itu biasanya terjadi pada skema jalur yang terputus, atau konektor di motherboard mengalami kerusakan dan lain sebagainya. Untuk mengatasi masalah ini tidak ada cara lain kecuali membawanya ke tukang service hp.

Akhir kata tentang cara mengatasi kartu sim tidak terbaca

Jadi itulah yang bisa saya berikan pada anda mengenai Cara Mengatasi Kartu Sim Tidak Terbaca di Hp Android. Jika kalian mengalami hal ini, lakukan perbaikan sesuai dengan penyebabnya.

Selalu tetap menjaga agar kartu sim card anda tetap aman seperti yang disarankan diatas. Jangan lupa juga untuk merawat hp android kalian agar tetap aman, rajin merawat barang akan membuat barang tersebut lebih tahan lama. Semoga artikel tentang cara mengatasi kartu sim tidak terbaca ini bermanfaat untuk sesama

  Diperbarui pada : 04 Mei 2021

Mau berlangganan artikel?

Masukkan email anda

Bagikan :
Share on facebook
Share on whatsapp
Share on pinterest
Share on twitter
Share on linkedin
Share on email

Tinggalkan Balasan

scroll to top

Bacapos

Dapatkan informasi terbaru via email

Jangan lewatkan informasi terbaru lainnya dari Bacapos.com